Desain Ruang Kerja Untuk Rumah Minimalis – Meskipun pandemi telah berangsur-angsur berakhir, namun tren bekerja dari rumah tidak sepenuhnya berakhir. Ada beberapa perusahaan yang tetap melakukannya karena memang jenis pekerjaannya memungkinkan untuk dilakukan dari rumah oleh pekerjanya. Bila Anda tengah melakukan tren ini, maka simak tips dan rekomendasi desain ruang kerja berikut.

Rekomendasi Desain Ruang Kerja Minimalis di Rumah

Memiliki hunian minimalis bukan berarti Anda tidak bisa memiliki ruang kerja sendiri di rumah. Ada beberapa model atau desain ruang kerja minimalis yang akan cocok diterapkan pada hunian minimalis. Bila Anda ingin menghadirkan ruang kerja minimalis di rumah, berikut beberapa rekomendasi desain yang bisa digunakan :

1. Desain ruang kerja di sudut

pinterest.com

Hunian minimalis umumnya mempunyai area yang kurang dimaksimalkan seperti sudut ruangan atau area dekat jendela. Anda dapat memaksimalkan area tersebut sehingga tidak perlu mengubah tampilan ruangan yang ada. Cukup tambahkan meja tempel atau lipat dan kursi ramping yang nyaman dapat membuat area tersebut menjadi ruang kerja. Pastikan kabel ditata dengan rapi agar tidak berantakan.

2. Desain minimalis dalam lemari

pinterest.com

Memanfaatkan sebagian ruang di lemari baju bisa menjadi ruang kerja yang fungsional tanpa perlu membuat ruang kerja khusus. Anda hanya perlu sedikit memodifikasi lemari dengan membuang rangka aslinya kemudian menyusun meja kerja bertingkat yang berfungsi pula sebagai rak penyimpanan. Tambahkan pula kursi minimalis dan lampu gantung untuk menyempurnakannya, ketika tidak sedang digunakan tutup area ini menggunakan pintu geser lemari.

3. Ruang kerja di kamar tidur

pinterest.com

Kamar tidur bila cukup luas juga dapat ditambahkan area sebagai ruang kerja. Bila kasur memakan ruang terlalu banyak maka geserkan ke area sudut agar ruangan terlihat lebih luas dan rapi. Padu padankan furnitur, warna cat hingga pencahayaan agar kegiatan kerja dan tidur Anda tetap nyaman.

4. Area kerja minimalis di bawah tangga

pinterest.com

Bila hunian Anda memiliki anak tangga di dalamnya manfaatkan saja area tersebut, umumnya area ini memang kurang dimanfaatkan. Meskipun dengan ukuran yang terbatas, namun dengan sentuhan dekorasi dan peralatan yang tepat bisa membuatnya menjadi ruang kerja yang nyaman.  Anda dapat menggunakan meja dinding tempel atau custom yang dapat difungsikan pula menjadi tempat tidur atau sofa.

5. Dekorasi gudang menjadi ruang kerja

pinterest.com

Hunian minimalis Anda masih memiliki ruang untuk gudang yang masih cukup longgar, manfaatkan saja sebagai ruang kerja yang nyaman. Gunakan furnitur multifungsi yang bisa Anda temukan dengan mudah di situr jual beli online, sebab tren futnitur tersebut juga meningkat dengan banyak hadirnya hunian minimalis. Untuk menjadikan ruang gudang menjadi ruang kerja yang nyaman pastikan untuk memperhatikan beberapa hal berikut :

  • Umumnya gudang tidak mendapat pengecatan, karenanya cat gudang menggunakan warna warm yang lembut seperti putih atau cokelat muda.
  • Usahakan menggunakan lantai kayu vinyl dibandingkan lantai keramik.
  • Untuk menambahkan kesan hijau dan alami bisa dengan manambahkan tanaman indoor sehingga ruangan terkesan lebih segar.

Tips Menata Ruang Kerja Minimalis di Rumah

Menata ruang kerja minimalis di rumah membutuhkan beberapa tips agar terlihat rapi, produktif dan tidak menghabiskan terlalu banyak ruang. Untuk itu berikut adalah beberapa tips dalam menata ruang kerja minimalis di rumah yang perlu Anda perhatikan :

1. Pilih area yang tepat

Pastikan memilih area yang memungkinkan Anda untuk fokus dalam bekerja dan terbebas dari gangguan, seperti area yang jauh dari kamar tidur atau ruang keluarga. Pastikan juga area yang dipilih memiliki akses listrik dan internet yang memadai agar perkerjaan Anda bisa berjalan lancar.

2. Tentukan tema yang tepat

Menentukan tema yang tepat akan membantu Anda dalam memilih dekorasi, furnitur, dan aksesoris yang sesuai. Tema yang dipilih harus mencerminkan kepribadian sehingga Anda merasa nyaman dan dapat membantu meningkatkan produktivitas.

3. Perhatikan pencahayaan

Pencahayaan yang cukup dan sesuai dapat membantu memperbaiki suasana hati, menjaga konsentrasi dan mengurangi kelelahan mata. Pertimbangkan untuk menggunakan lampu meja yang dapat diatur intensitas cahayanya atau memilih area dengan akses cahaya alami.

4. Pilih perabotan yang serbaguna

Pilih furnitur yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti meja yang dapat diatur tinggi rendahnya, kursi yang nyaman dan rak yang multifungsi. Hindari memilih perabot yang terlalu besar dan tidak sesuai dengan kebutuhan.

5. Gunakan penyimpanan kreatif yang fungsional

Gunakan penyimpanan yang kreatif dan fungsional untuk mengatur file, buku dan barang-barang kecil. Pertimbangkan untuk menggunakan dinding sebagai tempat penyimpanan atau memilih meja dengan laci dan rak tambahan.

Dengan menerapkan tips-tips tersebut Anda dapat menata ruang kerja minimalis di rumah dengan efektif dan efisien. Sehingga hal tersebut dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kenyamanan Anda dalam bekerja.