Estimasi Biaya Pembuatan Sumur Bor dan Keuntungannya – Selain menggunakan sumber dari PDAM dan sumur biasa, kebutuhan air untuk hunian juga bisa didapat dari sumur bor. Sumur bor kerap menjadi alternatif untuk daerah yang belum terjangkau layanan PDAM maupun daerah gersang yang tidak memungkinkan menggunakan sumur biasa.

Penggunaan sumur bor bisa membuat cadangan air Anda menjadi berlimpah meskipun sedang musim kemarau. Selain itu, air yang didapatkan juga cenderung bersih dan tidak tercemar. Bila Anda ingin menggunakan sumber air yang satu ini, simaklah estimasi biaya pembuayan sumur bor berikut serta keuntungannya.

Estimasi Biaya Pembuatan Sumur Bor di Beberapa Daerah

Sama halnya dengan sumur pada umumnya, sumur bor juga menjadi konstruksi yang berfungsi sebagai sumber air sebuah bangunan. Akan tetapi umumnya sumur bor digunakan pada bangunan dengan skala yang lebih besar seperti sekolah, kantor, hotel, pabrik, dsb.

Kedalaman sumur bor rata-rata dapat mencapai 30 meter, namun untuk lokasi khusus dan kebutuhan yang besar bisa mencapai kedalaman 200 meter. Daerah dataran tinggi dengan kualitas air yang baik umumnya menggunakan sumur bor sebab air tersebut ada di kedalaman minimal 20 meter.

Biaya yang dibutuhkan untuk membuat sumur bor juga cukup bervariasi mulai dari 150 – 300 ribu per meternya belum termasuk peralatan dan bahannya. Namun kini kebanyakan jasa pembuatan sumur bor telah menyediakan layanan lengkap sehingga Anda hanya perlu menyiapkan biayanya saja. Setiap daerah juga mempunyai biaya yang berbeda-beda, berikut adalah estimasi biaya pembuatan sumur bor di beberapa daerah :

1. Daerah Jakarta dan Depok

Biaya

Keterangan

Rp 3 – 4 Juta

Hanya pembuatan sumur saja ; kedalaman max 30 meter

Rp 8,5 Juta

Pembuatan sumur + Peralatan termasuk pompa ; kedalaman max 30 meter

Rp 9 Juta

Pembuatan sumur bor submersible (hanya sumur) ; kedalaman max 60 meter

Rp 18 Juta

Pembuatan sumur bor submersible + peralatan (jasa, pipa, pompa dan material lain) ; kedalaman max 60 meter

2. Daerah Bekasi dan Tangerang

Biaya

Keterangan

Rp 2,5 Juta

Hanya pembuatan sumur saja ; kedalaman max 30 meter

Rp 9 Juta

Pembuatan sumur bor submersible (hanya sumur) ; kedalaman max 60 meter

Rp 18 Juta

Pembuatan sumur bor submersible + peralatan (jasa, pipa, pompa dan material lain) ; kedalaman max 60 meter

3. Daerah Bandung dan Sekitarnya

Kedalaman

Biaya Jasa Pengeboran

Mesin yang Dipakai

30 - 45 meter

Rp 8 – 16 Juta

Jet Pump

50 - 70 meter

Rp16 – 36 Juta

Submersible Pumps

80 - 100 meter

Rp 32 – 50 Juta

Submersible Pumps

> 100 meter

Negotiable

Submersible Pumps

Itulah estimasi biaya pembuatan sumur bor di beberapa daerah, tentu biaya ini bisa berbeda dengan daerah Anda. Karenanya untuk lebih jelasnya Anda dapat menghubungi langsung jasa terkait. Pastikan Anda menggunakan jasa pembuatan sumur bor yang terpercaya dan berpengalaman agar mendapatkan air yang berkualitas sekaligus aman bagi lingkungan sekitar.

Keuntungan Menggunakan Sumur Bor Untuk Hunian

Penggunaan sumur bor juga kini lebih banyak diminati dengan beberapa manfaat atau keunggulannya dibanding sumur biasa. Meskipun biaya untuk pembuatannya relatif lebih mahal, namun berikut beberapa keuntungan menggunakan sumur bor yang bisa Anda dapatkan :

1. Proses Pembuatannya Cepat

Pinterest.com

Pembuatan sumur bor cenderung lebih cepat dan mudah jika dibandingkan dengan sumur gali yang memerlukan waktu dan tenaga yang lebih banyak. Proses pembuatan sumur bor hanya memerlukan mesin bor yang dapat menembus lapisan tanah dan batuan hingga kedalaman tertentu. Selain itu, tidak perlu membongkar lapisan tanah dan batuan secara manual seperti pada sumur gali.

2. Tidak Memakan Banyak Tempat

Pinterest.com

Ruang yang dibutuhkan sumur bor juga lebih kecil dibandingkan dengan sumur gali. Karena tidak memerlukan area yang luas untuk membuat sumur bor, maka area lahan yang tersedia dapat dimanfaatkan untuk keperluan lainnya. Selain itu, tidak perlu membangun bangunan atau rumah pompa yang besar untuk mengakomodasi sumur bor, sehingga dapat menghemat ruang dan biaya.

3. Air Tidak Tercemar

Pinterest.com

Sumur bor dapat menghasilkan air yang bersih dan tidak tercemar karena air yang diambil berasal dari sumber air tanah yang terlindungi dari polusi. Selain itu, jika sumur bor dirawat dan dipelihara dengan baik, maka kualitas air yang dihasilkan akan tetap terjaga selama bertahun-tahun.

4. Praktis

Pinterest.com

Penggunaannya juga cukup praktis serta efisien karena sumur bor bisa dibangun dimana saja. Berbagai macam area mulai dari tanah, berpasir, berbatuan hingga pegunungan bisa dibuat sumur bor. Dengan teknik pembuatan yang benar, sumur bor juga tidak akan menganggu atau mengurangi debit sumur air biasa yang ada di sekitarnya.

Meskipun mempunyai beberapa keuntungan, sebaiknya sebelum membuat sumur bor penting untuk memastikan bahwa lokasi pemboran aman. Selain itu pastikan lokasi sesuai dengan regulasi yang berlaku serta mengikuti prosedur yang benar dalam pembuatannya.