Ide Desain Minibar Untuk Hunian Minimalis – Mungkin kehadiran minibar di hunian Indonesia masih kurang dikenal. Namun kini sudah banyak hunian minimalis modern yang menggunakannya karena membuat dapur terkesan lebih istimewa. Bila Anda ingin menerapkannya pada hunian minimalis tercinta, maka simak pembahasan berikut.

Ide Desain Minibar Untuk Hunian Minimalis

Selain membuat dapur terkesan lebih istimewa, kehadiran minibar sendiri juga dapat Anda gunakan sebagai tempat melepas penat bersama keluarga. Dengan desain yang menarik, minibar bisa menjadi ruang favorit Anda bersama keluarga. Bila Anda ingin menerapkannya, berikut beberapa rekomendasi ide desain minibar untuk hunian minimalis :

1. Minibar yang menyatu dengan kitchen island

Pertama Anda bisa membuat minibar yang menyatu dengan kitchen island, namun sebaiknya buat permukaan minibar yang lebih tinggi dari biasanya. Minibar yang elegan, minimalis serta multifungsi ini juga mempunyai desain yang cocok untuk Anda yang memiliki dapur tidak terlalu luas.

2. Minibar minimalis modern

Dapur mini atau minibat minimalis modern dengan desain ramping juga menjadi pilihan tepat untuk hunian minimalis Anda. Desain bergaya minimalis khas Mid-Century akan cocok diterapkan di hunian yang menggunakan ide desain serupa.

3. Minibar bernuansa vintage

Desain minibar bernuansa vintage memfokuskan pada warna-warna lembut seperti hijau tosca. Nuansa khas vintage pada minibar ini akan sangat cocok menemani aktivitas Anda dan keluarga.

4. Minibar bergaya “Cabin in the Wood”

Selanjutnya ada gaya cabin in the wood yang cocok untuk Anda yang menyukai ketenangan dan nuansa alami. Sesuai dengan namanya, desain ini sangat kental akan desain rumah kayu mewah modern yang elegan.

5. Minibar bergaya Skandinavia

Gaya hidup minimalis sangat terasa pada budaya Skandinavia, dalam hal ini juga pada hunian termasuk minibarnya. Gaya ini menekankan pada sisi fungsionalitasnya dengan ciri khusus seperti pemakaian warna putih dan kesan naturalnya. Meski tampilannya cukup sederhana, namun gaya ini dapat memberikan kesan dapur yang seolah lebih luas.

Tips Mendekorasi Hunian Minimalis dengan Minibar di Dalamnya

Itulah beberapa rekomendasi desain minibar yang bisa Anda terapkan pada hunian Anda. Meskipun memiliki hunian yang minimalis, namun bukan berarti Anda tidak bisa membuat minibar di dalamnya. Tidak hanya dari segi desain yang harus Anda ketahui, bila Anda ingin menghadirkan minibar pada hunian minimalis perhatikan beberapa tips berikut :

1. Sesuaikan ukuran minibar dengan dapur

pinterest.com

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah ukurannya, pastikan untuk disesuaikan dengan ukuran dapur agar dapat menetukan kursi dan meja yang cocok. Dengan begitu ukuran kursi dan meja yang digunakan juga akan sesuai dengan ukuran minibar itu sendiri, selain itu juga akan terlihat lebih rapi dan cantik.

2. Gunakan beberapa model kursi yang berbeda

pinterest.com

Menggunakan model kursi yang berbeda juga bisa Anda terapkan, namun pastikan untuk memilih kursi yang sesuai dengan desain interior dapur. Hal ini bertujuan untuk menciptakan tampilan yang serasi antar elemen interior dapur dan minibar.

3. Pertimbangkan tata letak serta pencahayaannya

pinterest.com

Tata letak dan pencahayaan juga akan memegang peranan penting untuk desain minibar Anda. Bila Anda menggunakan nuansa putih tentu pencahayaan yang terlalu banyak akan membuatnya terlihat kontras dan tidak baik. Selain penataan yang baik, pastikan menggunakan pencahayaan yang cukup untuk memberikan kesan istimewa.

4. Buat konsep minibar publik

pinterest.com

Konsep publik pada minibar ini berarti ruangan dapur mini tersebut dapat digunakan sebagai ruang publik di dalam sebuah hunian. Sehingga bila Anda kedatangan tamu maka Anda dapat mengajaknya untuk menikmati hidangan di ruang minibar tersebut.

Tidak hanya itu saja, tentu Anda juga dapat menggunakan minibar sebagai tempat bersantai bersama pasangan dan keluarga. Namun meski mempunyai fungsi tambahan sebagai ruang publik, namun Anda tidak boleh mengabaikan fungsi utamanya sebagai dapur.

Sehingga pastikan Anda memilih desain, tata letak serta pencahayaan yang dapat menciptakan suasana nyaman untuk kegiatan memasak sehari-hari. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah pastikan minibar selalu terjaga kebersihan dan kerapiannya agar nyaman digunakan oleh Anda sendiri maupun tamu yang berkunjung.