Skip to main content

Tips Membuat Kolam Renang Sendiri di Rumah

Membuat kolam renang di rumah sendiri bukanlah merupakan hal yang sulit apabila Anda mengikuti tips-tips berikut ini. Kolam renang mungkin bukan sesuatu yang wajib ada di rumah, apalagi untuk orang-orang yang memiliki rumah di lahan yang sempit.

Tips Membuat Kolam Renang Sendiri di Rumah
Tips Membuat Kolam Renang Sendiri di Rumah


Namun bagi beberapa orang yang hobi berenang, menyediakan kolam renang di rumah sendiri adalah hal yang sangat menyenangkan. Kolam renang selain sebagai fasilitas untuk berenang, namun juga sebagai fasilitas rekreasi, menambah estetika rumah dan penyejuk rumah Anda.

Berikut adalah 10 tips membuat kolam renang di Rumah Anda yang bisa anda gunakan untuk bisa membangun kolam renang sendiri. Kolam renang juga bisa dibuat sendiri dengan metode DIY atau Do It Yourself.

01 Pilih Desain Kolam Renang yang Sederhana

Jika ingin membangun kolam renang sendiri tentunya kita jangan memilih desain kolam renang yang ribet. Buat desain sesimpel mungkin, bentuk persegi panjang adalah yang terbaik daripada bentuk lekukan.

02 Ukuran Kolam Renang

Bila membuat kolam renang sendiri pastikan juga kita mengetahui ukuran yang tepat. Ukuran kolam renang minimal memiliki lebar 2,5 meter sehingga kita masih nyaman bergerak dan berputar di dalam kolam. Panjang kolam minimal 4 meter sehingga kita masih bisa menyelam dengan baik. Sebaiknya menggunakan ukuran sesuai dengan kelipatan ukuran keramik kolam renang.

kolam renang mini
kolam renang mini


03 Lantai dasar yang datar

Lantai dasar juga lebih baik dibuat datar saja. Jika ingin membuat perbedaan kedalaman kolam sebaiknya gunakan tangga. Membuat bentuk miring atau ramp mungkin memerlukan teknik yang lebih sulit.

04 Inlet dan Outlet

Kolam renang mungkin akan memiliki pipa inlet dan outlet yang terlihat dari luar, Anda akan berpikir hal ini akan merusak tampilan tetapi kita dapat secara cerdik memadukannya dengan tanaman.

Beberapa perlengkapan kolam renang relatif tidak mahal tetapi ingat pemeriksaan air kolam renang adalah bagian yang paling sulit, jadi sebaiknya hindari terlalu banyak perlengkapan yang menerobos waterproofing dasar kolam.

05 Menentukan Kedalaman Kolam

Kolam renang membutuhkan kedalaman tertentu untuk stabilitas berenang. Kolam renang dapat dibuat dangkal atau sedalam yang Anda inginkan, tapi saya sarankan 1,8 m atau kurang dari 2 m, karena jika lebih dalam akan lebih membutuhkan banyak penguatan pondasi.

Jika Anda mengkhawatirkan tentang keselamatan saat menyelam maka kedalaman 1,5 m adalah kedalaman yang nyaman, mudah dibersihkan dan tingkat penguatan struktur pondasinya masih mudah.

06 Struktur Kolam Renang

Konsultasikan strktur dinding penahan kolam dengan insinyur struktur jika ragu, dan ingat bahwa titik terlemah struktur adalah di pertemuan dinding dengan lantai, dan pada dinding lurus yang panjang. Maka dukunglah dengan beton tambahan atau dapat menggunakan baja.

struktur kolam renang
struktur kolam renang


07 Drainase Kolam Renang

Drainase adalah hal yang sering diabaikan oleh para pemilik kolam. Drainase keliling adalah yang terbaik untuk kolam renang. Kita juga bisa membuat saluran semacam selokan kecil untuk menampung tumpahan air sehingga tidak membasahi lantai. Pastikan Anda mengelilingi kolam Anda dengan saluran drainase yang baik.

Bila kolam terletak lebih dalam dari titik terendah rumah Anda, maka bisa membuat drainase dengan pompa. Namun ini akan mengkonsumsi banyak listrik saat meguras kolam.

sistem drainase kolam renang
sistem drainase kolam renang


Demikian tips sederhana jika Anda ingin membuat kolam renang sendiri di rumah. Jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar jika masih ada yang kurang jelas tentang hal ini.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar