Inspirasi Material Lantai Rumah untuk Desain Tropis Modern – Lantai merupakan investasi jangka panjang untuk sebuah hunian. Karenanya pemilihan jenis material untuk lantai rumah harus mendapatkan perhatian tersendiri, terlebih bila Anda mengambil desain tropis modern untuk hunian Anda.

Desain hunian bernuansa tropis memang menekankan pada tekstur dan warna natural yang hangat. Dalam perkembangannya, tema tropis mulai banyak diminati untuk diterapkan di banyak hunian. Bila hunian Anda menggunakan desain tropis modern, tentu Anda harus memikirkan pemilihan material lantai yang tepat. Untuk itu terus simak pembahasan berikut sebagai gambaran atau inspirasi.

Inspirasi Material Lantai Rumah untuk Desain Tropis Modern

Seperti yang kita ketahui bahwa lantai rumah bukan sesuatu yang bisa kita ganti secara terus-menerus, karenanya pastikan kita memilih jenis material lantai yang tepat. Pemilihan material lantai yang sesuai akan menjadi sangat penting untuk rumah berkonsep tropis modern guna menciptakan kesan hangat dengan sentuhan alami. Berikut ini adalah beberapa inspirasi material lantai rumah untuk desain tropis modern terbaik :

1. Hardwood

pinterest.com

Kayu keras atau hardwood merupakan salah satu pilihan material lantai yang cocok untuk rumah tropis modern. Kesan alami dan hangat yang dimilikinya akan memberikan nuansa tropis yang nyaman pada interior rumah Anda. Selain itu, hardwood juga tahan lama dan mudah dalam perawatan, sehingga cocok untuk digunakan dalam jangka panjang.

2. Linoleum dan Marmer

pinterest.com

Linoleum dan marmer juga menjadi pilihan material lantai yang cukup populer untuk rumah berdesain tropis modern. Keduanya memiliki sifat yang tahan lama dan mudah dalam perawatan. Marmer memberikan kesan mewah dan elegan pada ruangan, sedangkan linoleum memberikan kesan modern dan minimalis.

Namun, keduanya cukup mahal untuk dibeli dan dipasang. Karenanya Anda perlu mempertimbangkan anggaran yang tersedia sebelum memilih salah satu dari keduanya. Meski begitu harga mahal tersebut akan sebanding dengan kualitas yang akan diberikan.

3. Lantai Karpet


Untuk hunian yang ada di iklim cukup dingin, lantai karpet dapat memberikan kehangatan dan kenyamanan pada ruangan. Selain itu jenis lantai ini juga cocok digunakan pada kamar tidur dan ruang keluarga, karena memberikan rasa empuk pada kaki. Belum lagi dengan ragam warna, pola, desain dan jenis kainnya yang akan semakin mempercantik ruangan.

Namun, perlu diingat bahwa karpet mudah kotor dan sulit dalam perawatan, sehingga memerlukan perawatan yang rutin. Seperti yang kita ketahui bahwa karpet dapat menarik banyak debu dan noda sehingga untuk membersihkannya kita kerap membutuhkan layanan dry cleaning atau laundry.

4. Lantai Laminasi

pinterest.com

Terakhir ada lantai laminasi yang kerap menjadi pilihan untuk rumah tropis modern. Material ini terbuat dari serat kayu, sehingga memberikan kesan alami pada ruangan. Lantai laminasi tahan lama dan mudah dalam perawatan, sehingga cocok untuk digunakan dalam jangka panjang. Selain itu, lantai laminasi juga tergolong cukup murah dibandingkan material lantai lainnya.

Tips Dekorasi Rumah Tropis Modern Agar Semakin Estetik

Itulah beberapa rekomendasi pemilihan material lantai untuk rumah berkonsep tropis modern. Untuk semakin menguatkan konsep tersebut tentu bagian lain juga harus diperhatikan, tidak hanya pemilihan lantainya saja. Karenanya bila Anda ingin menggunakan konsep tropis modern di hunian tercinta, berikut beberapa tips dekorasi untuk rumah tropis modern :

1. Atur pencahayaan

Agar suasana tropis modern dapat tercipta, perhatikan pengaturan pencahayaan di dalam rumah Anda. Gunakan lampu dengan cahaya lembut dan hangat untuk memberikan kesan nyaman dan intim. Anda juga dapat memanfaatkan cahaya alami dari jendela dengan menggunakan gorden tipis atau tanpa gorden untuk memberikan kesan segar.

2. Perhatikan warna dan motif

Warna yang tepat akan memberikan nuansa tropis yang lebih terasa. Pilih warna-warna alami dan terang seperti putih, krem, hijau muda, dan biru laut untuk memberikan kesan tropis yang lebih kuat. Selain itu, pilih motif tropis seperti daun dan bunga yang besar untuk memberikan kesan lebih modern.

3. Gunakan bahan perabot dan tekstil yang tepat

Pemilihan bahan yang terbuat dari kayu, rotan, bambu, atau anyaman alami dapat memberikan kesan tropis. Pilih bantal dengan corak tropis dan gunakan tirai dengan bahan tipis dan bernuansa alami.

4. Tambahkan hiasan khas tropis

Hiasan seperti patung binatang tropis atau anyaman dinding yang terbuat dari bahan alami seperti kayu, bambu, atau rotan juga dapat Anda gunakan untuk menguatkan kesan tropis.

5. Gunakan tanaman hias

Tambahkan tanaman tropis seperti monstera, anggrek, bunga kamboja dan anthurium untuk memberikan kesan alam di dalam ruangan. Pilih pot tanah yang terbuat dari anyaman atau keramik alami untuk kesan yang lebih kuat.

6. Gunakan lantai vinyl motif kayu

Vinyl yang memiliki motif kayu memberikan kesan alami dan tropis di dalam rumah Anda. Lantai ini juga lebih mudah dibersihkan dan dirawat dibandingkan dengan material lantai lainnya.

7. Gunakan hiasan pajangan berbentuk hewan tropis

Tambahkan hiasan seperti lukisan binatang tropis atau bantal berbentuk binatang tropis untuk memberikan kesan yang lebih kuat. Anda juga dapat menambahkan bingkai dari anyaman alami untuk memberikan kesan lebih alami.