Inspirasi Nuansa Alam Natural Untuk Desain Kamar Mandi – Disamping fungsinya sebagai tempat membersihkan diri, kamar mandi dengan desain alam natural bisa memberikan efek relaksasi. Selain memberikan daya tarik dan keunikannya tersendiri, desain ini juga bisa memberikan kenyamanan untuk pemakainya. Bila Anda ingin menggunakan ide desain yang satu ini, simak beberapa rekomendasinya di pembahasan kali ini.

Inspirasi Nuansa Alam Natural Untuk Desain Kamar Mandi

Desain kamar mandi bertema alam atau natural dengan kehadiran tanaman hijau tentunya bisa memberikan kesan segar dan tidak pengap. Bila Anda ingin menerapkannya untuk hunian Anda, berikut beberapa inspirasi desain kamar mandi bernuansa alam atau natural :

1. Bak Air Berbentuk Sumur

rumahkuunik.com

Desain ini menggunakan batu untuk elemen utamanya dan digunakan pada seluruh temboknya. Untuk memberikan kesan unik, Anda bisa membuat bak air yang menyatu dengan bangunan berbentuk setengah sumur. Jangan lupa tambahkan beberapa tanaman hijau untuk memberikan nuansa segar, bisa juga dengan membuatnya semi outdoor.

2. Keramik Batu

pinterest.com

Penggunaan keramik batu juga bisa menjadi pilihan selain batu asli untuk memberikan kesan natural pada desain kamar mandi. Tampilan keramik batu ini bisa memberikan kesan sejuk dengan nuansa yang alami dan adem.

3. Nuansa Hutan

pinterest.com

Dalam menciptakan suasana alami pada kamar mandi Anda juga bisa menghadirkan nuansa ala hutan. Penggunaan dinding batu alam yang berukuran besar dapat memberikan kesan natural yang sangat kuat. Pastikan pula untuk menambahkan beberapa tanaman hijau sesuai dengan ukuran kamar mandi.

4. Lantai dan Atap Kayu

pinterest.com

Bahan lainnya yang bisa digunakan untuk memberikan kesan natural pada kamar mandi adalah kayu. Anda dapat menggunakan material tersebut untuk bahan utama pada lantai serta atapnya. Namun pemilihan kayu menjadi hal penting disini, sebab bisa memilih kayu berkualitas buruk tentunya akan mudah rusak dan lapuk karena akan sering terkena air dan lembab.

5. Skylight

pinterest.com

Ventilasi berupa kaca pada atap bangunan disebut juga dengan skylight, keunikan ventilasi ini juga dapat menghadirkan kesan natural pada kamar mandi. Selain itu penggunaan skylight juga akan memberikan pencahayaan alami ke dalam kamar mandi.

Anda juga dapat menempatkan bathtub di bawahnya untuk mendapatkan sensasi berendam di bawah cahaya matahari. Namun pastikan menggunakan jenis dan ukuran kaca yang tepat agar ketika siang hari cahaya matahari tidak terlalu banyak yang masuk ke dalam.

6. Taman Kecil

pinterest.com

Nuansa alam atau natural juga dapat dihadirkan dengan menambahkan taman kecil di dalam kamar mandi. Namun pastikan ukuran kamar mandi Anda memang mencukupi untuk penambahan taman kecil ini. Pastikan pula kamar mandi mempunyai ruang sisa agar pergerakan dalam kamar mandi tidak terlalu terganggu.

7. Tanaman Hias

pinterest.com

Bila Anda tidak ingin repot memikirkan desain kamar mandi bernuansa alam atau natural, cukup dengan menambahkan beberapa tanaman hias sudah bisa menghadirkan kesan tersebut. Disarankan menggunakan tanaman seperti lidah buaya, kaktus, spider plant, sansevieria, dll yang dapat membersihkan udara dan mengurangi kelembaban. Selain memberikan kesan yang segar dan adem, kehadiran tanaman tersebut juga bisa menyehatkan karena dapat membersihkan udara.

Manfaat Penggunaan Desain Alam untuk Kamar Mandi

Penggunaan desain alam atau natural untuk kamar mandi sendiri belum banyak digunakan di berbagai hunian. Karenanya bila Anda menggunakan desain ini tentu akan menjadi keunikan tersendiri dibandingkan hunian lainnya. Selain itu penggunaan desain alam untuk kamar mandi juga dapat memberikan beberapa manfaat seperti :

1. Memberikan kesan rileks dan menenangkan

Kamar mandi dengan desain natural atau alam dapat memberikan rasa rileks dan menenangkan bagi penghuninya karena memadukan elemen alam yang memberikan ketenangan dan kedamaian.

2. Menambah nilai estetika

Dengan desain natural atau alam dapat memberikan nilai estetika yang tinggi karena kamar mandi mempunyai tampilan yang unik dan menarik.

3. Memperbaiki suasana hati

Kamar mandi dengan desain natural atau alam dapat memberikan pengaruh positif pada suasana hati penghuninya. Sebab kesan alam yang menyejukkan dan menenangkan dapat memperbaiki suasana hati.

4. Mengurangi stress

Desain unik ini juga dapat membantu mengurangi stress dan tekanan pada penghuninya. Sebab nuansa alaminya dapat mengurangi kecemasan dan ketegangan.

5. Menambah nilai properti

Desain natural atau alam dapat menambah nilai properti karena desain yang unik dan menarik hingga memberikan nilai tambah pada properti.

6. Mengurangi penggunaan energi

Kamar mandi dengan desain natural atau alam dapat membantu mengurangi penggunaan energi. Hal ini karena pencahayaan alami yang digunakan lebih banyak, serta penggunaan material alami yang tahan lama dan ramah lingkungan.

7. Meningkatkan kualitas udara

Nuansa alam pada kamar mandi juga akan meningkatkan kualitas udara karena penggunaan tanaman hijau di dalamnya. Tanaman tersebut mampu mengurangi polusi udara dan memberikan udara bersih dan sehat.