5 Bangunan Bergaya Arsitektur Kontemporer di Bali - Arsitur.Com

5 Bangunan Bergaya Arsitektur Kontemporer di Bali

- 7/10/2018


Dikenal dengan sebutan Pulau Dewata, Bali memiliki tradisi dan adat yang religius yang memberikan dampak besar bagi perkembangan arsitektur di Bali. Arsitektur Bali terutama untuk bangunan tradisional dan tempat ibadah banyak dipengaruhi oleh adat dan agama Hindu di Bali, meskipun perwujudannya tidak sama dengan di india.

Kini, arsitektur pada bangunan bali banyak yang diimplikasikan pada bangunan kontemporer seperti hotel, villa maupun restoran yang banyak bertebaran di Bali. Adaptasinya justru pada arsitektur vernakular atau arsitektur rakyat di Bali yang menghasilkan gaya Arsitektur Bali Kontemporer masa kini yang menarik untuk disimak.

Jika anda berkunjung ke Bali dan ingin melihat beberapa karya arsitektur kontemporer yang menarik, anda bisa mengunjungi 5 tempat berikut ini untuk dijadikan wisata arsitektur di Bali :


Green School Bali

Green School
Green School

Architect: Ibuku
Construction year: 2009
Category: Educational
Location : Green School, Jalan Raya Sibang Kaja, Banjar Saren, Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali, Indonesia

Green School merupakan sekolah dengan Arsitektur bambu pertama di Indonesia. Dengan visi untuk membuat gebrakan dalam mengembangkan arsitektur yag ramah lingkungan, yang kemudian dikerjakan oleh Ibuku Bamboo Design and Build.

Jika dilihat sekilas bangunan bambu ini memiliki wujud mirip jamur spiral yang unik. Struktur utamanya menggunakan gabungan tiang bambu yang kokoh. Atap ditutup dari material alang-alang mengikuti bentuk struktur yang meliuk-liuk.

Green School pernah memenangkan penghargaan sebagai “the 2012 Greenest School on Earth” atau Sekolah ter-”hijau” oleh The U.S. Green Building Council’s Center for Green Schools.


Bulgari Resort Bali

Bulgari Resort Bali
Bulgari Resort Bali

Architect: Antonio Citterio, Patricia Viel and Partners
Construction year: 2006
Category: Hotels
Location : Bulgari Resort Bali, Jalan Goa Lempeh, Banjar Dinas Kangin, Uluwatu, Bali, Indonesia

Terletak di tebing setinggi 150 meter dengan view pemandangan samudera hindia yang luas. Bulgari Resort mengadopsi gaya arsitektur Italian style dengan garis tegas serta bidang yang licin. Dipadukan dengan gaya tropis khas Bali memberikan atmosfer desain yang unik.

Hotel ini juga memiliki 59 unit villa yang dibalut dengan finishing batu vulkanik, kayu-kayu eksotik serta kain. Juga ada batu hijau sukabumi untuk melapisi outdoor shower dan kolam renang. Kita juga bisa menemukan banyak artwork khas bali dalam Resort ini.

Alila Villas Uluwatu

Alila Villas Uluwatu
Alila Villas Uluwatu

Architect: WOHA Architects Pte Ltd
Construction year: 2009
Category: Hotels
Location : Alila Villas Uluwatu, Jl Belimbing Sari, Banjar Tambiyak, Desa Pecatu, Bali, Indonesia

Berlokasi di bukit Peninsula, Bali Selatan  Alila juga memiliki 50 Kamar Suite dan 35 villa yang didesain sesuai dengan standar Green Globe 21 yang sustainable dan ramah lingkungan. Dibangun dengan  material lokal seperti kayu kelapa dan bambu.

Selain itu, untuk menambah keunikannya, Alila Villa justru menambahkan sentuhan desain Arsitektur Bali Vernakular yang unik dan khas. Pembangunan Villa juga mengikuti bentuk topografi tanah sebagai respon yang ramah terhadap lingkungan.

Hillside Villa (yang berada di pinggir tebing) didesain sebagai pavilion yang dihubungkan oleh jembatan di atas air. Setiap Villa memberikan sebuah tata lanskap yang menjadi view untuk villa di belakangnya.

Potato Head Beach Club


Potato Head Beach Club
Potato Head Beach Club

Architect: Andra Matin
Construction year: 2010
Category: Bars and Restaurants
Location : Potato Head Beach Club, Jl. Petitenget 51B Seminyak, Bali, Indonesia

Potato Head merupakan Restoran yang berlokasi di depan pantai Seminyak. Didesain sebagai Beach Club dengan halaman seluas 500 meter persegi, memiliki infinity pool, 2 Bar dan 2 Restoran. Berkat keunikannya, Potato Head pernah menjadi salah satu “best vacation destionation in Bali” versi Condé Nast Traveller.

Saat pertama datang ke sini, kita akan disambut dengan Fasad Elips mirip bangunan Colosseum yang disusun dari jendela bekas khas abad ke 18. Ternyata jendela tersebut dikoleksi dari berbagai daerah di Indonesia terutama Yogyakarta. Ada juga Restoran Lilin yang memiliki desain kontemporer yang unik .


Maya Ubud Resort & Spa

Maya Ubud Resort
Maya Ubud Resort

Architect: Budiman Hendropurnomo of Denton Corker Marshall
Construction year: 2001
Category: Hotels
Location : Maya Ubud Resort, Jalan Gunung Sari Peliatan, P. O. Box 1001, Ubud, Bali, Indonesia

Melebur antara bangunan lama dan baru, Maya Ubud Resort & Spa menampilkan sintesa antara konsep Arsitektur Tradisional Bali dengan Gaya Bangunan Masa Kini.

Terutama pada tata layout plan yang berorientasi ke arah gunung sesuai konsep sakral Arsitektur Bali. Sebuah jalan masuk ceremonial menghubungkan area publik pada tempat ini.

Tata letak villa dibuat senatural mungkin mengikuti bentuk topografi tanah. Menjadikan villa ini sebagai salah satu referensi dan inspirasi Arsitektur Kontemporer yang bisa ditemui di Bali.

Demikianlah mengenai 5 5 Hotel dan Villa dengan Arsitektur Kontemporer di Bali yang bisa Anda kunjungi saat berada di Bali sebagai destinasi wisata arsitektur sekaligus menikmati keindahan Bali.

Silahkan Berdiskusi Via Komentar :
EmoticonEmoticon

This Newest Prev Post
 

Ketikan dan tekan enter