7 Contoh Karya Arsitektur Kontemporer yang Terkenal - Arsitur Media Desain

7 Contoh Karya Arsitektur Kontemporer yang Terkenal

- 5/19/2019


Seperti judulnya, Arsitektur Kontemporer adalah gaya arsitektur masa kini. Gaya Arsitektur Kontemporer bisa didefinisikan sebagai gaya arsitektur saat ini, terlepas dari gaya apakah yang berkembang saat ini. Contoh karya Arsitektur Kontemporer paling inovatif yang ada dalam arsitektur museum seni, hospitality dan bangunan umum. Salah satu elemen penting arsitektur kontemporer adalah ekspresi bentuk dan desain. Bentuk arsitektur ini sekarang dominan di seluruh dunia.

Beberapa contoh karya Arsitektur kontemporer saat ini adalah arsitektur dekonstruksi atau post modern yang ramah lingkungan, fokus pada desain ramah lingkungan yang hemat energi dan memasukkan bahan daur ulang dalam desain. Ini merupakan sebuah kemajuan dan menampilkan estetika yang bersih dan rapi yang tanpa detail eksterior. Gaya ini cenderung menciptakan harmoni dengan struktur dan alam. Rumah-rumah kontemporer juga dirancang untuk menjaga alam dan lansekap dalam keseimbangan.

Arsitektur kontemporer memiliki fokus besar pada alam terbuka dan bertujuan untuk menyatu dengan bagian dalam bangunan. Contoh karya Arsitektur kontemporer berfokus pada menggunakan ruang semaksimal mungkin karena adanya isu keterbatasan lahan. Kamar-kamar dalam bangunan cenderung lebih terbuka di dalam gedung-gedung domestik dan komersial. Dengan cara ini akan memberikan perasaan keterbukaan dan membuat bangunan mengalir dengan cara yang modern dan menyesuaikan gaya hidup masa kini.

Jika kita amati, ini adalah salah satu gerakan arsitektur yang mencakup metode bangunan yang benar-benar baru, dan bentuk-bentuk yang didasarkan pada fungsionalitas daripada sekedar gaya dan tampilan semata. Contoh karya arsitektur kontemporer menggabungkan desain inovatif dan kreatif, estetika disorot dalam desain bangunan itu sendiri, bukan pada dekorasi tambahan.

Contoh Karya Arsitektur Kontemporer yang Terkenal

Gaya ini yang juga sering disebut sebagai arsitektur organik karena menggabungkan lingkungan alami dengan bangunan dan menjadikannya bagian dari elemen desain. Bentuk yang mengalir bebas memunculkan fungsionalitas dalam arsitektur kontemporer. Banyak contoh karya arsitektur kontemporer berasal dari inovasi desainer modern dalam menata ruang, nilai dan makna filosofis penciptaan desain dan kemajuan teknologi konstruksi.

01. Museum Guggenheim di Bilbao, Spanyol

01. Museum Guggenheim di Bilbao, Spanyol
01. Museum Guggenheim di Bilbao, Spanyol

Museum Guggenheim di Bilbao, Spanyol, adalah contoh klasik dari bentuk arsitektur kontemporer. Museum ini adalah salah satu karya paling dikagumi dalam arsitektur kontemporer di dunia. Bangunan ini telah diakui sebagai "momen sinyal dalam budaya arsitektur". Kurva pada bagian luarnya dimaksudkan untuk tampak acak dan keacakan kurva ini dirancang untuk menangkap cahaya.

02. Casa Munita Gonzalez, Chile

02. Casa Munita Gonzalez, Chile
02. Casa Munita Gonzalez, Chile

Tujuan proyek ini adalah meminimalkan dampak terhadap lingkungan dan menggunakan energi pasif semaksimal mungkin pada bangunan. Rumah ini dirancang oleh Arias Arquitectos dan Surtierra Arquitectura dengan menghadirkan desain kontemporer dan ruang yang menjadi contoh nyata tanah sebagai bahan bangunan kontemporer.

03. Menil Collection Museum, Texas, Amerika

03. Menil Collection Museum, Texas, Amerika
03. Menil Collection Museum, Texas, Amerika

Menil Collection Museum, yang terletak di Houston, Texas, Amerika Serikat, merupakan ke museum yang menampung koleksi seni pribadi pendiri John de Ménil dan Dominique de Ménil, atau koleksi itu sendiri. Dominique adalah pewaris kekayaan pengeboran minyak Schlumberger, dan John adalah eksekutif perusahaan itu.

04. Jewish Museum, Jerman

04. Jewish Museum, Jerman
04. Jewish Museum, Jerman

Museum Jewish Berlin (Museum Jüdisches Berlin), di Berlin, Jerman, mengenang dua ribu tahun sejarah Yahudi Jerman. Terdiri dari dua bangunan. Salah satunya adalah Kollegienhaus tua, bekas gedung pengadilan, yang dibangun pada abad ke-18. Yang lainnya, gedung baru yang khusus dibuat untuk bangunan museum, yang dirancang oleh arsitek terkenal dunia Daniel Libeskind. Ini adalah salah satu bangunan pertama di Berlin yang dirancang setelah reunifikasi Jerman. Museum dibuka untuk umum pada tahun 2001.

05. Jembatan Millau Viaduct, Perancis

 05. Jembatan Millau Viaduct, Perancis
 05. Jembatan Millau Viaduct, Perancis

Millau Viaduct adalah jembatan jalan dengan struktur kabel yang membentang lembah sungai Tarn dekat Millau di selatan Perancis. Dirancang oleh insinyur struktur Perancis Michel Virlogeux dan arsitek Inggris Norman Foster, itu adalah jembatan tertinggi di dunia, dengan puncak satu tiang di ketinggian 343,0 meter (1.125 kaki). Jembatan itu merupakan bagian dari poros autoroute A75-A71 dari Paris ke Montpellier. Biaya konstruksi jembatan ini sekitar € 400 juta.

06. Beijing National Stadium, China

06. Beijing National Stadium, China
06. Beijing National Stadium, China

Stadion Nasional Beijing, juga dikenal sebagai Stadion Nasional, atau bahasa sehari-hari sebagai Sarang Burung, adalah sebuah stadion di Beijing, Cina. Stadion ini dirancang untuk digunakan sepanjang Olimpiade Musim Panas dan Paralimpiade 2008. Bentuk bangunannya jika dilihat sekilas seperti sarang burung yang dipenuhi dengan ranting-ranting.

07. Cooper Union, New York, New York, Amerika

07. Cooper Union, New York, New York, Amerika
07. Cooper Union, New York, New York, Amerika

Cooper Union dibangun dan didedikasikan untuk Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Seni. Bangunan ini adalah milik sebuah perguruan tinggi swasta di lingkungan East Village di Manhattan, New York City, Amerika Serikat, yang terletak di Cooper Square dan Astor Place (Third Avenue dan 6th - 9th Streets).

Demikianlah Contoh Karya Arsitektur Kontemporer yang Terkenal, daftar karya ini masih akan berlanjut, silahkan tambahkan komentar kalian untuk membantu melengkapi Contoh Karya Arsitektur Kontemporer yang Terkenal.

Referensi : 

  • https://dayzeroproject.com/feature/23/21-most-important-works-of-contemporary-architecture



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter