Inspirasi Model dan Tips Memilih Tempat Tidur Minimalis – Kini kita dapat dengan mudah menemukan beragam model tempat tidur yang unik dan menarik. Dulu kita mungkin hanya mengenal tempat tidur dengan model rangka besi yang kokoh, namun kini model tempat tidur telah banyak berkembang. Bila Anda sedang mencari model tempat tidur minimalis untuk hunian, jangan lewatkan pembahasan berikut.

Inspirasi Model dan Tips Memilih Tempat Tidur Minimalis

Memiliki hunian minimalis membuat Anda harus menentukan perabotan mana yang tepat untuk digunakan. Salah satu perabotan yang akan memakan banyak ruang adalah tempat tidur atau dipan. Meski begitu kini telah banyak produsen yang membuat tempat tidur minimalis dengan model menarik yang bisa Anda coba. Berikut adalah beberapa inspirasi model tempat tidur minimalis untuk hunian :

1. Model Tempat Tidur Tatami Jepang

Pinterest.com

Model Tatami Jepang membuat posisi tempat tidur cenderung lebih rendah, jendela yang lebar dan besar akan memaksimalkan fungsinya sebagai tempat cahaya matahari masuk ke dalam ruangan. Coba padu padankan dengan material kayu berwarna terang pada perabot di dalam kamar, hal ini akan menguatkan aksen Jepang yang ada.

2. Tempat Tidur Rendah Minimalis

Pinterest.com

Desain tempat tidur rendah mempermudah Anda dalam beristirahat, tanpa perlu usaha untuk naik ke atas dipan. Tempat tidur minimalis modern dengan rangka rendah dapat dipadukan dengan desain interior simpel yang segar, seperti kayu berwarna cerah atau warna dominan putih.

3. Dipan Tanpa Rangka

Pinterest.com

Model tempat tidur ini menjadi salah satu alternatif menarik bila Anda menginginkan desain kamar polos atau sederhana dimana tidak banyak perabot di dalamnya. Model tempat tidur ini sangat cocok sekali untuk kamar remaja maupun anak-anak.

4. Dipan Minimalis Modern

Pinterest.com


Jenis dipan ini hampir serupa dengan model tempat tidur minimalis modern yang menggunakan rangka besi berwarna hitam. Anda bisa mengaturnya agar menjadi point of interest di dalam kamar. Caranya adalah dengan permainan perabot lain yang mengelilinginya. Selain itu dapat juga dengan menambahkan aksen modern lainnya pada lampu agar membuatnya semakin terlihat modern.

5. Dipan Minimalis Multifungsi

Pinterest.com


Model ini memiliki bagian yang dapat disesuaikan kebutuhan untuk penyimpanan barang atau perabotan lainnya di bawahnya. Pilih tempat tidur dengan warna minim seperti halnya putih sebagai warna dasarnya, senadakan pula warna perabotannya dengan tempat tidur.

6. Model Dipan dengan Rangka Unik

Pinterest.com


Rangka model dipan tidur minimalis terbaru ini dapat membuat kamar tidur Anda akan lebih terkesan unik dan ceria. Anda dapat memadupadankan dengan perabotan berwarna putih untuk membuatnya semakin terlihat sempurna.

7. Model Tempat Tidur Minimalis Beraksen Industrial

Pinterest.com


Tempat tidur beraksen industrial bisa menggunakan motif kayu yang cenderung kasar yang warnanya tidak terlalu gelap. Anda juga dapat menambahkan perabotan khas industrial yang kental dengan motif sederhana seperti lampu bahan drum kecil. Penggunaan model lemari kaca yang simpel juga akan semakin menguatkan kesan minimalisnya.

Tips Memilih Tempat Tidur Minimalis untuk Hunian

Karena tidur nyenyak dan berkualitas merupakan hal yang penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan pikiran, karenanya memilih tempat tidur menjadi langkah awal yang penting. Tidak hanya dari segi model atau desainnya, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum membeli sebuah tempat tidur. Berikut adalah beberapa tips memilih tempat tidur minimalis untuk hunian :

1. Pastikan tempat tidur menggunakan bahan berkualitas

Pastikan Anda memilih tempat tidur yang terbuat dari bahan berkualitas, seperti kayu solid atau besi yang tahan lama untuk memastikan keamanan dan kenyamanannya. Hindari memilih bahan yang murah dan tidak tahan lama, seperti kayu partikel atau kawat tipis, karena dapat menyebabkan kerusakan dan bahkan membahayakan kesehatan Anda.

2. Lakukan riset sederhana lebih dulu

Sebelum membeli tempat tidur minimalis, lakukan riset sederhana terlebih dahulu. Anda bisa mencari informasi tentang merek, bahan, dan model tempat tidur minimalis yang Anda inginkan. Pastikan untuk membaca ulasan dari pelanggan sebelumnya untuk mengetahui pengalaman mereka dengan produk tersebut. Dengan melakukan riset ini, Anda bisa memperoleh informasi yang lebih lengkap dan memilih produk yang tepat.

3. Pertimbangkan berat badan penggunanya

Saat memilih tempat tidur minimalis, pastikan Anda mempertimbangkan berat badan penggunanya. Jika Anda atau pasangan memiliki berat badan yang lebih berat dari rata-rata, pilihlah tempat tidur yang kuat dan tahan lama untuk menjamin keamanan dan kenyamanan saat tidur.

4. Cobalah lebih dulu sebelum membeli

Sebelum membeli tempat tidur minimalis, cobalah untuk berbaring di atasnya terlebih dahulu. Ini akan membantu Anda mengetahui seberapa nyaman tempat tidur tersebut untuk Anda. Pastikan untuk berbaring dalam posisi tidur yang biasa Anda gunakan dan coba gerakan tubuh yang sering Anda lakukan saat tidur. Jangan ragu untuk mencoba beberapa pilihan sebelum membuat keputusan akhir.

5. Perhatikan ukuran tempat tidur minimalis

Terakhir, pastikan Anda memperhatikan ukuran tempat tidur minimalis yang Anda inginkan. Ukuran tempat tidur minimalis harus sesuai dengan ukuran kamar tidur Anda. Pastikan untuk mengukur kamar tidur Anda terlebih dahulu sebelum memilih ukuran tempat tidur yang tepat. Selain itu, pastikan pula ukuran tempat tidur minimalis sesuai dengan ukuran tubuh penggunanya, sehingga memungkinkan pengguna tidur dengan nyaman.