Tips Agar Kamar Mandi Selalu Wangi – Bila tidak dirawat dengan baik, kamar mandi sangat rentan untuk mengalami bau tidak sedap. Terlebih dengan kelembaban yang tinggi dan sirkulasi udara yang kurang baik maka akan semakin membuat aroma kamar mandi tidak enak dihirup. Namun tahukah Anda, ada cara yang bisa kita lakukan agar kamar mandi selalu wangi secara alami, untuk lebih jelasnya mari kita simak pembahasannya.

Tips Agar Kamar Mandi Selalu Wangi yang Mudah Dilakukan

Tidak harus selalu menggunakan parfum khusus untuk kamar mandi, beberapa kebiasaan kecil dan bahan alami dapat digunakan agar kamar mandi selalu wangi. Untuk Anda yang ingin mengusir bau tidak sedap dari kamar mandi, berikut adalah beberapa tips dan cara sederhana yang bisa dilakukan :

1. Letakkan reed diffuser di kamar mandi

pinterest.com

Reed diffuser adalah salah satu cara yang efektif untuk memberikan aroma wangi di kamar mandi. Caranya cukup mudah, yaitu dengan meletakkan diffuser di kamar mandi dan mengisinya dengan minyak esensial pilihan. Aroma wangi dari diffuser akan menyebar di udara dan membuat kamar mandi terasa lebih segar.

2. Teteskan essential oil di tissue toilet

pinterest.com

Essential oil juga bisa digunakan untuk memberikan aroma wangi di kamar mandi. Meskipun tanpa reed diffuser, Anda juga dapat meneteskan beberapa tetes essential oil pilihan ke tissue toilet sebelum digunakan. Aroma wangi dari essential oil akan menyebar di udara ketika toilet ditarik.

3. Pasang exhaust fan atau buka ventilasi

pinterest.com

Salah satu penyebab bau tidak sedap di kamar mandi adalah karena kurangnya sirkulasi udara. Oleh karena itu memasang exhaust fan atau membuka ventilasi saat sedang menggunakan kamar mandi dapat membantu mengalirkan udara segar ke dalam kamar mandi. Cara ini juga akan mengeluarkan udara yang tidak sedap keluar dari kamar mandi.

4. Usahakan menjemur handuk di luar

pinterest.com

Jika memungkinkan, hindari menjemur handuk di dalam kamar mandi. Handuk yang lembap dapat menjadi sarang bakteri dan menyebabkan bau tidak sedap di kamar mandi. Selain itu handuk yang menjadi sarang bakteri juga tidak baik untuk digunakan mengeringkan tubuh.

5. Jangan menaruh pakaian kotor di kamar mandi

pinterest.com

Sama seperti handuk, pakaian kotor juga bisa menyebabkan bau tidak sedap di kamar mandi. Usahakan untuk tidak menaruh pakaian kotor di kamar mandi.

6. Gunakan buah lemon atau soda kue

pinterest.com

Lemon dan soda kue adalah bahan alami yang bisa membantu menghilangkan bau tidak sedap di kamar mandi. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menempatkan potongan lemon atau soda kue di kamar mandi.

7. Rutin membersihkan kamar mandi

pinterest.com

Tips terakhir dan yang paling penting adalah dengan rutin membersihkan kamar mandi. Pastikan untuk membersihkan semua area kamar mandi secara teratur agar tetap bersih dan segar. Gunakan pembersih yang efektif dan pastikan untuk membilas semua area dengan air bersih setelah selesai membersihkan.

Pengharum Alami Untuk Kamar Mandi

Ruangan yang bersih dan wangi tentu akan membuat pemakainya nyaman termasuk kamar mandi. Setelah dibersihkan, umumnya kebanyakan orang memilih menggunakan parfum untuk membuat kamar mandi wangi. Akan tetapi selain beberapa bahan alami yang sudah disebutkan diatas masih ada bahan lain yang bisa digunakan sebagai parfum alami kamar mandi. Berikut beberapa rekomendasi pengharum alami untuk kamar mandi agar tetap wangi :

1. Tanaman Hias

pinterest.com

Tanaman hias seperti lavender, mint, dan aloe vera dapat memberikan aroma segar dan wangi di kamar mandi. Selain itu, tanaman hias juga dapat membantu menjaga kelembaban di kamar mandi dan memperbaiki kualitas udara.

2. Potpourri

pinterest.com

Potpourri adalah campuran bunga kering, daun, dan rempah-rempah yang digunakan sebagai pengharum alami di kamar mandi. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menempatkan potpourri di tempat yang tersembunyi di kamar mandi. Potpourri dapat memberikan aroma segar dan menyenangkan di kamar mandi.

3. Serbuk Kopi

pinterest.com

Serbuk kopi dapat digunakan untuk menyerap bau tidak sedap di kamar mandi. Anda dapat menempatkan beberapa sendok teh serbuk kopi di tempat yang tersembunyi di kamar mandi. Secara alami serbuk kopi dapat menyerap bau tidak sedap dan memberikan aroma yang menyenangkan di kamar mandi.

4. Cuka

pinterest.com

Cuka dapat digunakan sebagai pengharum alami di kamar mandi karena sifatnya yang dapat membunuh bakteri dan menghilangkan bau tidak sedap. Penggunaannya adalah dengan mencampurkan cuka dan air kemudian semprotkan di area yang diinginkan di kamar mandi.

5. Kayu Manis

pinterest.com

Kayu manis dapat memberikan aroma yang hangat dan menyenangkan di kamar mandi. Anda dapat menempatkan kayu manis di kamar mandi atau dengan menambahkan beberapa batang kayu manis ke dalam air di bak mandi. Aroma kayu manis dapat membantu membuat kamar mandi terasa lebih wangi dan hangat.