Skip to main content

Detail Pintu Swing dan Kusen Pintu - Contoh Gambar AutoCAD DWG

Gambar detail pintu swing dan kusen pintu berikut ini bisa kita pergunakan untuk membuat atau melengkapi gambar rencana pintu jendela rumah atau bangunan-bangunan lainnya. Gambar detail pintu swing ini akan menjadi cukup penting pada gambar rancangan bangunan, utamanya saat menyelesaikan bagian pintunya. Selain itu gambar ini juga dapat kita gunakan untuk memesan pintu agar ukurannya sesuai.

Gambar detail ini tujuannya untuk memberikan pejelasan lebih rinci kepada pihak kontraktor dan pelaksana mengenai ukuran panjang, lebar, tebal kusen, daun pintu serta sistem bukaan pintu yang akan dipasang pada  ruangan.

Dalam kenyataannya di lapangan sering kita temui kasus daun pintu dan jendela yang tidak sesuai dengan ukuran kusen karena kurangnya perencanaan dan kesepakatan terhadap ukuran pintu. Hal ini dapat berujung pada pintu yang harus dibongkar dan dipotong atau disambung yang pastinya repot dan memakan biaya lebih banyak. Namun dengan bantuan gambar detail pintu, pekerjaan di lapangan dapat kita selesaikan dengan lebih cepat dan akurat.

Detail Pintu Swing dan Kusen Pintu - Contoh Gambar AutoCAD
Detail Pintu Swing dan Kusen Pintu - Contoh Gambar AutoCAD

Berikut ini merupakan contoh gambar detail pintu swing dan kusen pintu yang dibuat dengan software AutoCAD versi 2007 yang bisa teman-teman download pada google drive saya. Gambar ini semata-mata sebagai contoh yang mungkin dapat dijadikan referensi detail pintu. Ada gambar detail denah, tampak dan potongan serta sambungan. Setiap konsultan arsitek maupun struktur mungkin memiliki gaya penggambaran yang berbeda dari detail pintu swing ini.

Dalam pengerjaan pintu hendaknya juga mengacu pada standar SNI dan architect data yang dibuat oleh ahli bangunan sehingga kita dapat menyediakan ruang sirkulasi pintu sesuai standar. Selain itu posisi pintu juga hendaknya disesuaikan dengan denah ruangan dan jenis bangunan sehingga tidka keliru.

Pintu swing merupakan jenis pintu yang sangat umum dijumpai di rumah-rumah di Indonesia. Pintu ini selain murah, juga relatif mudah dalam pemasangannya. Selain itu, pintu ini juga lebih awet engselnya daripada jenis pintu sliding.

Demikian penjelasannya, selanjutnya teman-teman bisa mendapatkan gambar ini secara gratis melalui link yang ada di bawah ini. Gambar ini tersedia dalam format DWG dan teman-teman bisa membukanya dengan AutoCAD minimal versi 2007. Semoga bermanfaat dan dapat menambah referensi bagi teman-teman semua. Jangan lupa untuk share artikel ini, terima kasih.

Dapatkan Contoh Gambar AutoCAD Detail Pintu Swing dan Kusen Pintu - DISINI

Baca Juga :

Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar