Tips Desain Rumah pada Kontur Tanah Miring – Biasanya orang akan menghindari membangun rumah pada kontur lahan yang miring. Sebab membuat desain rumah pada kontur tanah miring cenderung lebih rumit. Akan tetapi ada beberapa keuntungan dan inspirasi desain bila Anda akan membangun rumah pada kontur tanah miring, lebih jelasnya kita simak pembahasan berikut.

Tips Desain Rumah pada Kontur Tanah Miring

Meskipun jarang diminati, namun tetap ada yang justru berminat membangun rumah di tanah miring. Hal ini dikarenakan harga tanah yang relatif lebih murah dibandingkan tanah yang rata atau landai. Selain itu rumah juga akan terlihat unik dan tentu harga jualnya juga akan jauh meningkat.

Rumah yang dibangun di tanah miring membutuhkan perhatian khusus pada proses perancangannya. Ada beberapa orang yang memilih untuk meratakan tanahnya lebih dulu dengan cara mengurugnya, namun ada pula yang membiarkannya begitu saja. Bila Anda ingin membangun rumah pada lahan seperti ini, berikut adalah tips desain rumah pada kontur tanah miring yang harus diperhatikan :

1. Perhatikan Kualitas Tanah

Kualitas tanah sangat penting untuk diperhatikan dalam proses perancangan rumah pada tanah miring. Pastikan tanah yang akan digunakan untuk membangun rumah memiliki kualitas yang baik dan stabil. Sebaiknya lakukan uji kelayakan tanah terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi tanah yang akan digunakan. Tanah yang stabil akan membuat rumah lebih aman dan tahan lama.

2. Perhatikan Tingkat Kemiringan Tiap Sisi

Sebelum memulai proses desain rumah, pastikan Anda telah melakukan pengukuran tingkat kemiringan tiap sisi tanah yang akan digunakan. Hal ini penting untuk menentukan desain rumah yang paling tepat.

Rumah pada tanah miring umumnya memiliki beberapa lantai yang memanfaatkan kemiringan tanah sebagai keuntungan desain. Dengan memperhatikan tingkat kemiringan tiap sisi tanah, Anda dapat menentukan desain yang sesuai dan membuat rumah terlihat indah.

3. Buat Desain Bertingkat

Desain bertingkat merupakan salah satu solusi terbaik untuk membangun rumah pada tanah miring, Anda dapat memanfaatkan tingkat kemiringan tanah sebagai keuntungan desain. Dengan membuat desain bertingkat, Anda dapat membuat rumah yang lebih luas dan terlihat lebih menarik. Selain itu, desain bertingkat juga dapat membuat rumah terlihat lebih modern dan elegan.

4. Buat Pondasi yang Kuat

Pondasi yang kuat sangat penting untuk membangun rumah pada tanah miring. Pastikan pondasi yang dibuat kokoh dan kuat agar rumah dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, pondasi yang kuat juga akan membuat rumah lebih aman dan stabil. Gunakan material yang berkualitas dan disarankan untuk menggunakan pondasi tiang pancang untuk hasil yang terbaik.

5. Buat Dinding Penahan

Dinding penahan mempunyai fungsi untuk menahan tekanan tanah yang cukup besar. Pastikan dinding penahan yang dibuat kuat dan kokoh agar mampu menahan beban tanah yang cukup besar. Selain itu, dinding penahan juga dapat menjadi elemen dekoratif yang membuat rumah terlihat lebih menarik. Namun dinding penahan ini hanya dapat diterapkan bila ketinggian maksimal tanah hanya sekitar 2 meter.

Inspirasi Desain Rumah pada Kontur Tanah Miring

Meskipun akan sedikit lebih rumit dibandingkan membangun rumah di lahan rata, rumah pada kontur tanah miring juga memiliki beberapa desain yang unik. Untuk mengeksekusinya pastikan Anda menggunakan jasa kontraktor atau tukang bangunan yang profesional dan berpengalaman. Sebagai gambaran, berikut adalah inspirasi desain rumah pada kontur tanah miring :

1. Perbedaan Level Tanah Garasi dan Rumah

Pinterest.com

Membangun rumah dengan perbedaan level antara garasi dan rumah dapat memberikan kesan yang menarik. Anda bisa membuat bagian garasi terlihat lebih rendah daripada rumah dengan adanya tangga kecil di samping garasi sebagai akses menuju pintu depan. Agar bagian garasi sejajar dengan jalan pastikan untuk mengeruk atau meratakan tanah lebih dulu.

2. Rumah dan Garasi Selevel

Homeshabby.com

Jika kemiringan tanah tidak terlalu tinggi, Anda bisa membuat rumah dan garasi dengan ketinggian lantai yang sama. Namun, Anda harus membuat akses masuk garasi dengan jalur yang miring dan rata menuju jalan utama. Untuk mencapai pintu depan, Anda bisa membuat anak tangga kecil yang membelah taman depan.

3. Garasi Tersembunyi

Pinterest.com

Jika ketinggian tanah lebih dari 2 meter daripada area jalan utama, Anda bisa membangun garasi tersembunyi di bawah tanah. Akses garasi tersebut hanya bisa dilakukan dengan membangun akses di bawah tanah. Desain seperti ini memang sedikit rumit, namun bisa memberikan kesan yang unik.

4. Garasi Tepat di Bawah Rumah

Pinterest.com

Anda bisa membuat garasi tepat di bawah rumah dan membuat tangga beton tak jauh dari garasi dengan akses menuju kolam renang dan pintu depan. Dengan begitu, Anda tetap bisa membuat kolam renang pribadi di rumah meski bangunan berdiri di atas kontur tanah yang miring. Rumah minimalis dengan garasi di bagian lahan yang telah rata bisa memberikan kesan yang rapi dan indah.

5. Desain Rumah Tiga Level Ketinggian

Pinterest.com

Anda bisa membuat rumah dengan tiga level pada tanah yang miring. Garasi sebagai bagian paling rendah, ruang depan pada bagian tengah, dan bagian samping rumah menjadi ruangan dengan level yang paling tinggi. Bentuknya yang mengikuti alur jalan yang menanjak juga akan membuat pondasinya lebih kokoh dan stabil.