Pinterest.com

Inspirasi Desain Kanopi Minimalis untuk Hunian Modern – Kanopi merupakan sebuah atap rumah yang mulai banyak digunakan pada hunian minimalis modern. Tujuannya adalah untuk melindungi halaman rumah maupun sebagai atap carport agar kendaraan terlindungi dari panas dan hujan. Bila hunian Anda mempunyai area yang cukup luas dan berencana memasang kanopi, jangan lewatkan pembahasan berikut.

Tips Memilih Atap Kanopi untuk Hunian Minimalis Modern

Secara umum kanopi memang banyak digunakan untuk melindungi kendaraan dari panas dan hujan secara langsung atau diaplikasikan sebagai carport. Hunian minimalis modern yang tidak memungkinkan untuk membuat garasi akan memilih kanopi sebagai solusinya.

Atap kanopi juga banyak dipilih karena berbagai keunggulannya mulai dari harganya yang lebih mudah, bahan yang anti bocor hingga pilihan desainnya yang beragam. Bila Anda berencana untuk memasang kanopi di hunian minimalis modern maka perhatikan beberapa tips berikut lebih dulu :

1. Pilih Bahan yang Sesuai

Pertimbangkan bahan atap kanopi yang cocok dengan gaya minimalis modern. Bahan yang umum digunakan untuk atap kanopi antara lain polikarbonat, kaca tempered, logam atau kombinasi bahan-bahan tersebut.

Pastikan bahan yang dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti ketahanan terhadap cuaca, perlindungan dari sinar UV dan kemudahan perawatan. Selain itu pastikan untuk memilih bahan kanopi yang berkualitas agar aman digunakan dalam waktu lama.

2. Pilih Desain dan Warna yang Sesuai

Pilih desain atap kanopi yang memiliki tampilan minimalis dan bersih serta hindari desain yang terlalu rumit atau berlebihan. Sesuaikan desain atap kanopi dengan gaya arsitektur rumah minimalis modern Anda agar tercipta keselarasan visual yang harmonis. Untuk menyempurnakannya pilih pula warna-warna netral seperti abu-abu atau hitam untuk memberi tampilan yang bersih dan elegan.

3. Pertimbangkan Pencahayaan

Jika Anda ingin mempertahankan cahaya alami di bawah kanopi, pilihlah bahan atap yang transparan seperti polikarbonat atau kaca tempered. Bahan ini akan memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam ruang di bawahnya dan menciptakan nuansa yang terasa lebih luas. Namun, jika Anda menginginkan privasi maka dapat memilih bahan atap yang tidak transparan namun tetap memberikan pencahayaan yang cukup dengan memberikan lampu.

4. Gunakan Jasa yang Berpengalaman

Jika Anda merasa kesulitan dalam memilih atap kanopi yang sesuai dengan gaya minimalis modern Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan arsitek atau desainer interior. Pastikan juga memilih jasa pemasangan kanopi yang berpengalaman untuk dapat mengimplementasikan desain sesuai dengan keinginan dan pastinya dengan kualitas pengerjaan yang baik.

Inspirasi Desain Kanopi Minimalis untuk Hunian Modern

Sekarang ini banyak pilihan desain kanopi minimalis yang sesuai dengan gaya hunian modern Anda. Sebelum Anda meminta bantuan ahli, ada baiknya Anda sudah tahu apa saja inspirasi desain untuk kanopi minimalis tersebut. Sehingga setidaknya Anda memiliki gambaran lebih dulu, berikut adalah beberapa inspirasi desain kanopi minimalis untuk hunian modern :

1. Model Kanopi Minimalis Bahan Spandek

Pinterest.com

Bahan spandek sudah banyak digunakan untuk berbagai model kanopi minimalis, dibuat menggunakan bahan seng dan aluminium membuatnya sangat tipis sehingga bobotnya terbilang ringan. Selain memiliki bobot ringan, bahan spandek juga memiliki daya tahan yang baik dengan durasi pakai yang bisa mencapai 10 - 15 tahun. Anda dapat memilih beragam varian warna spandek yang cocok dengan desain fasad rumah Anda.

2. Model Kanopi Kaca Minimalis

Pinterest.com

Bahan kaca dapat menjadi pilihan menarik untuk model kanopi modern, Anda dapat memilih kaca bening atau kaca berwarna sesuai dengan preferensi. Kanopi kaca cocok digunakan untuk desain rumah modern tropis, memberikan suasana ruang terbuka yang nyaman dan menambah nilai estetika rumah. Jika Anda menginginkan gaya rumah industrial, kombinasi kerangka besi hitam dengan kanopi kaca dapat memberikan tampilan fasad yang kekinian.

3. Model Kanopi Alderon

Pinterest.com

Kanopi Alderon terkenal sebagai bahan kanopi terbaik karena keandalannya dalam mencegah kebocoran saat terkena hujan deras. Bahan ini juga dapat meredam suara hujan sehingga tidak terlalu berisik. Selain itu bahan ini juga memiliki rongga udara twinwall yang membantu menahan panas matahari dengan baik. Dengan model kanopi ini akan membuat tampilan eksterior hunian Anda menjadi lebih unik dan stylish.

4. Kanopi Minimalis Bahan Onduline

Pinterest.com

Selanjutnya ada bahan onduline yang memiliki kemampuan menyerap suara bising hujan serta mampu menahan angin dengan kecepatan tinggi. Bahan ini kuat, berkualitas dan mampu menampung beban yang cukup besar. Desainnya juga relatif beragam dan bisa disesuaikan dengan warna cat rumah Anda, untuk memberikan kesan asri dan segar juga dapat ditambahkan tanaman hias yang merambat.

5. Model Kanopi Fiber

Pinterest.com

Terbuat dari serat sintetis dan aman digunakan tanpa membahayakan kesehatan penghuni rumah, kanopi ini juga memiliki berbagai desain yang menarik. Bahan fiber juga mempunyai beragam pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan cat rumah Anda. Dengan menggunakan kanopi fiber, Anda dapat menciptakan tampilan modern dan minimalis untuk fasad rumah.