Skip to main content

Pengertian Pondasi Bored Pile dan Jenisnya

Bored Pile adalah jenis pondasi dengan elemen beton bertulang yang dimasukan ke dalam lubang bor. Pondasi ini digunakan untuk memindahkan beban berat bangunan ke tanah atau lapisan batuan yang lebih keras. Bored Pile, dilaksanakan dengan metode pengeboran kontinyu denga getaran rendah, dapat digunakan untuk pondasi dan pengamanan bangunan serta untuk stabilisasi lereng.

ilustrasi pembuatan bor pile
Ilustrasi pembuatan Pondasi Bored Pile

Secant pile walls (Dinding tiang pancang) (dipisahkan, bersinggungan atau tumpang tindih) dipandang sebagai sistem yang relatif kaku dan berdeformasi rendah. Eksekusi pondasi ini dapat dilakukan di hampir semua tanah karena penggunaan alat pengeboran yang dapat disesuaikan.

Pengertian Pondasi Bored Pile

Pondasi bored pile adalah jenis pondasi dalam dengan desain berbentuk tabung yang berfungsi meneruskan beban bangunan ke lapisan tanah keras. Pondasi Bored pile juga sering disebut di lapangan sebagai pondasi bor pile. Pondasi ini digunakan jika level tanah dipermukaan atas tidak cukup untuk menahan beban bangunan secara keseluruhan, sehingga diperlukan daya dukung tambahan.

Fungsinya hampir sama dengan pondasi dalam lainya layaknya pondasi tiang pancang. Perbedaanya hanya terletak pada cara pengerjaanya. Pengerjaan pondasi bored pile ini dimulai dengan melubangi tanah dahulu sampai kedalaman yang diperlukan, lalu tahap pemasangan tulangan besi yang dilanjutkan dengan pengecoran beton untuk pengurugannya.

Baca Juga : Cara Menghitung Biaya Pondasi

Jenis-jenis Pondasi Bored Pile Berdasarkan Alat dan Metode Pengerjaannya

Dalam dunia konstruksi dikenal beberapa jenis alat dan metode pengerjaan bor pile namun pada dasarnya sama, diantara cara-cara tersebut yaitu:

Bore Pile Mini Crane

Pengertian Pondasi Bored Pile dan Jenisnya
Pengertian Pondasi Bored Pile dan Jenisnya


Dengan alat bored pile mesin ini, dapat dilakukan pengeboran dengan pilihan pondasi berdiameter 30 cm, 40 cm, 50 cm, 60 cm hingga sebesar 80 cm. Metode bored pile menggunakan sistem wet boring atau bor basah sehingga dibutuhkan air yang cukup untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan pekerjaan. Ketersediaan sumber air harus diperhatikan jika menggunakan alat bor pile ini.

Bore Pile Gawangan

Pengertian Pondasi Bored Pile dan Jenisnya
Pengertian Pondasi Bored Pile dan Jenisnya


Alat bor pile sebenarnya sistem kerjanya mirip dengan bor pile mini crane. Hanya saja perbedaannya pada desain sasis dan tiang tempat gearbox-nya. Diperlukan tambang pada bagian kanan dan kiri alat, yang harus dikaitkan ketempat lain yang kokoh untuk menjaga keseimbangan alat selama pengeboran agar tidak melenceng.

Baca Juga : Pondasi Foot Plat (Cakar Ayam) dan Karakteristiknya

Strauss Pile

Pengertian Pondasi Bored Pile dan Jenisnya
Pengertian Pondasi Bored Pile dan Jenisnya

Alat strauss pile ini sedikit berbeda karena harus menggunakan tenaga manual untuk memutar mata bornya. Metode ini menggunakan metode bor pile kering atau dry boring. Alat bor pile ini lebih praktis karena komponennya simpel, ringkas dan mudah dioperasikan serta  tidak bising saat pengerjaan. 

Hal ini menjadikan cara ini sangat cocok digunakan di berbagai proyek skala menengah - kecil seperti perumahan, pabrik, gudang, kantor maupun pasar.

Kekuranganya terbatasnya pilihan diameter yaitu hanya mampu menggali dengan diameter 20 cm, 25 cm, 30 cm dan 40 cm. Hal ini karena ini berhubungan dengan tenaga penggeraknya yang hanya tenaga manusia yang relatif lebih kecil dari tenaga mesin. Jadi cara ini kebanyakan digunakan untuk bangunan skala kecil.

Demikian mengenai pondasi bored pile, dalam hal pelaksanaan diperlukan analisis tanah yang tepat untuk menentukan seberapa dalam pondasi yang akan digunakan. Selain itu perlu juga tenaga yang terampil untuk mengerjakan pondasi jenis ini.

Referensi :

  • https://www.kellerholding.com/bored-piles.html 
  • Shamsher Prakash, Hari D. Sharma. 1990. Pile Foundations in Engineering Practice. John Wiley & Sons.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar