Tips dan Ide Ruang Gudang Minimalis di Rumah – Seiring perkembangan zaman dengan terbatasnya lahan, banyak yang lebih menggemari desain rumah minimalis. Kelebihan dari desain rumah ini adalah penataan ruangnya yang sederhana dan efisien, karenanya penyimpanan barangnya harus disusun sedemikian rupa.

Akan tetapi bila barang-barang di dalamnya terlalu banyak maka tetap akan tidak enak dipandang. Salah satu solusinya yaitu dengan membuat ruang gudang minimalis dimana Anda dapat mengumpulkan dan menyimpan barang-barang baik yang masih dipakai maupun tidak. Lantas bila Anda ingin membuat ruang gudang minimalis, apa saja yang harus diperhatikan?

Tips Membuat Ruang Gudang Minimalis yang Efisien

Sesuai dengan namanya, tentu gudang yang satu ini harus dibuat seminimalis mungkin, pastikan setiap sudut ruangannya dipakai dengan maksimal. Untuk memaksimalkannya, pastikan Anda memperhatikan mulai dari tata letak hingga penyusunannya namun tidak mengganggu aktivitas di dalamnya. Untuk itu perhatikan beberapa tips berikut ketika ingin membuat gudang minimalis :

1. Buat Rancangan Gudang Rumah Minimalis

Sebelum membangun gudang rumah minimalis, pastikan Anda sudah membuat rancangannya terlebih dahulu. Rancangan tersebut haruslah disesuaikan dengan ukuran ruang gudang dan juga kebutuhan penyimpanan barang yang dimiliki. Pastikan pula rancangan tersebut memperhatikan aspek keamanan dan kenyamanan saat mengakses atau mengambil barang di dalam gudang.

2. Menentukan Area Gudang Rumah Minimalis

Langkah selanjutnya adalah menentukan area gudang rumah minimalis yang tepat. Anda bisa memilih area yang mudah diakses dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebaiknya area gudang ditempatkan di ruangan terpisah, misalnya di bawah tangga atau di belakang dapur.

3. Susun Barang Sesuai Kategorinya

Untuk memaksimalkan ruang penyimpanan, susun barang-barang dalam gudang berdasarkan kategori atau jenis. Misalnya, barang-barang yang sering digunakan ditempatkan pada rak yang mudah dijangkau, sedangkan barang-barang yang jarang digunakan bisa ditempatkan pada rak yang lebih tinggi.

Gunakan label atau kode warna untuk mempermudah identifikasi barang di dalam gudang. Jangan lupa juga untuk memberikan jalan atau akses yang cukup di antara rak-rak barang, sehingga mempermudah aktivitas di dalam gudang dan meminimalisir risiko kecelakaan.

Rekomendasi Ide Ruang Gudang Minimalis Untuk Dicoba

Dengan terbatasnya lahan, ruang gudang pada rumah minimalis tidak selalu harus berbentuk ruang tersendiri. Namun Anda juga dapat memanfaatkan sudut-sudut ruangan tertentu yang tidak terpakai dan mengganggu aktivitas. Berikut adalah beberapa rekomendasi ide untuk ruang gudang pada hunian minimalis Anda :

1. Gudang dengan Compact Furniture

pinterest.com

Belakangan ini semakin banyak orang yang mengikuti tren manaruh barang-barangnya di bawah kasur atau di balik tembok. Namuan mereka tidak sembarangan menaruhnya, akan tetapi menggunakan compact furniture. Hal ini dilakukan untuk membuat gudang minimalis versi mereka sendiri.

Kini telah banyak furniture seperti lemari, sofa, ranjang dan sebagainya yang dibuat juga untuk dapat menyimpan barang-barang di dalamnya. Untuk jenis rumah minimalis tentu ini menjadi ide yang cocok diterapkan. Dengan begitu rumah Anda akan lebih terlihat rapi, bersih dan elegan.

2. Gudang di Ruangan Kecil

pinterest.com

Hunian Anda masih mempunyai ruangan kecil di dalamnya, gunakan saja ruangan tersebut untuk menjadi gudang atau tempat penyimpanan yang efisien. Untuk memberikan kesan yang lebih estetik Anda bisa mengecatnya menggunakan warna putih. Tambahkan pula rak atau wadah untuk menyimpan barang-barang Anda.

3. Gudang Minimalis di Basement

pinterest.com

Hunian Anda dilengkapi dengan ruang bawah tanah atau basement, kenapa tidak dimanfaatkan saja menjadi gudang atau ruang penyimpanan. Dibandingkan tidak digunakan, tentu lebih baik basement dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang seperti perkakas, perabotan hingga mainan anak. Bila ruang basement tidak terlalu luas maka sebaiknya Anda memilah barang-barang tersebut lebih dulu.

4. Gudang Minimalis di Loteng

pinterest.com

Tidak hanya basement, loteng rumah juga dapat dimanfaatkan sebagai gudang minimalis. Untuk membuatnya terlihat lebih modern Anda dapat mengecatnya dan menambahkan rak kayu yang berwarna cerah. Pastikan untuk rutin memberihkan loteng dari debu-debunya, terlebih bila Anda menaruh barang seperti pakaian dan sepatu yang masih terpakai.

5. Gudang di Bawah Tangga

pinterest.com

Area lainnya yang bisa kita manfaatkan menjadi gudang minimalis adalah di bawah tangga. Dibanding mengosongkannya begitu saja, akan lebih baik untuk memanfaatkannya menjadi ruang penyimpanan yang unik dan minimalis. Untuk memaksimalkan ruang di bawah tangga pastikan Anda juga menggunakan desain tangga yang minimalis pula.