Furnitur Multifungsi Untuk Rumah Minimalis – Menghuni apartemen atau rumah minimalis terkadang membuat kita pusing dengan ruang yang terbatas. Hal ini membuat kita tidak bisa menaruh banyak furnitur karena akan memperparah keadaan.

Untungnya seiring perkembangannya kini telah hadir furnitur multifungsi untuk mengatasi masalah tersebut. Jenis furnitur ini memang dirancang untuk hunian minimalis, lantas bagaimana trik dalam memilih perabotan multifungsi ini?

Trik Memilih Furnitur Multifungsi Untuk Rumah Minimalis

Cara Menyiasati Rumah Minimalis Agar Terlihat Luas dengan Furnitur Multifungsi
Cara Menyiasati Rumah Minimalis Agar Terlihat Luas dengan Furnitur Multifungsi

Ada baiknya sebelum Anda membeli furnitur multifungsi ini untuk mengetahui tips dan trik dalam memilihnya lebih dulu. Dengan begitu Anda bisa membeli furnitur yang tepat, untuk itu berikut adalah tips dan trik memilih furnitur multifungsi untuk hunian minimalis :

1. Perhatikan Fungsi Furnitur

Umumnya model furnitur multifungsi akan mempunyai banyak fungsi seperti sofa bed yang dapat difungsikan sebagai kursi dan kasur. Selain itu ada pula rak buku yang dapat digunakan pula sebagai sekat ruangan. Perhatikan kondisi hunian Anda untuk memilih furnitur yang tepat.

2. Pilih Warna yang Terang

Fungsi furnitur yang satu ini juga mampu mengubah ruangan yang sempit terasa luas. Anda dapat memilih furnitur dengan warna netral seperti cokelat, putih hingga cream karena sifatnya yang memantulkan sinar matahari dan lampu ke seluruh ruangan.

3. Gunakan Model Furnitur yang Minimalis

Untuk memberikan kesan aesthetic Anda juga sebaiknya memilih furnitur multifungsi dengan model minimalis. Umumnya jenis furnitur ini mempunyai model yang cukup ramping, contohnya seperti troli dapur yang bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan hingga meja untuk menyiapkan bahan makanan.

4. Sesuaikan dengan Tema Interior Rumah

Agar semakin menambah kesan menawan pastikan Anda memilih furnitur yang sesuai dengan tema interior hunian. Contohnya untuk ruang keluarga dengan desain modern bisa menggunakan meja sisi dan kursi beraksen emas. Gunakan pula meja yang dibuat dari besi kokoh dengan permukaan yang terbuat dari marble.

Rekomendasi Furnitur Multifungsi Untuk Hunian Minimalis

Setelah mengetahui beberapa tips dan trik dalam memilih furnitur multifungsi, Anda juga harus tahu jenis furnitur apa saja yang bisa membuat hunian minimalis kian menawan. Sebagai rekomendasi untuk Anda, berikut beberapa rekomendasi furnitur multifungsi untuk hunian minimalis :

1. Kitchen Set

Dengan ruang yang terbatas, umumnya area dapur akan menggunakan kitchen set yang terdiri dari meja konter, kabinet bawah hingga backsplash dan cooker hood yang menjadi satu kesatuan. Pilih pula tempat penyimpanan multi fungsi yang dapat digunakan untuk menyimpan bahan makanan dan peralatan memasak, dengan begitu dapur Anda akan selalu rapi.

2. Rak Gantung Vertikal

Jenis rak ini berfungsi untuk menyimpan berbagai benda mulai dari dekorasi, koleksi pribadi hingga tanaman hias. Pilihlah rak gantung yang berfungsi juga sebagai tempat menggantung sesuatu agar dapat digunakan untuk menggantung barang-barang.

3. Storage Sofa

Sofa menjadi salah satu perabotan yang harus ada di setiap hunian termasuk hunian minimalis. Umumnya sofa mempunyai ukuran yang cukup besar sehingga akan memakan banyak ruang, karenanya disini Anda harus memilih sofa multifungsi. Selain berfungsi sebagai tempat duduk, pastikan sofa juga dapat digunakan untuk menyimpan benda atau barang.

Jenis sofa storage untuk hunian minimalis umumnya bantalannya bisa dibuka dengan ruang penyimpanan yang cukup luas. Pastikan hunian minimalis Anda mempunyai furnitur yang satu ini agar tidak ada barang atau benda berceceran.

4. Meja Multifungsi

Selain sofa, meja di hunian minimalis juga haruslah multifungsi dengan tujuan yang sama yaitu menghemat ruang. Selain digunakan untuk fungsi meja seperti menulis, makan, mengerjakan tugas, dll sebaiknya meja multifungsi juga dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan. Dengan begitu selain sofa, meja multifungsi ini juga dapat digunakan untuk menyimpan sesuatu.

5. Lemari Penyimpanan di Tangga

Memiliki hunian yang minimalis bukan berarti Anda tidak dapat membuat interio rumah yang tampak rapi dan lapang. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah memilih furnitur yang umumnya memakan banyak ruang seperti lemari yang bisa digunakan untuk multifungsi.

Disini Anda bisa menggunakan lemari penyimpanan yang ada di bawah tangga. Furnitur yang satu ini menjadi salah satu solusi kreatif untuk menyiasati keterbatasan lahan di rumah atau hunian minimalis. Umumnya di sebuah hunian area ini menjadi ruang yang tidak terpakai, namuan di hunian minimalis Anda harus memaksimalkan area ini.

Demikianlah mengenai cara menyiasati rumah minimalis agar terlihat luas dengan furnitur multifungsi. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan sahabat Arsitur semuanya.