Inspirasi desain ruang olahraga di dalam rumah - Ketika tengah terjadi pandemi beberapa waktu lalu banyak orang yang menyedari pentingnya olahraga. Akan tetapi dengan banyaknya pembatasan aktivitas sosial membuat banyak pusat atau tempat olahraga berhenti beroperasi.

Dari hal tersebut munculah tren membuat ruang olahraga di rumah agar kita tetap dapat berolahraga di hunian tercinta. Tentu bila Anda penyuka aktivitas fisik dan mempunyai space tidak terpakai di rumah dapat memaksimalkannya untuk hal ini. Namun ada baiknya Anda menyimak beberapa tips dan pembahasan berikut agar ruang olahraga bisa lebih maksimal.

Tips Menghadirkan Ruang Olahraga di Rumah

Dibanding dengan ruangan lain tentu ruang olahraga mempunyai fungsi yang berbeda dan merupakan ruang tambahan dalam sebuah hunian. Untuk itu ketika Anda ingin menghadirkan ruangan ini ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Berikut beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan saat ingin membuat ruang olahraga di rumah :

1. Tentukan jenis olahraga yang ingin dilakukan

Pertama-tama, tentukan jenis olahraga yang ingin dilakukan di ruang olahraga. Apakah itu latihan kardio, latihan kekuatan, yoga, senam, treadmill atau olahraga lainnya.

2. Tentukan ukuran dan lokasi yang tepat

Ukuran dan lokasi ruang olahraga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang tersedia. Pastikan Anda memiliki cukup ruang untuk melakukan olahraga yang Anda inginkan, dan lokasi yang cukup terang dan memiliki ventilasi yang baik.

3. Pertimbangkan perlengkapan olahraga

Pertimbangkan jenis dan jumlah perlengkapan olahraga yang diperlukan, seperti matras yoga, bola latihan, barbel, treadmill, dan sebagainya. Pastikan juga Anda memiliki cukup ruang untuk menyimpan semua perlengkapan olahraga tersebut.

4. Pilih peralatan yang berkualitas baik

Jangan ragu untuk mengeluarkan sedikit lebih banyak uang untuk peralatan olahraga yang berkualitas, karena akan memberikan keamanan dan kenyamanan yang lebih baik dalam jangka panjang.

5. Beri fokus pada pencahayaan

Ruang olahraga harus memiliki pencahayaan yang cukup, terutama jika Anda ingin melakukannya pada malam hari. Pastikan Anda memilih lampu dengan kecerahan yang sesuai.

6. Atur suhu ruangan

Pastikan ruang olahraga memiliki suhu yang nyaman dan tidak terlalu dingin atau panas. Jika suhu ruangan terlalu panas, pertimbangkan untuk memasang kipas angin atau AC.

7. Buat suasana yang menyenangkan

Anda dapat menambahkan musik, televisi, atau dekorasi yang menyenangkan untuk membuat suasana yang menyenangkan dan menyegarkan saat berolahraga. Hal ini juga akan meningkatkan mood Anda dalam berolahraga.

Inspirasi Desain Ruang Olahraga di Rumah

Setelah mempertimbangkan beberapa tips tersebut dan dirasa dapat menghadirkan ruang tersebut di rumah tentu Anda bisa mulai mencari rekomendasi desain yang cocok. Untuk itu berikut beberapa rekomendasi atau inspirasi desain ruang olahraga di rumah yang bisa membuat olahraga semakin nyaman :

1. Ruang pilates mini di rumah

pinterest.com

Ada ruang kosong di rumah manfaat saja untuk menjadi ruang pilates mini, Anda dapat memasang cermin pada salah satu bagian dinding agar terasa lebih luas. Cermin tersebut juga dapat membantu Anda untuk memantau tubuh selama berolahraga. Tambahkan pula rak atau tempat khusus untuk menaruh bola pilates, barbel hingga alas atau matrasnya.

2. Tempat gym sederhana di rumah

pinterest.com

Anda penyuka fitnes juga dapat memanfaatkan ruang kosong di rumah untuk menjadi ruang gym sederhana. Pastikan penataan alat-alat gym seperti treadmill, sepeda statis, barbel dan lainnya agar tidak menghalangi gerakan Anda. Sebaiknya gunakan peralatan yang sesuai dengan ukuran ruangan saja.

3. Ruangan yoga yang relaks

pinterest.com

Dengan peralatan yang minimalis membuat yoga dapat dilakukan di ruang mana saja. Namun untuk memberikan suasana tenang Anda dapat menambahkan minyak aromaterapi dan pendingin ruangan agar yoga bisa lebih fokus dan rileks.

4. Area berlari dan bersepeda dalam ruangan

pinterest.com

Berlari dan bersepeda kini juga dapat dilakukan di dalam ruangan menggunakan treadmill dan sepeda statis. Anda juga dapat menambahkan televisi dan pemutar musik agar olahraga semakin menarik, jangan lupa juga handuk untuk menyeka keringat yang bercucuran.

5. Kolam renang mungil di halaman rumah

pinterest.com

Ada lahan kosong di halaman rumah dan suplai air yang lancar, manfaatkan saja untuk membuat kolam renang mini. Meskipun berukuran kecil namun Anda bisa memaksimalkan renang dengan menggunakan sistem swin jet atau overflow untuk menghasilkan arus air yang kuat.

6. Ruangan olahraga untuk basket dan panjang dinding

pinterest.com

Meskipun tergolong mewah, namun bila Anda mempunyai ruangan dan dana yang memadai boleh saja membuat ruangan ini. Meskipun tidak seluas dan setinggi ukuran aslinya namun kehadirannya di rumah bisa membuat aktivitas olahraga Anda semakin menarik.

7. Tempat golf mini di dalam rumah

pinterest.com

Golf tidak harus selalu dilakukan di ruangan yang luas, Anda dapat melakukannya di dalam rumah juga. Gunakan rumput sintetis, net berbentuk gawang hingga mural tempel bergambar lapangan golf bisa membuat suasana semakin hidup. Pastikan Anda masih mempunyai cukup ruang untuk menyimpan peralatan golf.