Dapur menjadi hal yang penting dalam rumah. Selain untuk memasak, terkadang interior dapur menjadi tempat berkumpul keluarga.

Untuk bisa mengetahui apa saja jenis dan fungsi interior dapur, berikut kami jabarkan penjelasannya. 

Definisi Dapur 

Interior Dapur yang merupakan salah satu ruangan wajib ada di sebuah rumah. Jika dilihat dari fungsinya, dapur semakin berkembang.  

Pasalnya, dapur menjadi ruang yang sering dikunjungi selain untuk memasak dapur juga bisa digunakan atau sekedar mengobrol dengan keluarga. Banyak pula rumah minimalis yang dipilih oleh masyarakat sebagai hunian yang nyaman.  Hal ini juga yang membuat para desainer interior dapur mulai memberikan ide untuk dapur mini.

Fungsi Dapur

Kini, dapur tak hanya sebagai tempat membuat makanan semata, namun nilai dari ruangan dapur semakin meningkat karena fungsi dapur kinj juga merangkap sebagai pengikat hubungan dalam keluarga.

Tak peduli luas atau kecil, anda selalu bisa menyulap dapur di rumah dengan berbagai konsep interior dapur cantik agar keluarga pun semakin betah saat berada di dapur.

Namun, hal apa yang membuat dapur jadi idola baru di rumah?

1. Merilekskan pikiran dan tubuh 

Makanan tidak hanya akan memberikan energi tambahan untuk tubuh, namun juga untuk pikiran serta hati. Tanpa asupan makanan, maka seseorang tidak akan bisa bertahan hidup. Ruang interior dapur akan menyediakan tempat untuk menyimpan dan mengolah makanan yang sehari -hari kita konsumsi.

Kita tentu saja ingin anak dan keluarga bisa hidup dengan sehat dan terhindar dari bahaya makanan di luaran, memasak makanan sendiri menjadi alternatif yang baik untuk menjaga kesehatan.

2. Bisa melakukan kegiatan menyenangkan bersama keluarga

Interior dapur mewah tidak hanya bisa dilakukan untuk memasak, namun  juga menjadi ruang yang pas untuk bisa menghabiskan waktu menyenangkan bersama keluarga dan orang-orang tersayang. 

3. Dipakai oleh seluruh keluarga

Setiap keluarga memiliki ruang favoritnya sendiri, namun interior dapur akan selalu menjadi ruang yang dipakai oleh seluruh anggota keluarga.

4. Salah satu ruang penentu

Interior dapur mewah seringkali menjadi penentu harga jual dan harga beli dari sebuah rumah. Ruangan dapur yang menyenangkan akan membuat aktivitas memasak menjadi menyenangkan sementara aktivitas memasak yang menyenangkan mampu meningkatkan rasa semangat siapapun yang berada di dalamnya.

Jenis dan Desain Interior Dapur Minimalis

Untuk membuat interior dapur lebih nyaman, Anda juga bisa mendesain dapur dengan interior dapur minimalis dan modern. Berikut ini beberapa penjelasan jenis interior dapur yang bisa anda pakai untuk rumah anda.

1. Desain Dapur Klasik Modern


Desain yang satu ini akan menunjukkan pada Anda perpaduan antara interior lama dan interior baru. Anda pu bisa menggunakan lemari built-in yang mana bisa dikombinasikan dengan aksen kayu untuk storage kabinet. Sehingga, menciptakan desain interior dapur minimalis yang lebih estetik dan cantik.

2. Dapur Ala Rumah Perkotaan


Desain dapur ini akan membawa Anda ke dalam konsep rumah di tengah kota. Interior dapur ini menggunakan kabinet marmer yang khas. Dapur ini juga sangat cocok untuk anda yang suka interior dapur gaya modern. Bagian storage kabinet dengan atas terbuka, sebagai suatu area penyimpanan barang-barang yang diperlukan di dapur.

3. Interior Dapur Style California


Desain interior dapur yang satu ini menunjukan interior dapur yang sederhana atau seperti style natural ala California. Jenis dapur ini akan dipenuhi oleh kabinet atas yang mana beraksen kayu dan kabinet bawah marmer putih. Hal ini pula yang akan membuat desain interior dapur menjadi sangat elegan. Anda pun juga bisa menambah meja bar yang mana dipadukan dengan tone warna putih pada dapur. Tentunya desain interior dapur ini akan terlihat lebih fresh dan menarik.

4. Interior Dapur Style Apartment Chicago


Memilih desain interior dapur dengan gaya apartemen chicago sangat bagus untuk rumah bergaya minimalis. Desain dapur ini juga menggunakan palet warna hitam, putih, dan abu-abu yang saling menyatu. Ditambah dengan kabinet custom built-in yang menawan dan space yang ada di setiap kabinet. Semua itu nantinya akan membuat desain interior dapur ini terlihat lebih fungsional dan intens.

5. Desain Interior Dapur Showcase


Desain interior dapur mewah yang satu ini tentu saja menunjukkan furniture yang mewah dengan tampilan storage yang esktra. Seperti sebuah showcase, desain interior dapur ini akan membawa Anda ke dalam restoran bintang lima. Anda juga bisa menempatkan kulkas showcase di sudut yang ideal.

Demikian beberapa informasi mengenai interior dapur yang harus ada di setiap hunian rumah. Anda bisa memilih jenis interior dapur yang mana yang cocok untuk dapur impian Anda.