Lantai telah menjadi salah satu bagian interior yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah bangunan. Hal ini karena mengingat fungsi utama dari lantai yakni untuk memberikan rasa nyaman terhadap pijakan kaki.

Lantai tak hanya bisa memberi rasa nyaman, penggunaan lantai juga akan menambah nilai estetika pada sebuah bangunan. Ada banyak sekali jenis-jenis material lantai yang tersedia, dimana setiap jenis  tampil dengan bahan dan karakteristik tersendiri.

Kali ini, kita akan mengupas tuntas seputar jenis lantai kayu dan bahannya. Lantai kayu menawarkan tampilan alas bangunan yang mana bisa dipadupadankan dengan berbagai gaya interior. 

Pengertian Lantai Kayu

Lantai kayu disebut juga dengan istilah parket. Lantai kayu adalah lantai dengan material yang terdiri dari kumpulan kepingan kayu. Sebelum benar-benar menjadi lantai, kayu-kayu telah melalui proses penge-presan, sehingga akan terbentuklah potongan atau lembaran papan yang mana siap diaplikasikan menjadi lantai rumah.

Melihat dari segi material atau bahannya, maka lantai kayu ini telah dibedakan pula kedalam dua tipe yang berbeda, yakni lantai kayu solid dan lantai kayu sintetis (kayu olahan). Lantai kayu solid ini merupakan jenis lantai kayu yang terdiri lagi dalam dua tipe berbeda, yaitu lantai kayu indoor dan lantai kayu outdoor (decking).

Jenis Lantai Kayu

Berikut ini penjelasan pada setiap jenis lantai kayu seperti berikut :

1. Lantai Kayu Solid Indoor

Sesuai dengan namanya, parket solid ini merupakan jenis lantai kayu yang terbuat dari bahan kayu asli alias kayu utuh tanpa adanya campuran material lain. Hal ini, membuat daya tahannya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Selain telah unggul dari tingkat kekuatan, penggunaan parket solid juga akan menghadirkan nuansa yang lebih mewah, elegan, dan natural. Lantai kayu solid indoor ini bisa di aplikasikan pada berbagai ruangan, mulai dari ruang tamu, kamar tidur, dan lainnya.

Namun, lantai kayu solid dinilai tidak cocok jika dipasang di area dapur dan kamar mandi. Hal ini karena, kedua area tersebut mempunyai tingkat kelembapan yang lebih tinggi, sehingga lantai kayu akan rentan terhadap pertumbuhan jamur serta pelapukan kayunya.

2. Lantai Kayu Solid Outdoor (Decking)


Jika lantai kayu parket solid indoor biasa digunakan diruang tamu atau kamar, maka  lantai parket outdoor atau decking ini lebih cocok diaplikasikan di taman, halaman, balkon, rooftop, jembatan, hingga pinggiran kolam renang.

Karena, decking mempunyai karakteristik yang tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim serta kelembapan tinggi. Itu sebabnya, mengapa produk decking juga seringkali akan di aplikasikan di area kamar mandi. 

Namun, tidak semua jenis kayu cocok dijadikan sebagai bahan baku untuk jenis lantai decking. Bahan baku yang cocok digunakan biasanya kayu Ulin, kayu Keruning, kayu Bengkirai, kayu Merbau 

3. Lantai Kayu Rekayasa


Lantai kayu rekayasa mempunyai dua atau lebih lapisan kayu. Lapisan ini selanjutnya disatukan untuk membentuk sebuah papan. Biasanya, alas bangunan ini akan menggunakan lapisan tipis yang disebut sebagai lamella, dari bahan kayu yang mempunyai harga yang lebih mahal. Lapisan ini selanjutnya akan diikatkan ke sebuah inti yang nantinya terbuat dari kayu yang bahannya cenderung mempunyai harga yang  lebih murah.

Stabilitas alas bangunan ini akan menjadikannya produk universal yang mana bisa dipasang di atas berbagai pondasi bangunan. Tak hanya itu, lantai ini juga merupakan alas bangunan yang umum digunakan di rumah-rumah di Eropa dan Amerika.

Manfaat Lantai Kayu

Setelah mengenal berbagai jenis lantai kayu, berikut ini beberapa manfaat yang akan didapatkan dari penggunaan lantai kayu.

1. Tampilan Rumah Menjadi Unik

Lantai kayu tidak hanya akan menambahkan sentuhan yang unik dan anggun pada rumah, namun lantai kayu pun akan memberikan kesan yang sedikit hangat pada rumah. 

2. Perawatan Yang Terjangkau dan Mudah Dibersihkan

Merawat lantai kayu ternyata tidak sulit. Karena lantai kayu dapat disapu, dibersihkan dengan kain pel yang setengah basah, atau anda pun bisa membersihkannya dengan menggunakan penyedot debu. 

3. Kuat dan Tahan Lama

Menjadi tahan lama merupakan salah satu alasan utama mengapa banyak orang yang memilih untuk menggunakan lantai kayu  untuk menambah interior pada rumah mereka. Hal ini karena mempunyai daya tahan yang lebih lama. 

Lantai kayu bisa tergores atau penyok, namun kedua hal itu tidak dengan mudah terjadi. Sehingga anda pun bisa  merawat lantai kayu dengan benar, maka permukaan lantai kayu pun  dapat bertahan selama beberapa dekade.

Demikian mengenai lantai kayu dan jenisnya, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.