Skip to main content

Tips Membeli Rumah Cluster

Sebelumnya saya sudah pernah membahas Keuntungan tinggal di rumah cluster. Bila Anda tertarik, berikut saya sajikan tips memilih dan membeli rumah cluster. Perhatikan hal-hal berikut apabila Anda ingin membeli rumah Cluster.

Tips Membeli Rumah Cluster

1. Lokasi dan Jarak

Lokasi dan Jarak maksudnya adalah rumah harus terletak di daerah yang strategis untuk kepentingan Anda, baik untuk bisnis, untuk bekerja, untuk sekolah anak dan sebagainya. Pastikan rumah yang akan Anda beli memiliki jalan yang memadai untuk memasukan mobil.

Usahakan lokasi rumah dekat dengan fasilitas umum seperti rumah sakit, puskesmas, bandara, stasiun, pelabuhan, sekolah, kampus, kantor pemerintahan atau fasilitas lain yang Anda prioritaskan.

2. Ukuran dan Type

Ukuran rumah menjadi sesuatu yang penting jika hendak membeli rumah cluster. Rumah cluster sudah tersedia dengan ukuran yang standar dan susunan ruang yang sedemikian rupa. Usahakan memilih unit yang sesuai dengan kebutuhan ruang Anda, termasuk fasilitas rumah seperti garase, ruang makan hingga tempat cuci pakaian.

Sebaiknya Anda pernah melihat layout ruang-ruang yang ada di rumah tersebut. Atau lebih baiknya lagi Anda langsung berkunjung ke unit rumah yang dijual untuk bisa merasakan suasana aslinya.

3. Fasilitas Lingkungan

Fasilitas lingkungan maksudnya adalah fasilitas-fasilitas yang tersedia untuk bisa digunakan bersama di lingkungan komplek perumahan atau rumah cluster tersebut. Misalnya taman bermain untuk anak, lapangan olahraga, kolam renang dan lainnya yang berbeda-beda ketersediaannya sesuai kebijakan pengembang.

4. Keamanan dan Kenyamanan

Keamanan menjadi salah satu alasan kenapa orang memilih untuk tinggal di komplek perumahan. Pengelola biasanya menempatkan petugas keamanan/security untuk menjaga kawasan dari berbagai ancaman, termasuk menyaring siapa saja yang boleh masuk ke sana.

Bila Anda membeli rumah cluster, pastikan keamanan tersedia dengan baik, setidaknya akses masuk dibuat khusus agar tidak sembarang orang bisa masuk.

7. Harga dan Biaya Tambahan

Nah, berikut ini merupakan hal yang sangat mempengaruhi pilihan pembeli. Sebelum membeli rumah, pastikan mengetahui harga rumah tersebut dengan benar, bila perlu bandingkan dengan harga rumah yang sejenis di tempat lain.

Anda juga perlu menghitung pengeluaran tambahan bila tinggal di cluster tersebut, misalnya sewa security, biaya angkut sampah, biaya lingkungan dan sebagainya sehingga bisa tinggal dengan nyaman.

Nah, demikian tips sebelum membeli rumah cluster, dengan membaca artikel ini setidaknya Anda tidak lagi bingung dalam memilih rumah. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar