Inspirasi Hunian dengan Dinding Keren Motif Acian – Bagi para pecinta properti yang ingin memunculkan kesan estetik pada dinding tentu akan memikirkan sejumlah motif acian dinding. Sebab motif acian dinding bisa membuat tampilan dinding terkesan unik dan berkarakter.

Pengacian dinding merupakan proses finishing dinding setelah proses plester untuk menghaluskan permukaan. Dalam melakukannya perlu ketelitian dan kehati-hatian dalam hal campuran semen yang sesuai agar hasilnya rapi, halus dan memuaskan. Umumnya acian dinding dibuat polos tanpa motif, namun bila Anda ingin menggunakan motif simak pembahasan berikut.

Inspirasi Motif Acian Dinding Keren Untuk Hunian

Acian tembok yang diberi motif tentu akan lebih menarik dibandingkan acian yang polos. Ada banyak jenis motif acian dinding yang bisa diaplikasikan pada dinding, tergantung dari selera dan kebutuhan estetika penghuni rumah. Berikut ini adalah beberapa inspirasi motif acian dinding keren untuk hunian yang layak Anda coba :

1. Motif Acian Kamprot

pinterest.com

Motif acian kamprot menawarkan permukaan dinding yang kasar dan bertekstur. Meskipun kasar, motif kamprot masih dapat memberikan tampilan finishing tembok yang menarik. Namun, membuat motif ini membutuhkan keahlian khusus agar hasilnya memuaskan.

2. Motif Acian Tali Air

pinterest.com

Tali air biasa digunakan untuk mengalirkan air pada dinding luar rumah agar tidak terjadi rembesan maupun cipratan. Motif acian tali air menawarkan garis-garis bergelombang yang menarik dan cocok untuk rumah bergaya industrial.

3. Motif Acian Batu Kali

pinterest.com

Motif acian batu kali menawarkan tampilan dinding berkesan alami seperti batu alam yang mahal. Dengan hanya menggunakan acian, kamu dapat membuat dinding dengan tampilan batu kali pada bagian teras atau halaman rumah. Sehingga Anda tidak perlu membeli keramik batu kali atau alam yang harganya cukup mahal.

4. Motif Acian Panel Bertekstur

pinterest.com

Panel dinding bertekstur menawarkan tampilan kasar pada dinding setengah jadi (unfinished) sehingga membuat interior atau eksterior rumah terlihat lebih berkarakter. Motif acian panel bertekstur cocok untuk rumah bergaya industrial.

5. Motif Acian Kulit Jeruk

pinterest.com

Motif acian kulit jeruk memberikan kesan bertekstur yang halus dan unik pada dinding, sehingga dapat menjadi alternatif bagi yang tidak suka dengan motif kamprot kasar.

6. Motif Acian Gosok

pinterest.com

Motif acian gosok menawarkan tampilan permukaan dinding yang kasar dan bertekstur. Biasanya motif ini digunakan pada dinding luar rumah, seperti pada pagar atau dinding pembatas.

7. Motif Acian Bergaris

pinterest.com

Motif acian bergaris menawarkan garis-garis horizontal yang memberikan kesan estetik pada dinding luar rumah. Pembuatan motif ini membutuhkan presisi dan keahlian khusus agar hasilnya terlihat keren. Cocok digunakan pada dinding luar rumah dekat kolam ikan atau pagar rumah.

Tips Mengaci Tembok Rumah dengan Benar

Acian dinding atau tembok dengan motif memang sebaiknya dilakukan oleh ahlinya saja, sebab bila salah justru akan membuat acian tidak terlihat estetik. Namun bila Anda ingin membuat acian dinding polos maka dapat melakukannya sendiri. Pastikan Anda melakukannya dengan benar, berikut adalah tipa mengaci tembok rumah dengan benar : 

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Sebelum mulai mengaci tembok rumah, pastikan Anda sudah menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan. Beberapa alat yang diperlukan antara lain kuas cat, kuas acian, rol cat, kain lap dan alat pengaduk adukan. Bahan-bahan yang perlu disiapkan meliputi cat tembok, acian semen, air dan primer tembok.

2. Bersihkan Permukaan Tembok

Sebelum mulai mengaci tembok, pastikan permukaan tembok dalam kondisi bersih dan kering. Bersihkan tembok dari debu, kotoran, lumut dan jamur. Jika terdapat bagian yang rusak atau retak, perbaiki terlebih dahulu sebelum mulai mengaci.

3. Racik Adukan Acian yang Tepat

Untuk membuat adukan acian yang baik, campurkan acian semen dengan air hingga adonan tercampur rata, tidak terlalu cair atau terlalu kental. Aduk adukan hingga kental dan tidak menggumpal.

4. Tempelkan Acian ke Tembok

Setelah adukan acian sudah siap, mulailah mengoleskan adukan acian ke permukaan tembok menggunakan kuas acian atau rol cat. Pastikan permukaan tembok tertutupi dengan adukan acian dengan rata dan merata. Jangan terlalu banyak menggunakan adukan acian pada satu titik, karena hal ini dapat membuat adukan menjadi cepat retak.

5. Lakukan Acian dengan Benar

Setelah adukan acian menempel pada permukaan tembok, tunggu hingga adukan kering dan keras. Bila sudah mengeras, amplas permukaan tembok dengan amplas halus untuk menghilangkan permukaan yang tidak rata kemudian lap menggunakan kain lap bersih. Terakhir, Anda dapat mengaplikasikan cat tembok pada permukaan yang sudah diaci dengan merata tersebut.

Jika Anda mengikuti tips ini dengan benar, Anda dapat mengaci tembok rumah dengan baik dan memberikan tampilan yang baru pada rumah Anda. Namun, jika Anda merasa tidak yakin atau tidak memiliki pengalaman dalam mengaci tembok, sebaiknya Anda meminta bantuan dari tenaga ahli.