Pengertian Kontruksi Tujuan, Keunggulan, Dan Berbagai Jenisnya - Mungkin jika mendengar kata Konstruksi, tentu sudah tidak asing lagi, bukan mendengar. Namun, tahukah Anda dengan jelas apa yang dimaksud dengan konstruksi ini? 

Nah, mengenai hal ini, Anda tidak perlu pusing dan bingung. Dimana disini anda bisa melihat dengan jelas apa pengertian konstruksi menurut para ahli dan berbagai informasi lain yang tersedia sebagai berikut.



Pengertian Konstruksi

Walaupun sudah tidak asing lagi ditelinga anda, anda juga harus bisa mengetahui dengan jelas pengertian dari konstruksi ini, terutama mengenai pengertian konstruksi menurut para ahli agar anda tidak salah informasi. Jadi, berdasarkan KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, konstruksi ini merupakan model atau tata letak suatu bangunan, seperti rumah, jembatan dan lain-lain.

Sedangkan definisi lainnya dikutip dari website kami dimana konstruksi adalah salah satu kegiatan dalam membangun sarana atau prasarana. Dalam arsitektur, konstruksi juga dikenal sebagai bangunan atau unit infrastruktur di suatu kawasan atau beberapa kawasan. 

Untuk itu jika kita rangkum kembali konstruksi ini dapat diartikan sebagai salah satu keseluruhan objek bangunan yang nantinya akan terdiri dari bagian-bagian struktural.

Sebagai contoh misalnya konstruksi struktural suatu bangunan, yaitu bentuk atau bangunan secara keseluruhan yang terdapat dalam struktur bangunan. Adapun contoh lainnya yaitu pembangunan jalan, jembatan, kapal dan lain-lain.

Tujuan Konstruksi

Seperti yang sudah anda lihat diatas, dimana konstruksi ini merupakan kegiatan dalam membangun sarana dan prasarana. Sehingga dapat dikatakan bahwa tujuan dari pembangunan ini adalah agar para pengusaha yang bergerak di bidang ini dapat membangun dan merancang dengan baik apa yang ingin dibangun seperti gedung, jembatan, jalan raya dan lain sebagainya dengan tujuan agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Tidak hanya itu, di dalam tujuan tentunya juga terdapat yang namanya fungsi manajemen konstruksi yang meliputi hal-hal seperti:

·         Perencanaan
·         Mengorganisasi
·         Penempatan orang
·         Mengarahkan
·         Mengontrol

Jenis Konstruksi

Kalau membahas informasi tentang arti dan tujuannya, tentu kurang lengkap bukan? Sekarang di sini Anda juga bisa melihat apa saja jenis konstruksinya.

Konstruksi Gedung

Yang pertama adalah konstruksi bangunan, yang merupakan konstruksi yang sering kita dengar bukan? Nah pembangunan gedung ini biasanya terjadi di semua kota besar, dimana pembangunan ini dimulai dari pembangunan fasilitas umum hingga pembangunan lainnya. 

Untuk pembangunan gedung ini biasanya para arsitek dan insinyur sipil akan merencanakannya secara langsung, sedangkan untuk material yang dibutuhkan nantinya tentunya akan lebih ditekankan pada aspek arsitektural.

Konstruksi Jalan

Konstruksi Jalan adalah jenis konstruksi yang secara khusus mengurusi proyek jalan untuk kebutuhan transportasi darat, mulai dari struktur pondasi jalan, urugan hingga lapisan penutup jalan seperti yang sering kita kenal yaitu aspal.

Secara perhitungan, item pekerjaan konstruksi jalan memang lebih sedikit dibandingkan konstruksi gedung, namun dalam perkembangannya, sistem konstruksi jalan juga berkaitan dengan drainase jalan, selokan dan gorong-gorong serta pembuatan marka jalan.

Konstruksi Teknik

Rekayasa konstruksi ini merupakan suatu konstruksi yang nantinya melibatkan struktur-struktur yang telah direncanakan atau dirancang secara khusus oleh para ahli agar nantinya dibuat dapat memenuhi kebutuhan masyarakat terutama yang berhubungan langsung dengan infrastruktur. Untuk itu, jenis konstruksi ini akan dibagi lagi menjadi 2 bagian, yaitu konstruksi berat dan konstruksi jalan.

Jadi, pembangunan jalan adalah proyek yang akan meliputi penggalian, penimbunan, kemudian pengerasan jalan hingga pembangunan jembatan dan struktur drainase. Pembangunan jalan ini biasanya akan direncanakan langsung oleh dinas pekerjaan umum setempat.

Adapun konstruksi berat yaitu mengenai proyek-proyek utilitas di suatu negara yang meliputi pembangunan atau pembangunan jaringan pipa, bendungan, jalur transportasi, transportasi udara dan lain-lain. Jadi, pembangunan seperti ini biasanya akan dibiayai langsung oleh pemerintah atau kerja sama swasta dengan pemerintah.

Konstruksi Industri

Yang terakhir adalah konstruksi industri. Dimana pembangunan industri ini biasanya meliputi proyek-proyek yang memerlukan spesifikasi dan persyaratan khusus, seperti industri berat atau industri dasar, nuklir, kilang minyak, pertambangan dan lain-lain. Tidak hanya itu, perencanaan dan pelaksanaannya juga membutuhkan keahlian, ketelitian dan teknologi yang memadai dan spesifik.

Keunggulan Konstruksi Baja

Dilansir dari kami, berikut alasan dan kelebihan mengapa baja menjadi material yang banyak digunakan dalam konstruksi di seluruh dunia:

Bahan Tahan Api

Banyak bisnis dan pemilik rumah juga menyukai baja tahan api. Jadi, bahan ini tidak akan menjadi penghambat api jika terjadi kebakaran.

Baja Dapat Didaur Ulang

Dengan keunggulan tersebut, baja merupakan material yang ramah lingkungan. Nyatanya tidak banyak logam yang bisa didaur ulang. Dan baja adalah salah satu benda khusus yang dapat didaur ulang untuk digunakan kembali. Proses ini tidak merusak atau melemahkan baja, bahkan dapat menjadikannya bahan yang ideal untuk digunakan kembali secara terus menerus.

Lebih Ringan Saat Digunakan

Struktur baja bisa jauh lebih ringan daripada beton. Hal ini dapat membantu dalam mengurangi dampak lingkungan dari bangunan. Bahan yang lebih sedikit dan lebih ringan berarti lebih banyak keuntungan.  

Demikian ulasan artikel tentang Pengertian Kontruksi Tujuan, Keunggulan, Dan Berbagai Jenisnya. Semoga bermanfaat.