Skip to main content

Definisi Apartemen Menurut Para Ahli

Apartemen adalah unit perumahan mandiri (sejenis perumahan real estate) yang hanya menempati sebagian bangunan, umumnya di satu lantai saja. Ada banyak nama untuk keseluruhan bangunan ini tergantung pada setiap bahasa. 

Masa/lama waktu tinggal apartemen juga sangat bervariasi, dari perumahan umum berskala besar, atau hunian pemilik yang secara resmi merupakan kondominium (strata title atau commonhold), atau penyewa yang menyewa dari pemilik tanah pribadi. Artikel berikut ini akan membahas mengenai pengertian dan definisi apartemen.

Pengertian Apartemen Menurut Para Ahli
Pengertian / Definisi Apartemen Menurut Para Ahli

Definisi Apartemen Menurut Para Ahli

Menurut Buku Site Planing ( 1984 : 252 ) Apartemen didefinisikan sebagai “ several dwelling units a common ( usually an indoor ) acces and area enclosed by a common strucutural envelope “ yang berarti unit hunian yang saling berbagi akses yang sama dan dilingkupi ileh struktur kulit bangunan yang sama.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ( 1993 : 51 ) apartemen didefinisikan sebagai tempat tinggal ( terdiri atas kamar duduk, kamar mandi, dapur, dan sebagainya ) yang berada pada satu lantai bangunan bertingkat;rumah flat; rumah pangsa ; bangunan bertingkat terbagi dalam beberapa tempat tinggal.

Menurut buku Apartments : Their Design and Development ( 1967 : 6 ) apartemen didefinisikan sebagai “ … the apartment is a background for the series of emotional experience. It should be a relaxing haven from the tensions of earning a living, from noise and worry, and strain. It should provide beauty, convenience, security, and privacy for the family living in it…” yang berarti apartemen merupakan dasar dari  kumpulan emosi.

Baca Juga : Jenis-jenis Apartemen dan Klasifikasinya

Apartemen harus menjadi suatu wadah relaksasi untuk melepas lelah karena kegiatan mencari nafkah serta bebas dari kebisingan, kecemasan, dan tekanan. Apartemen harus memberikan keindahan, kenyamanan, keamanan, dan privasi bagi keluarga yang tinggal di dalamnya.

Menurut website www. Thefreedictionary.com apartemen didefinisikan sebagai”  a room of suite of rooms design as a residence and generally located in a building occupied by more than one household…” yang berarti sebuah ruang dari kumpulan ruang yang dirancang sebagai tempat tinggal dan umumnya terletk di dalam satu bangunan yang dihuni oleh lebih dari satu keluarga.

Jadi secara umum, apartemen dapat diartikan sebagai suatu bangunan yang bertingkat lebih dari satu lantai yang di dalamnya merupakan kumpulan dari beberapa unit hunian, dengan setip unit kamar memiliki ruang untuk hidup yang lengkap, dimana para penghuninya saling berbagi fasilitas yang sama.

Tipe-tipe Apartemen 

Tipe Apartemen yang terkecil biasanya disebut sebagai studio, apartemen untuk single atau bujangan yang baru memulai merantau. Unit-unit Apartemen jenis studio ini biasanya terdiri dari ruang utama tunggal yang bertindak sebagai ruang tamu, ruang makan dan kamar tidur digabungkan menjadi satu tanpa sekat dan biasanya juga termasuk fasilitas dapur, dengan kamar mandi terpisah.

Di daerah yang lebih urban, apartemen yang dekat dengan pusat kota memiliki manfaat kedekatan dengan pekerjaan dan atau transportasi umum. Namun, harga per meter persegi sebuah apartemen seringkali jauh lebih tinggi daripada di daerah pinggiran kota.

Beranjak dari apartemen studio, berikutnya adalah apartemen satu kamar tidur, di mana kamar tidur terpisah dari apartemen lainnya, diikuti oleh apartemen dua kamar, tiga kamar, dll. (Apartemen dengan lebih dari tiga kamar tidur jarang ada di Indonesia)

Apartemen kecil sering hanya memiliki satu pintu masuk. Apartemen besar sering memiliki dua pintu masuk, mungkin sebuah pintu di depan dan yang lain di belakang, atau dari akses parkir di basement atau yang terpasang di jalur servis, tergantung pada desain bangunan. Pintu masuk dapat dihubungkan langsung ke luar atau ke area umum di dalam, seperti lorong atau lobi.

Baca Juga : Klasifikasi / Jenis-jenis Villa

Fasilitas Pada Apartemen

Apartemen layaknya rumah sewa yang dibuat bersusun/bertingkat-tingkat sehingga secara fisik apartemen dan rumah susun adalah sesuatu yang hampir sama. Fasilitas dalam apartemen tidak pernah ditentukan secara mutlak, menyesuaikan dengan kelas apartemen itu sendiri. Berikut adalah beberapa fasilitas yang pastinya ada pada apartemen :
  1. Tempat Tidur
  2. Kamar Mandi
  3. Dapur/Pantry
  4. Tempat Duduk/Sofa
  5. Parkir
  6. Security

Demikianlah mengenai Definisi Apartemen Menurut Para Ahli, semoga dapat menambah wawasan tentang apartemen.

Referensi : 

Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar