Inspirasi Desain Carport Minimalis Pada Lahan Terbatas – Adanya carport tentu akan melindungi kendaraan seperti motor dan mobil yang kita miliki. Namun perlu dipahami bahwa carport tidak sama dengan garasi, sebab carport cenderung semi terbuka sedangkan garasi dilengkapi dengan atap. Karenanya carport kerap digunakan pada hunian minimalis dengan lahan yang terbatas.

Inspirasi Desain Carport Minimalis Pada Lahan Terbatas

Umumnya area carport berada di halaman depan yang sekaligus menjadi jalur masuk utama, meski begitu bisa juga diletakkan di area samping rumah. Lantas bila hunian Anda bertipe minimalis modern dan mempunyai kendaraan sendiri, bagaimana desain carport yang cocok? Berikut beberapa inspirasi desain carport minimalis pada lahan terbatas :

1. Carport Semen Plester

pinterest.com

Desain carport minimalis dengan bahan semen plester bisa menjadi pilihan yang baik untuk tampilan yang modern dan minimalis. Carport semen plester biasanya berwarna abu-abu dan bisa disesuaikan dengan warna rumah untuk menciptakan tampilan yang serasi dan harmonis.

Anda juga dapat menambahkan lampu di langit-langitnya untuk memberikan kesan hangat serta memudahkan ketika memasukkan dan mengeluarkan kendaraan. Jenis carport ini juga mempunyai ketahanan yang baik sehingga dapat digunakan dalam waktu lama.

2. Carport Tanpa Atap

pinterest.com

Desain carport tanpa atap dapat menjadi pilihan untuk yang ingin merasakan udara segar saat parkir mobil. Carport tanpa atap biasanya dilengkapi dengan dinding pembatas untuk menjaga mobil dari cuaca dan kerusakan.

3. Carport Bergaya Tropis

pinterest.com

Mempunyai rumah bergaya tropis minimalis, maka sesuaikan pula dengan carport bergaya tropis agar senada dengan tema yang digunakan pada rumah. Penggunaan kayu dan tanaman hijau dapat memberikan nuansa tropis pada desain carport minimalis. Hal ini akan membuat rumah terkesan asri, namun Anda harus rajin merawat tanaman tersebut agar tetap hijau dan segar.

4. Carport Minimalis di Samping Rumah

pinterest.com

Desain carport minimalis yang dibuat di samping rumah dapat memanfaatkan lahan yang ada dengan efisien. Selain itu, desain carport minimalis di samping rumah juga dapat mempercantik tampilan rumah secara keseluruhan.

5. Carport dengan Kanopi Alderon

pinterest.com

Carport minimalis yang dilengkapi dengan kanopi alderon dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memiliki tampilan yang menarik dan modern. Kanopi alderon memiliki tampilan yang unik, dengan cahaya matahari yang dapat masuk melalui atap.

6. Carport Bernuansa Hijau

pinterest.com

Carport dengan nuansa hijau dapat menjadi pilihan yang tepat bagi yang ingin menciptakan tampilan yang alami dan menyegarkan. Penggunaan tanaman hijau dan dinding dengan tekstur kayu dapat memberikan tampilan yang indah pada carport minimalis. Tampilannya yang unik juga membuatnya bisa digunakan untuk acara santai bersama teman atau keluarga ketika tidak digunakan untuk memarkir mobil.

7. Carport dengan Kanopi Kayu

pinterest.com

Carport dengan kanopi kayu dapat memberikan tampilan yang elegan dan modern pada rumah. Kanopi kayu memberikan kesan yang alami dan hangat, dan cocok untuk rumah dengan tampilan natural dan minimalis.

Tips Penting Membuat Carport Minimalis pada Lahan Terbatas

Setelah mendapatkan gambaran tentang berbagai jenis desain yang sesuai untuk carport minimalis, Anda juga harus mengetahui beberapa hal penting ketika ingin membuatnya. Bila Anda memiliki hunian minimalis dan mempunyai kendaraan seperti mobil, berikut tips penting membuat carport minimalis yang perlu diperhatikan :

1. Hitung kebutuhan luas lahan

Membuat carport minimalis pada lahan terbatas dapat menjadi sebuah tantangan tersendiri. Oleh karena itu, sebelum memulai proyek pembuatan carport, pertama-tama, perlu dilakukan perhitungan luas lahan yang tersedia. Hal ini penting untuk menentukan ukuran carport yang sesuai sehingga tidak terlalu kecil atau terlalu besar untuk kendaraan.

2. Tentukan desain carport yang sesuai

Setelah mengetahui ukuran yang tepat, langkah selanjutnya adalah menentukan desain carport yang sesuai dengan gaya arsitektur rumah dan taman. Desain carport minimalis biasanya mengutamakan kesederhanaan dan fungsionalitas, meski begitu perlu dipertimbangkan pula faktor estetika dan kepraktisannya. Anda dapat mencoba beberapa inspirasi desain yang sudah disebutkan di atas.

3. Tentukan jenis serta bahan atau material lantai dan atap

Tidak kalah penting, pemilihan jenis dan bahan atau material lantai dan atap juga perlu diperhatikan. Salah satu pilihan yang umum digunakan untuk lantai carport adalah beton atau paving block yang tahan lama dan mudah dirawat. Sedangkan untuk atap, beberapa bahan yang populer adalah genteng, alderon, atau polycarbonate.

Namun, dalam memilih bahan atau material, perlu diperhatikan juga faktor keawetan dan kemampuan tahan terhadap cuaca. Terakhir, pastikan juga bahwa carport minimalis yang dibangun memiliki koneksi yang baik dengan bangunan utama dan memiliki akses yang mudah untuk kendaraan masuk dan keluar. Dengan memperhatikan tips-tips tersebut, Anda dapat membuat carport minimalis pada lahan terbatas yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.