Penyebab dan Cara Mengatasi Konsleting Listrik di Rumah – Konsleting listrik atau hubungan pendek arus listrik dengan tahanan listrik yang diawali dari ukuran kecil. Bila tidak segera ditangani, hal ini akan semakin membesar dan memungkinkan terjadi ledakan hingga kebakaran. Bila Anda pernah mengalami dan ingin mencegahnya, simak pembahasan ini lebih lanjut.

Penyebab Konsleting Listrik di Rumah Secara Umum

Listrik dapat mengalami hubungan pendek bila terdapat aliran yang putus maupun rusak. Hal ini umumnya terjadi pada bola lampu, stop kontak serta peralatan elektronik yang rusak atau tidak standar.

Ada beberapa tanda umum yang mengawali konsleting seperti bau logam atau plastik terbakar, peralatan elektronik yang mendadak mati hingga MCB yang mati total. Sebelum Anda mencari tahu tentang cara mengatasinya, simak beberapa hal berikut yang menjadi penyebab konsleting listrik di rumah :

1. Hubungan Pendek

Pinterest.com

Penyebab paling umum dari konsleting listrik adalah hubungan pendek. Hal ini dapat terjadi akibat kerusakan pada peralatan listrik atau masuknya hewan kecil, seperti cicak atau tikus ke peralatan elektronik. Selain itu, kabel instalasi yang mengelupas karena keropos atau tergigit hewan kecil juga dapat menyebabkan konsleting.

2. Stop Kontak

Pinterest.com

Konsleting listrik juga dapat terjadi ketika stop kontak atau dudukan lampu basah karena kebocoran atap. Air yang bocor dapat menyebabkan hubungan singkat pada aliran listrik dan tentunya akan membahayakan keamanan penghuni rumah.

3. Kabel Instalasi

Pinterest.com

Keroposnya kabel instalasi atau isolator juga dapat menjadi penyebab konsleting listrik. Isolator yang terlepas dari kabel phasa dan netral dapat menyebabkan hubungan pendek. Karenanya penting untuk melakukan pemeriksaan berkala, namun bila Anda tidak berpengalaman sebaiknya memanggil jasa instalasi listrik yang ahli.

4. Kabel Listrik Kecil

Pinterest.com

Penggunaan kabel listrik yang ukurannya terlalu kecil juga dapat menyebabkan konsleting listrik. Kabel yang kecil lebih rentan terhadap panas ketika mengalirkan arus listrik yang besar.

5. Instalasi Listrik Tidak Standar

Pinterest.com

Instalasi listrik yang tidak sesuai standar dapat menjadi penyebab konsleting listrik. Hindari melakukan instalasi listrik yang tidak berstandar hanya demi menghemat biaya karena dapat meningkatkan risiko terjadinya hubungan pendek dan konsleting.

6. Colokan Menumpuk

Pinterest.com

Colokan yang menumpuk di rumah juga dapat menyebabkan konsleting listrik. Jika terlalu banyak colokan listrik yang dipasang, dapat terjadi peningkatan suhu akibat aliran listrik. Suhu tersebut kemudian terperangkap dalam colokan dan menyebabkan hubungan pendek.

7. Sambungan Kabel Berantakan

Pinterest.com

Pastikan sambungan kabel di rumah rapi dan teratur, karena kabel yang berantakan dapat menyebabkan konsleting listrik. Gunakan solder atau isolator pada sambungan kabel agar terlihat lebih rapi serta mencegah terjadinya konsleting listrik.

8. Sekring Naik Turun

Pinterest.com

Sekring yang sering kali naik turun dapat menjadi penyebab konsleting listrik. Apakah Anda pernah mengalami matinya listrik di rumah saat menggunakan beberapa perangkat elektronik secara bersamaan? Penyebabnya adalah sekring yang turun dan jika dibiarkan, dapat memicu hubungan pendek di rumah.

9. Sumber Listrik Dekat dengan Api

Pinterest.com

Penyebab terakhir dari konsleting listrik di rumah adalah sumber listrik yang terlalu dekat dengan api. Paparan panas secara berkelanjutan bisa menyebabkan hubungan pendek, karenanya pastikan peralatan listrik harus dijauhkan dari sumber api atau panas seperti kompor.

Cara Mengatasi dan Mencegah Konsleting Listrik di Rumah

Setelah mengetahui hal apa saja yang dapat menyebabkan konsleting listrik, lantas apa yang harus kita lakukan bila mengalaminya. Ada beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan lebih dulu untuk mengatasinya, berikut beberapa cara mengatasi konsleting listrik di rumah secara mandiri :

1. Mengganti Bola Lampu

Apabila konsleting terjadi karena bola lampu yang rusak, tentu yang harus Anda lakukan adalah mengganti lampu yang rusak tersebut. Pastikan untuk mematikan aliran listrik sebelum membuka bola lampu yang rusak, lalu pasang bola lampu pengganti dengan hati-hati.

2. Memperbaiki Stop Kontak

Jika korsleting listrik terjadi karena masalah pada stop kontak, maka pertama Anda harus mematikan aliran listrik di rumah. Gunakan obeng listrik atau testpen untuk membuka stop kontak dan lepaskan kabel-kabel yang terhubung di dalamnya lalu isolasi ujung kabel. Selanjutnya, pasang stop kontak yang baru dengan benar dan pastikan semua kabel terhubung dengan baik.

3. Hubungi Ahli Perbaikan Listrik

Jika korsleting tidak disebabkan oleh bola lampu atau stop kontak, penting untuk menghubungi tenaga ahli perbaikan listrik. Masalah ini mungkin terjadi pada rangkaian kabel instalasi di rumah Anda, yang bisa disebabkan oleh gigitan hewan pengerat atau kebocoran. Perbaikan semacam ini memerlukan pengetahuan dan keahlian dan akan sangat berbahaya bila melakukannya sendiri.

Hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah pencegahannya. Tentu pencegahan konsleting listrik bisa kita lakukan dengan menghindari penyebabnya, berikut beberapa cara mencegah konsleting listrik di rumah :

  • Selalu gunakan kabel berstandar SNI dan pastikan kabel tidak rusak, keropos atau terkelupas.
  • Batasi beban listrik agar sekering tidak naik dan turun.
  • Masukkan kabel ke dalam paralon untuk mencegahnya terkena air.
  • Bila MCB mengalami kerusakan, segera ganti dengan bantuan ahli.
  • Gunakan peralatan listrik yang berkualitas demi keamanan dan kenyamanan.

Masalah konsleting listrik bukan merupakan masalah yang bisa dibilang sepele. Sebab bila dibiarkan dapat menimbulkan kerugian yang lebih besar, oleh karena itu selain mengetahui penyebab dan cara mengatasinya, pencegahan konsleting juga penting dilakukan.