Skip to main content

Tips Membuat Ruangan Lebih Indah

Semua orang tentunya ingin memiliki rumah ideal dengan ruangan yang indah untuk ditinggali. Ada banyak cara yang dilakukan orang-orang untuk membuat ruangan dalam rumah mereka menjadi lebih baik. Bahkan ada yang membeli furniture dengan harga mahal namun belum tentu berhasil membuat ruangan mereka lebih baik.

Tips Membuat Ruangan Lebih Indah 

living room
living room, img by smarthomesbarbados.com

Tips sederhana berikut ini dapat dijadikan acuan untuk membuat ruangan anda tampak lebih baik. Semua orang dapat melakukan ini dan dapat diterapkan untuk berbagai ruangan seperti ruang tidur ruang tamu ruang keluarga dan lain sebagainya.

Pilihan warna cat

Elemen bangunan yang paling sering dilihat oleh penghuni bangunan adalah dinding, bukan lantai. Saat orang-orang masuk ke ruangan pasti mata mereka memandang tegak lurus dan yang terlihat adalah dinding ruangan. Inilah kenapa pilihan warna cat dinding menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan jika ingin membuat ruangan lebih baik.

Memilih warna cat dinding bisa dilakukan di awal maupun di akhir perencanaan. Jika memilih warna cat dinding di awal sebelum memilih furniture maka warna cat dinding harus menjadi patokan untuk memilih warna warna furniture. Sementara untuk kasus renovasi rumah yang mempertahankan furniture lama sebaiknya mengecat dulu warna furniture sebelum memutuskan untuk memilih warna cat dinding.

Umumnya orang-orang di indonesia menggunakan warna natural seperti putih  atau krem yang aman disandingkan untuk semua warna furniture.  Namun di satu sisi warna warna tersebut terkesan monoton dan sudah sangat biasa ditemui.

Baca juga : Cara Mendapatkan Gaya Skandinavia ala Denmark

Jarak antar furniture

Umumnya di rumah rumah kecil ruangannya terisi penuh dengan berbagai barang yang diletakkan berhimpitan dengan alasan bahwa ruang yang tersedia tidak cukup. Hal ini boleh saja menjadi masuk akal namun meletakkan furniture sedemikian rupa akan membuat ruangan terasa sumpek.

Sejatinya kita harus cermat untuk memasukkan furniture ke dalam ruangan. Untuk membuat ruangan yang indah dan lega gunakan lebih sedikit furniture dengan fungsi yang lebih kompak. Jangan menambah jumlah furniture yang tidak perlu.

Misalnya untuk meja,  lebih baik menggunakan meja dengan rak, daripada meletakkan satu meja dan satu rak berdampingan. Beda halnya kalau memiliki ruangan yang cukup besar maka lebih baik menggunakan lebih banyak furniture untuk mengisi ruang.

Antara furniture satu dengan yang lainnya perlu diberikan jarak sehingga mereka tidak tampak bersaing satu sama lain. Masing-masing akan memiliki wilayahnya tersendiri dan menampilkan karakternya secara penuh.

Membuat focal point

Focal point atau titik fokus pada ruangan diperlukan agar kita berkonsentrasi pada satu titik saja. Seperti yang dijelaskan tadi bahwa furniture masing-masing akan menunjukkan karakternya. Jangan sampai satu dengan yang lain saling bersaing dan menimbulkan ketidak jelasan dalam ruangan.

Cukup satu focal point untuk satu ruangan, kecuali ruangan tersebut merupakan ruangan multifungsi yang luas. Misalnya ruang keluarga yang ruang makan dalam satu ruangan. Tentu saja titik fokus nya ada 2 yaitu pada kursi keluarga dan pada meja makan.

Baca juga : Posisi Tempat Tidur Ideal dan Posisi Kasur yang Harus Dihindari

Menciptakan garis pandang

Untuk memperkuat kesan focal point maka diperlukan juga ruang-ruang yang harus kosong. Hal ini tentunya untuk memperkuat kehadiran focal point sebagai titik fokus ruangan. Jangan menata semua furniture untuk memenuhi semua bagian ruangan. Terkadang kita perlu menyediakan ruang kosong untuk memperkuat keberadaan benda-benda di sisi lainnya.

Letakkan focal point yang baik biasanya berada di seberang pintu sehingga saat membuka pintu langsung terlihat titik fokus ruang tersebut. Sementara kita harus mengurangi jumlah barang-barang yang berada di sekitar focal point sehingga focal point tersebut semakin kuat.

Skala dan proporsi

Untuk meletakkan benda-benda di ruangan tentunya harus memahami skala dan proporsi. Benda-benda tersebut mungkin terlihat bagus ketika berada di toko yang luas. Namun akan terlihat kebesaran dan sangat sumpek ketika diletakkan di rumah.

Untuk menentukan skala dan proporsi kita bisa gunakan perbandingan ukuran furniture dengan ukuran ruang yang tersedia di rumah kita. Misalnya untuk ruang tamu dengan ukuran 3x3 m maka panjang sofa maksimal yang boleh diletakkan adalah 2 m. Sehingga masih terlihat sofa tersebut secara utuh dalam ruangan.

Demikianlah tips dalam menata ruangan agar terlihat lebih indah. Semoga dengan mengikuti tips-tips di atas ruangan dalam rumah anda terlihat lebih baik dari sebelumnya. Terima kasih.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar