Kamar tidur adalah salah satu ruangan yang terpenting di dalam sebuah rumah yang digunakan oleh setiap pemilik rumah. Seringkali menjadi sebuah tempat di mana kita memulai dan juga mengakhiri hari.

Kamar tidur juga bisa digunakan lebih dari sekadar tempat tidur, ruangan ini bahkan banyak difungsikan sebagai tempat kerja serta tempat beribadah.

Namun, tahukah anda apa itu interior kamar tidur yang tepat untuk mendukung aktivitas sehari-hari. 

Pengertian Interior Kamar Tidur

Interior seringkali berkaitan dengan bidang kreatif beserta solusi teknis yang diterapkan ke dalam struktur bangunan.

Istilah Interior merupakan istilah yang berhubungan dengan sisi di dalam ruangan dari sebuah bangunan. Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), interior ditujukan untuk bagian dalam gedung, baik ruang ataupun yang lainnya atau tatanan furnitur, contohnya hiasan di dalam ruang gedung,

Bagian sisi dalam ruangan yang termasuk interior merupakan segala sesuatu bersifat fungsional. Hal ini agar bisa meningkatkan kualitas hidup dan budaya bagi penghuninya, serta mampu memberikan kesan dari segi estetika atau keindahannya.

Pengertian interior kamar tidur bisa juga diartikan sebagai tatanan furniture didalam kamar tidur. Dengan memperbaiki tatatan furniture atau hiasan di dalam kamar tidur, maka akan menjadikan anda nyaman berada didalamnya. 

Jenis Kamar Tidur 

Kamar tidur haruslah menjadi sebuah tempat istirahat dan relaksasi yang baik, sehingga penting untuk anda tetap menjaga tampilan dan gangguan di ruang ini seminimal mungkin. Bagi Anda yang ingin menciptakan perasaan tenang dan damai ketika berada di kamar tidur, berikut ini beberapa jenis kamar tidur interior dengan pilihan ide yang bisa diterapkan :

1. Minimalis Industrial


Desain minimalis industrial bisa menjadi pilihan yang cocok untuk diaplikasikan pada kamar tidur Anda. Lantai atau dinding kamar dapat menggunakan semen atau bisa juga diaplikasikan stiker semen untuk bisa  merepresentasikan konsep industrial.

Anda bisa tambahkan beberapa garis tegas di antara lantai tegel atau dinding untuk mempercantik kamar tidur. Untuk bisa memberi kesan minimalis, maka Anda pun memberikan meja samping tempat tidur Anda yang juga memiliki laci di dalamnya untuk simpan beberapa barang.

2. Kamar Tidur Memanjang Dengan Ruang Kecil


Kamar tidur Anda tentu saja harus bisa menjadi tempat yang ternyaman untuk bersantai terlepas dari besar kecilnya ruangan. Untuk Anda yang mempunyai kamar dengan ukuran kecil dan memanjang, maka anda bisa menambahkan barang keperluan anda seperlunya saja.

Meskipun memiliki kamar yang kecil dan memanjang, Anda bisa tetapi berkreatifitas untuk mencari ruang penyimpanan atau memajang barang-barang. Simpanlah pakaian, tas, pernak pernik di tempat, dan tanaman lebih baik dipajang di dinding.

Anda pun bisa mengaplikasikan rak mengambang untuk bisa memanfaatkan ruang, hal ini juga berguna agar tidak memakan banyak tempat di kamar tidur Anda.

3. Desain Elemen Kayu


Anda yang ingin mencoba desain atau jenis kamar tidur dengan elemen kayu, maka anda perlu tambahkan dekorasi dan perabot dari kayu. Diketahui jika setiap perabot dan dekorasi kamar tidur, memiliki visualisasi yang menarik dan mempengaruhi desain kamar tidur.

Anda juga dapat menambahkan berbagai perabot dengan elemen kayu. Jika perlu, Anda bisa menambahkan wallpaper seperti kayu, hal ini untuk menciptakan ruangan terlihat lebih natural. 

Penambahan wallpaper akan cukup bagus jika diaplikasikan untuk setiap desain kamar tidur kecil, ketika dinding tidak dapat dicat. Terlebih jika Anda tidak ingin menambahkan hiasan dinding, tambahan wallpaper kayu akan menambahkan elemen visual yang menarik ke ruangan tidur Anda.

Manfaat Kamar Tidur

Kamar tidur adalah tempat paling privat yang ada di dalam rumah. Di sinilah biasanya para pemilik rumah melepaskan kepenatan fisik, pikiran, dan emosi. Itulah alasan kamar tidur juga menjadi tempat yang paling sering di desain secara khusus. 

Selain untuk tempat beristirahat, ada prinsip utama sebuah kamar tidur harus nyaman, dan bisa memberikan ketenangan bagi anda karena kamar tidur harus memenuhi dua fungsi utamanya yaitu :

1. Fungsi fisik kaar tidur

Kamar tidur bisa menjadi tempat untuk menampung segala macam barang dan juga kegiatan penghuni rumah yang sifatnya sangat privat.

2. Fungsi psikologis kamar tidur

Kamar  tidur diharapkan menjadi tempat yang bisa memberi kenyamanan optimal ketika penghuni benar-benar membutuhkan istirahat.

Itulah sebabnya, desain kamar tidur biasanya dirancang dengan menggunakan elemen interior yang menenangkan, misalnya dari pemilihan warna-warna pastel atau warna natural.

Demikian beberapa jenis desain kamar tidur dan manfaatnya. Semoga menjadi inspirasi untuk anda ya.