Kolam renang merupakan bagian yang bisa mengangkat citra dari sebuah hunian. Dalam merancang kolam renang perlu diperhatikan masalah estetika dan kenyamanan. 

Selain itu kolam juga harus menyatu dengan bangunan. Berikut adalah 10 Desain kolam renang pilihan yang mungkin menjadi inspirasi dalam merancang. 

Inspirasi 01

Integrasi dari setting di lereng bukit, konsep kolam tak terhingga di kediaman pembuat film Michael Bay di Los Angeles dirancang oleh arsitek Chad Oppenheim dan dieksekusi oleh perusahaan Rios Clementi Hale Studios.

Inspirasi 02

Arsitek Meksiko Diego Villaseñor menyusun kolam ubin Venesia geometris ini di sebuah kompleks di Los Cabos. Memanfaatkan pemandangan laut spektakuler di pulau ini. Teras marmer menghubungkan dua paviliun beratap tembaga.


Inspirasi 03

Phon besar mengapit sebuah kolam yang dipenuhi batu yang tenang di Grove, the Oxfordshire, Inggris, milik David Hicks yang legendaris. 

Kesan alami adalah tambahan yang lebih baru dari kolam ini. Mereka milik anak laki-laki Hicks, Ashley, juga perancang, yang sekarang tinggal di sana bersama istrinya, Kata.

Inspirasi 04

Di sebuah pulau Kroasia di Laut Adriatik, sebuah kolam batu yang diaspal oleh David Kelly dari Rees Roberts + Partners. Suasana klasik yang diciptakan sungguh menginspirasi.


Inspirasi 05

CDesain kolam oleh Christian Liaigre, dengan sunbed yang mengisi sebuah dek yang menghadap ke kolam. 

Konsep kolam tanpa tepi dan tak terhingga di rumah Los Angeles yang dirancang oleh John Pawson.

Orang berenang di belakang rumah
Inspirasi kolam renang di belakang rumah (img by ig:pooldesign_inspiration) 

Inspirasi kolam renang berikutnya datang dari kolam renang kecil di belakang rumah. Ternyata sangat menarik untuk meletakkan kolam di belakang rumah sehingga sangat praktis untuk mereka yang suka berenang.