Pagar merupakan bagian penting dari sebuah rumah, berfungsi sebagai pembatas antara rumah dengan lingkungan sekitar. Selain itu dalam perkembangannya, pagar juga menjadi pelengkap yang bisa menambah nilai estetika rumah. Bila Anda sedang mencari pagar minimalis modern, berikut beberapa rekomendasinya untuk Anda mulai dari bahan, harga hingga desainnya.

Jenis Pagar Minimalis Modern Berdasarkan Bahan Pembuatnya

Pagar minimalis modern kerap menjadi pilihan yang tepat bagi rumah dengan tema minimalis dan modern. Dengan karakteristiknya yang simpel, tidak terlalu banyak ornamen dan seringkali menggunakan bahan-bahan modern seperti besi, kayu, atau beton membuat jenis pagar ini kerap dipilih. Berikut adalah beberapa jenis bahan yang kerap digunakan sebagai bahan baku pagar minimalis modern:

Pagar Besi

Pinterest.com

Dapat dikatakan bahwa jenis pagar besi menjadi bahan yang sangat umum digunakan di banyak rumah maupun perumahan. Sebab bahan besi sendiri terbilang sangat kuat untuk dijadikan pagar rumah. Namun untuk menghindari perkaratan, pagar harus diberi lapisan cat atau bahan pelapis anti karat lainnya. Bahan besi juga dapat disesuaikan besaran modelnya sesuai dengan kondisi rumah Anda.

Pagar Rumah dengan Kaca Buram

i.pinimg.com

Belakangan ini jenis pagar rumah dengan kaca buram banyak digunakan di berbagai rumah dan perumahan minimalis modern. Kaca tempered dengan ketebalan sekitar ¾ inchi yang tidak begitu solid dan frosted dipilih untuk menjadi bahan pagar ini.

Namun patut diperhatikan bahwa jenis pagar ini kekuatannya tidak terlalu bagus, terlebih ketika kondisi badai atau angin kencang. Meski begitu desainnya yang modern dan elegan membuatnya tetap banyak digunakan walaupun harus sangat memperhatikan letak pemasangannya.

Pagar Rumah Alumunium

Pinterest.com

Bahan alumunium kerap digunakan sebagai pagar rumah untuk mereka yang menginginkan desain yang moden dan elegan. Selain itu bahan ini secara umum juga lebih terjangkau bila dibandingkan dengan jenis pagar besi maupun baja. Dengan penggunaan cat doff akan memberikan kesan elegan nan mewah dari segi tampilannya. Bila perlu Anda juga dapat menambahkan desain motif dan berbagai ornamen lainnya untuk menambahkan kesan mewah tersebut.

Pagar Kayu dengan Dinding Batu

Pinterest.com

Bila Anda menginginkan pagar dengan kesan kokoh dan modern maka bisa menggunakan kombinasi antara kayu dengan dinding batu. Selain itu jenis pagar ini juga dapat menambah keamanan pagar rumah Anda, disamping itu pagar juga tetap memiliki nilai estetika dengan kesan modern.

Pagar Rumah Kayu dengan Tembok Beton

i.pinimg.com

Dari segi desainnya, jenis pagar yang satu ini dapat dikatakan cukup menarik. Sebab tembok beton yang kokoh ditambah dengan kayu yang solid dapat memberikan kesan kuat nan modern.

Selain itu, jenis pagar ini juga akan memberikan kenyamanan privasi yang baik dengan ketinggian serta kerapatan yang baik. Dengan begitu Anda tetap nyaman ketika ada di dalam rumah.

Daftar Harga Pagar Besi Per Meter Persegi

Setelah mengetahui beberapa jenis bahan yang kerap digunakan sebagai pagar rumah minimalis modern tentu kita juga ingin mengetahui gambaran harganya. Namun perlu diketahui bahwa jenis bahan besi dan stainless stell menjadi bahan yang paling umum digunakan sebagai pagar rumah. Sehingga disini kita akan memberikan gambaran harga dari kedua jenis bahan tersebut, secara umum adalah sebagai berikut :

Spesifikasi dan Harga/M2

  • Rangka besi Hollow Galvanis, tebal 1,6 mm dengan ukuran 40 x 40 cm.  

Jari-jari besi hollow Galvanis berukuran 20 x 40 cm.

Warna cat berdasarkan permintaan.

Jasa pemasangan.

Total estimasi biaya Rp 520.000

  • Rangka Besi Hollow Galvanis anti karat, tebal 1,2 mm dengan ukuran 40 x 60.  

Jari-jari besi hollow galvanis anti karat berukuran 20 x 40 cm.

Warna cat sesuai pesanan.

Jasa pemasangan.

Total estimasi biaya Rp 550.000

  • Rangka Besi Hollow Galvanis anti karat, tebal 1,6 mm dengan ukuran 40 x 60.  

Jari-jari besi hollow galvanis anti karat berukuran 20 x 40 cm.

Warna cat sesuai keinginan.

Jasa pemasangan.

Total estimasi biaya Rp 590.000

  • Jari-jari besi hollow hitam berukuran 20 x 40 cm.  

Rangka besi hollow hitam berukuran 40 x 40 cm.

Warna cat berdasarkan permintaan.

Jasa pemasangan.

Total estimasi biaya Rp 370.000

  • Rangka besi hollow, tebal 1,2 mm berukuran 50 x 50 cm.  

Jari-jari besi hollow, tebal 1 mm berukuran 2 x 4 cm dengan jarak 8 cm.

Warna cat sesuai pesanan.

Jasa pemasangan

Total estimasi biaya Rp 470.000

  • Rangka besi hollow, tebal 1,2 mm berukuran 60 x 60 cm.  

Jari-jari besi hollow, tebal 1 mm berukuran 2 x 4 cm dengan jarak 8 cm.

Warna cat sesuai permintaan.

Jasa pemasangan

Total estimasi biaya Rp 670.000

  • Pagar stainless stell satu set (desain dan ukuran menyesuaikan) Rp 380.000 - 2.400.000

Catatan : Harga tersebut merupakan harga secara umum dan mungkin saja berbeda untuk setiap daerahnya. Selain itu harga juga akan dipengaruhi oleh ukuran pagar serta ongkos jasa pemasangannya.

Rekomendasi Pagar Lipat Minimalis Modern Terbaik

Setelah mengetahui jenis bahan yang kerap digunakan sebagai pagar rumah minimalis modern dan kisaran harganya, tentu yang tidak kalah penting adalah pemilihan modelnya. Bila Anda memiliki hunian minimalis modern sangat disarankan untuk menggunakan model atau desain pagar lipat minimalis.

Sebab hal ini untuk mensiasati keterbatasan lahan yang ada, meski begitu model atau desain yang satu ini tetap memiliki nilai estetikanya sendiri. Sebagai rekomendasinya, berikut adalah beberapa model pagar lipat minimalis modern untuk hunian Anda :

1. Pagar Lipat Gaya Klasik

artikel.rumah123.com

Jenis pagar lipat gaya klasik bermaterial baja menjadi rekomendasi pertama untuk Anda, sebab selain tahan lama baja juga mempunyai finishing yang bersih. Di samping itu model pagar ini juga akan sangat cocok untuk hunian minimalis modern Anda. Hunian dan halaman Anda juga akan tetap terkesan cantik dari luar dengan finishingnya yang sederhana.

2. Pagar Lipat berbahan Kayu

Pinterest.com

Bahan kayu berwarna putih kerap digunakan sebagai pagar lipat minimalis modern. Namun pastikan Anda memilih kayu yang awet dan tahan terhadap perubahan cuaca seperti kayu ulin.

3. Pagar Lipat untuk Tanah Miring

Kini banyak model pagar lipat yang bisa diaplikasikan untuk hunian pada tanah miring seperti tanjakan maupun lahan berkontur miring. Pastikan ukuran pagar harus seimbang dengan ukuran rumah terlebih bila hunian Anda merupakan rumah bertingkat minimalis modern.

4. Pagar Lipat Beraksen Dekoratif

Meskipun mempunyai desain minimalis, bukan berarti Anda tidak dapat menambahkan aksen dekoratif ke dalamnya. Sebab kini banyak pembuat pagar lipat yang bisa menambahkan aksen dekoratif, umumnya material yang digunakan disini adalah baja.

5. Pagar Lipat yang Bersatu dengan Rumah

pinterest.com

Jenis pagar lipat ini cocok untuk hunian dengan lahan terbatas namun tetap ingin menjaga privasi. Umumnya rumah di sepanjang jalan raya atau besar mempunyai lahan terbatas dan akan sangat cocok dengan model pagar ini.

6. Pagar Lipat Dorong Minimalis

Pinterest.com

Bila Anda ingin lebih menghemat ruang maka jenis pagar lipat ini akan sangat cocok digunakan dibanding pagar lipat dengan mekanisme lipatan yang menyamping. Mekanisme lipatan dengan cara didorong ini mempunyai desain yang minimalis dan lebih kompak cocok untuk hunian minimalis modern.