Tips Menjaga Rumah Agar Bebas Nyamuk - Sudah menjadi hal yang umum jika di daerah tropis, terutama ketika musim penghujan, nyamuk kerap muncul dan mengganggu kita. Selain gigitannya yang menyebalkan dan menimbulkan rasa gatal, nyamuk juga bisa membawa berbagai macam penyakit yang berbahaya bagi kesehatan kita. Lantas bila di rumah kita terdapat banyak nyamuk apa yang harus dilakukan?

Cara Mengusir Nyamuk dari Rumah Secara Alami

Bila nyamuk sudah terlanjur beranak-pinak di rumah Anda tentu hal pertama yang kita pikirkan adalah bagaimana cara mengusir atau mengatasinya. Selain menggunakan bahan-bahan kimia seperti obat nyamuk, kita juga dapat mengusir atau mengatasinya menggunakan bahan alami. Berikut beberapa cara mengusir nyamuk dari rumah menggunakan bahan alami :

1. Gunakan Minyak Kayu Putih Lemon

pinterest.com

Minyak kayu putih lemon memiliki aroma yang menyegarkan dan efektif mengusir nyamuk. Caranya, campurkan beberapa tetes minyak kayu putih dan lemon kemudian balurkan ke bagian tubuh yang rentan digigit nyamuk. Anda juga dapat menambahkan minyak bunga matahari ke dalam campuran tersebut. Namun meski terbuat dari bahan alami, tidak disarankan untuk memberikannya pada anak di bawah usia 3 tahun.

2. Pakai Bunga Lavender

pinterest.com

Selain indah dipandang, bunga lavender juga memiliki aroma yang menyegarkan dan bisa mengusir nyamuk. Anda bisa menempatkan pot bunga lavender di dalam atau di luar rumah untuk mengusir nyamuk. Selain itu Anda juga dapat menghancurkan dan mengoleskannya ke bagian tubuh maupun meneteskannya ke bantal atau sprei.

3. Gunakan Minyak Kayu Manis

pinterest.com

Minyak kayu manis memiliki aroma yang menyenangkan dan bisa mengusir nyamuk. Campurkan beberapa tetes minyak kayu manis ke dalam air dan semprotkan ke sudut-sudut rumah yang sering didatangi nyamuk.

4. Gunakan Minyak Thyme

pinterest.com

Aroma kuat yang dimiliki minyak thyme bisa membantu Anda mengusir nyamuk. Caranya, campurkan beberapa tetes minyak thyme ke dalam air dan semprotkan ke sudut-sudut rumah yang sering didatangi nyamuk. Selain itu dapat juga dengan menggunakan daun thyme dan membakarnya, asap yang dihasilkan efektif untuk membunuh nyamuk.

5. Coba pakai Sereh

pinterest.com

Sereh mengandung zat citronella yang efektif mengusir nyamuk. Caranya, potong sereh dan letakkan di sudut-sudut ruangan atau sekitar tempat duduk di teras atau balkon. Selain dipotong, sereh juga dapat dibakar untuk mengusir nyamuk di rumah.

6. Minyak Pohon Teh

pinterest.com

Minyak pohon teh juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk. Caranya, campurkan beberapa tetes minyak pohon teh ke dalam air dan semprotkan ke seluruh sudut ruangan.

Tips Menjaga Rumah Agar Bebas Nyamuk

Selain mengetahui apa saja bahan alami yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk, tentu yang tidak kalah penting adalah bagaimana cara menjaga agar rumah bebas nyamuk. Seperti halnya peribahasa, lebih baik mencegah dari pada mengobati juga bisa diterapkan untuk hal ini. Untuk itu, berikut beberapa tips menjaga rumah agar bebas nyamuk :

1. Menghilangkan genangan air di sekitar rumah

Nyamuk suka berkembang biak di air, jadi pastikan untuk menghilangkan genangan air di sekitar rumah. Cek selokan, botol bekas, vas bunga hingga barang bekas lainnya di sekitar rumah dan pastikan tidak ada air yang menggenang.

2. Bila memiliki kolam, pastikan airnya bergerak atau diberi ikan

Jika Anda memiliki kolam, pastikan airnya bergerak agar nyamuk tidak memiliki tempat berkembang biak. Sebab larva nyamuk hanya dapat hidup pada air yang tenang dan jernih. Anda juga bisa memasukkan ikan ke dalam kolam, ikan akan memakan telur nyamuk yang ada di air.

3. Pasar layar anti serangga di jalur masuk nyamuk

Penggunaan layar serangga juga sangat efektif untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah. Pastikan jendela dan pintu maupun lubang ventilasi terpasang layar serangga dengan baik, sehingga nyamuk tidak bisa masuk ke dalam rumah.

4. Menanam tumbuhan yang tidak disukai nyamuk

Ada beberapa jenis tumbuhan yang tidak disukai oleh nyamuk, seperti lavender, peppermint hingga lemon balm. Anda bisa menanamnya di sekitar rumah atau menggunakan pot di dalam rumah untuk mengusir nyamuk.

5. Menghilangkan semua tempat istirahat nyamuk

Nyamuk senang istirahat di tempat yang gelap dan lembab, seperti celah dinding, sudut ruangan dan benda-benda yang jarang digunakan. Pastikan untuk membersihkan dan menghilangkan tempat-tempat tersebut agar nyamuk tidak bersarang.

6. Pastikan selokan bersih dari sampah

Nyamuk juga bisa berkembang biak di selokan yang kotor dan berisi sampah. Pastikan untuk membersihkan selokan secara berkala agar tidak menjadi tempat berkembang biak nyamuk.

7. Jaga suhu di rumah agar tetap sejuk

Umumnya nyamuk akan berkembang biak pada suhu yang hangat dan lembab. Pastikan untuk menjaga suhu di dalam ruangan tetap sejuk dengan menghidupkan AC atau kipas angin, serta membuka jendela pada waktu yang tepat.