Bata Roster Partisi Bangunan

Bata Roster Partisi Bangunan – Dinding roster merupakan salah satu cara yang banyak digunakan untuk mempartisi bangunan sekaligus membuatnya tampak lebih indah. Di samping mempercantik bangunan, jenis bata ini juga mempunyai fungsi sebagai vetilation block sehingga tidak ada salahnya bila mencoba mengaplikasikannya pada hunian Anda.

Fungsi Bata Roster Sebagai Partisi Bangunan - Kelebihan dan Kekurangannya

Jenis bata yang berfungsi pula sebagai decorative brick ini bisa membuat tampilan rumah Anda menjadi lebih menarik. Penggunaannya bisa memberikan keunikan tersendiri pada hunian Anda, menariknya ada beragam pilihan model dan variasi yang bisa dipilih sesuai keinginan.

Meskipun kini penggunaannya lebih ke keperluan dekoratif bangunan, namun pada awalnya bata roster lebih banyak digunakan sebagai partisi atau dinding bangunan. Tujuannya adalah sebagai penyekat dan berfungsi sebagai ventilasi maupun lubang pencahayaan. Ada beberapa kelebihan dari penggunaan bata roster seperti :

  • Lebih awet dan tahan lama karena terbuat dari bahan yang tidak mudah pecah.
  • Mempunyai fungsi sebagai ventilasi udara seperti halnya jendela.
  • Mempunyai beragam desain dan aksen unik bata roster yang cocok digunakan untuk fungsi dekoratif interior dan eksterior bangunan.
  • Bisa diterapkan untuk berbagai jenis bangunan.

Namun disamping beberapa kelebihan yang telah disebutkan tersebut, bata roster sendiri juga mempunyai beberapa kekurangannya seperti halnya :

  • Bila tidak ditempatkan dengan baik, lubang roster dapat mengganggu privasi penghuni rumah.
  • Untuk mendapatkan hasil terbaik butuh seorang ahli untuk memasangnya.
  • Tidak dapat digunakan sebagai dinding utama sebab tidak di desain untuk kuat menahan beban.
  • Memudahkan debu dan kotoran untuk masuk ke dalam rumah.

Jenis Bata Roster Unik dan Harganya

Bila Anda tinggal di wilayah pedesaan yang minim polusi, menggunakan bata roster bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebagai referensi bila Anda ingin menggunakannya, berikut adalah beberapa jenis bata roster unik untuk digunakan dan gambaran harganya.

Dinding Roster GRC

Jenis roster ini dibuat dari salah satu jenis beton yang terbuat dari bahan campuran komposit dan semen serta dengan penambahan serat kaca tahan alkali. GRC sendiri merupakan bahan bangunan terbaru dan menjadi salah satu bahan untuk pembuatan dinding roster modern.

Bahan tersebut dapat dicetak dalam berbagai pola dan motif berbeda menggunakan mesin sehingga cetakan yang dihasilkan akan berkualitas baik. Kelebihan dari jenis ini adalah tahan lama dan kokoh namun memiliki bobot yang ringan. Warnanya yang putih bersih juga sangat cocok untuk digunakan pada rumah minimalis modern.

Dinding Roster Tanah Liat

Pada awalnya, roster tanah liat banyak digunakan sebagai pagar rumah khususnya untuk rumah model lama. Namun kini penggunaannya lebih untuk memberikan kesan artistik pada hunian dengan warna coklatnya yang eksotis. Akan tetapi Anda harus memperhatikan betul letak pemasangannya, sebab warna coklat tersebut bisa pudar bila sering terkena air hujan.

Dinding Roster Keramik

Dengan lapisan mengkilapnya membuat roster keramik bisa memberikan kesan mewah pada rumah dan cocok untuk diaplikasikan sebagai dinding partisi interior rumah. Namun jenis ini lebih rentan untuk retak dan tergores sehingga proses pemasangannya harus dilakukan dengan berhati-hati untuk mencegah hal tersebut.

Dinding Roster Batako

Selanjutnya ada dinding roster batako yang bisa membuat tampilan rumah menjadi terkesan lebih menarik. roster ini mempunyai warna abu-abu nan mewah yang sesuai untuk digunakan pada eksterior maupun interior rumah modern.

Dinding Roster Beton

Dibandingkan jenis roster lainnya, roster beton mempunyai daya tahan yang lebih baik dari lainnya. Selain kuat, jenis ini juga dapat memberikan kesan visual yang indah dan efek rustic pada hunian Anda yang cocok untuk penggunaan jangka panjang.

Dinding Roster Kayu

Bila Anda menginginkan tampilan yang natural bisa memilih jenis roster yang terbuat dari kayu dan bisa digunakan sebagai fasad hingga partisi ruangan. Namun pastikan Anda memasangnya di tempat yang kelembabannya tidak tinggi karena kayu rentan lapuk dan rusak pada kondisi tersebut. Selain itu Anda juga harus jeli tentang pemilihan jenis kayu yang sesuai untuk digunakan.

Dinding Roster Aluminium

Roster alumunium mempunyai pola yang sangat akurat karena dibuat menggunakan sinar laser, karenanya pola tersebut sangat unik dan sangat cocok untuk digunakan sebagai fasad. Namun pastikan Anda mempunyai anggaran yang cukup karena harga dari jenis roster ini terbilang cukup mahal.

Itulah beberapa jenis dinding bata roster yang bisa Anda pilih untuk digunakan pada hunian. Tentu hal lainnya yang harus Anda ketahui adalah harganya, berikut adalah gambaran harga dari beberapa jenis dinding roster tersebut :

Jenis Dinding Roster                                          Ukuran                                     Harga

Roster GRC                                                        54 x 54 cm                         Rp 145.000

Roster Tanah Liat                                                18 x 18 cm                         Rp 6.500

Roster Keramik                                                20 x 40 cm                         Rp 61.000

Roster Batako                                                        15 x 30 cm                         Rp 26.000

Roster Beton                                                        20 x 20 cm                         Rp 14.000

Roster Kayu                                                        13 x 40 cm                         Rp 25.000

Roster Aluminium                                                80 x 15 cm                         Rp 185.000