pexels.com

Drainase Modern dengan Membuat Sumur Resapan pada Rumah – Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan istilah sumur resapan. Namun mungkin tidak semua tahu apa manfaat dan bagaimana cara membuatnya. Bila Anda belum memahami tentang jenis sumur yang satu ini, mari kita simak pembahasan berikut.

Manfaat Drainase Modern dengan Membuat Sumur Resapan pada Rumah

Sumur resapan menjadi salah satu cara untuk mengelola air hujan yang jatuh pada permukaan tanah. Sumur resapan berfungsi untuk menampung air hujan dan menyimpannya di dalam tanah dan menjadi teknologi sederhana untuk mengembalikan keseimbangan air tanah. Air yang tertampung kemudian dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti :

1. Meminimalisir genangan air ketika hujan

Salah satu manfaat utama dari sumur resapan adalah dapat meminimalisir genangan air hujan pada permukaan tanah. Air hujan yang jatuh pada permukaan tanah dapat menyebabkan genangan air yang berbahaya dan mengganggu aktivitas manusia, seperti kendaraan yang terjebak di genangan air. Dengan adanya sumur resapan, air hujan akan terserap ke dalam tanah dan tidak menggenangi permukaan tanah.

2. Mengurangi risiko banjir

Sumur resapan juga dapat membantu mengurangi risiko banjir. Dengan menyerap air hujan ke dalam tanah, maka air hujan tidak akan mengalir ke saluran drainase atau sungai dengan jumlah yang besar. Hal ini tentu akan mengurangi risiko terjadinya banjir.

3. Menambah cadangan air tanah

Air yang disimpan di dalam sumur resapan dapat meresap ke dalam tanah dan menjadi cadangan air tanah. Cadangan air tanah ini sangat penting untuk memenuhi kebutuhan air manusia dan keperluan pertanian. Dengan menambah cadangan air tanah, maka dapat memperpanjang masa hidup sumber air tanah dan mencegah terjadinya penurunan permukaan air tanah.

4. Menampung air bersih guna kebutuhan rumah tangga

Air yang disimpan di dalam sumur resapan juga dapat digunakan sebagai sumber air bersih untuk keperluan rumah tangga. Biasanya air ini memiliki kualitas yang cukup baik dan dapat diolah lebih lanjut untuk menjadi air minum yang layak.

5. Dapat dijadikan sumber air untuk irigasi pertanian

Selain untuk keperluan rumah tangga, air yang disimpan di dalam sumur resapan juga dapat digunakan sebagai sumber air untuk irigasi pertanian. Dengan memanfaatkan air hujan yang disimpan di dalam sumur resapan, maka dapat mengurangi ketergantungan pada sumber air permukaan yang terbatas dan menjamin keberlanjutan pertanian.

6. Menjaga kelembaban tanah di sekitarnya

Kelembaban tanah juga akan terjaga dengan adanya sumur resapan di sekitarnya. Air yang disimpan di dalam sumur resapan akan terserap ke dalam tanah dan menjaga kelembaban tanah. Kelembaban tanah menjadi faktor yang cukup penting untuk pertumbuhan tanaman dan menjaga kestabilan permukaan tanah.

Kriteria Lokasi dan Cara Membuat Sumur Resapan

Sumur resapan bekerja dengan cara menampung air hujan yang jatuh pada permukaan tanah dan menyimpannya di dalam tanah. Bagian sumur ini terdiri dari lubang atau sumur dangkal yang diisi dengan material poros, seperti kerikil, batu, atau bahan lain yang memungkinkan air hujan meresap ke dalam tanah. Cara kerja sumur resapan sendiri adalah sebagai berikut :

  • Air hujan jatuh pada permukaan tanah dan mengalir ke dalam sumur resapan.
  • Selanjutnya material poros akan menyerap air hujan yang ada di dalam sumur resapan.
  • Barulah kemudian air hujan akan meresap ke dalam tanah dan menjadi cadangan air tanah atau mengalir ke sungai atau saluran drainase di sekitar sumur resapan.

Lokasi yang tepat untuk membuat sumur resapan adalah pada tempat yang sering terjadi genangan air hujan atau banjir, seperti di halaman rumah atau lahan pertanian. Setidaknya ada beberapa kriteria sebuah lahan atau lokasi dapat dibuat sumur resapan, berikut adalah beberapa kriterianya :

  • Lahan datar yang tidak curam atau labil dan bukan lereng.
  • Minimal berjarak 5 meter dari tempat penimbunan sampah atau septic tank dan 1 meter dari pondasi bangunan.
  • Mempunyai kedalaman maksimal 2 meter di bawah permukaan air tanah.
  • Struktur tanahnya mampu menyerap minimal 2 cm tiap jamnya.
  • Bisa berbentuk segi empat atau silinder.

Setelah Anda tahu dan menemukan lokasi yang tepat untuk membuat sumur resapan barulah kita dapat membuat sumur tersebut. Untuk cara membuat sumur resapan sendiri langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Buatlah lubang dengan diameter 80 – 100 cm sedalam 1,5 meter.
  • Untuk struktur dinding sumur dibangun menggunakan buis beton, pasangan bata kosong maupun pasangan batu kosong.
  • Untuk mengalirkan air hujan ke sumur buatlah saluran inlet menggunakan pipa paralon.
  • Selanjutnya buatlah saluran water outlet agar tampungan air yang berlebihan dapat dialirkan ke parit atau selokan. Pastikan pipa pembuangan ketinggiannya lebih dari permukaan air selokan.
  • Gunakan koral setebal 15 cm untuk melapisi lantai sumur.
  • Tutup bagian atas sumur resapan menggunakan plat beton setebal 10 cm dan lapisi dengan tanah.

Dalam membuat sumur resapan, pastikan untuk mengikuti standar keamanan dan keselamatan kerja yang berlaku. Jika Anda tidak yakin dengan cara membuat sumur resapan, sebaiknya meminta bantuan ahli atau petugas yang berpengalaman. Dengan begitu sumur resapan dapat berfungsi dengan maksimal.