10 Cara Membuat Taman Di Lahan Sempit, Dijamin Hasilnya Keren - Memiliki taman yang indah adalah dambaan setiap orang. Bagaimana jika lahan di rumah terlalu kecil untuk dijadikan taman? Jangan khawatir, lahan kecil juga bisa dijadikan taman cantik dengan beberapa Cara sederhana Membuat Taman di lahan minimalis menjadi tantangan tersendiri. Tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Apalagi jika lokasi tersebut mendapat cukup sinar matahari.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyisihkan sedikit waktu untuk membangun ruang terbuka kecil di rumah. Tanpa menghabiskan banyak tenaga dan uang, Anda bisa membuat taman yang indah. Berikut ini ada 10 Cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat taman di lahan sempit.

Pengertian Taman

Taman merupakan suatu kawasan yang mengandung komponen material keras dan lunak yang saling mendukung satu sama lain yang sengaja dibuat oleh manusia dalam penggunaannya sebagai penyegar dalam dan luar ruangan. Taman dapat dibagi menjadi taman alam dan taman buatan.

10 Cara Membuat Taman Di Lahan Sempit

Mendesain taman pada rumah minimalis merupakan tantangan tersendiri. Sebab, Anda dituntut untuk memiliki kreativitas yang tinggi dalam membuat taman minimalis dengan lahan yang terbatas agar dapat menampilkan halaman rumah yang indah. Anda harus menggabungkan imajinasi, kreativitas, dan selera Anda. Lalu, bagaimana cara membuat taman di lahan sempit?

Gunakan Wadah Tanam

Jika lahan yang tersedia sangat terbatas, gunakan wadah tanam seperti pot, ember atau wadah lainnya yang bisa diletakkan di balkon atau teras. Dengan menggunakan wadah, Anda bisa menanam tanaman dalam jumlah banyak namun tetap memperhitungkan luas lahan yang tersedia.

Gunakan Teknik Berkebun Vertikal

Teknik berkebun vertikal adalah cara menanam tanaman di ruang kecil dengan menumpuk pot atau wadah tanam yang disusun secara vertikal. Teknik ini juga sangat cocok untuk taman atau vertical garden. Tanaman yang cocok untuk teknik ini adalah tanaman rambat atau tanaman yang tidak terlalu besar, seperti cabai, tomat, mentimun, dan kacang panjang.

Pilih Tanaman Yang Tepat

Untuk taman di petak kecil, hindari menempatkan terlalu banyak jenis tanaman yang berbeda. Daripada menciptakan rumah minimalis yang asri, terlalu banyak tanaman justru akan membuat rumah terlihat sempit.Jangan lupa perhatikan keseragaman warna bunga atau daunnya. Warna hijau memperkuat kesan indah.

Sementara itu, taman dengan aneka bunga warna-warni bisa memberikan kesan gembira dan semangat. Untuk menciptakan harmonisasi, alangkah baiknya jika penempatan tanaman dilakukan sesuai dengan pengelompokannya. Pengelompokan dapat dilakukan berdasarkan penggunaan media pot yang sama atau jenis warna yang sama.

Tanam Dalam Wadah Bertingkat

Tanam dalam wadah bertingkat seperti penanaman rak atau vertikultur, yang memungkinkan Anda menanam lebih banyak tanaman di ruang yang lebih sedikit.

Buat Taman Vertikal

Jika Anda tidak memiliki cukup ruang di tanah, buat taman vertikal dengan menanam tanaman di dinding atau pagar. Tanaman merambat seperti bunga kertas, petunia, atau tanaman merambat seperti buncis adalah pilihan yang bagus.

Gunakan Teknik Hidroponik

Teknik hidroponik memungkinkan Anda menanam tanaman tanpa tanah, sehingga Anda dapat melakukannya di ruang yang sangat kecil. Anda bisa menanam sayuran hijau atau tanaman seperti selada, bayam atau kangkung dengan teknik ini.

Manfaatkan Ruang Kosong Dengan Baik

Jangan biarkan ruang kosong di taman Anda tidak terpakai. Manfaatkan ruang kosong antar tanaman dengan menanam tanaman pendamping seperti kucai atau tanaman gandum yang juga bisa dimakan.

Formal Atau Informal

Dalam ilmu mendesain taman kecil ini dikenal dengan konsep taman formal dan informal. Kedua konsep ini memiliki perbedaan dalam menampilkan karakter sebuah taman. Terutama dalam hal pemilihan media dan jenis tanaman. Untuk taman minimalis formal, desainnya mengedepankan aturan simetris yang terkesan kaku.

Jenis tanaman yang dipasang biasanya tanaman palem kipas dengan menggunakan media pot keramik berukuran besar. Sedangkan desain informal biasanya tidak bertema dan lebih menonjolkan sisi alami dan fungsi dari taman itu sendiri.

Jangan Lupakan Drainase

Area taman akan lebih banyak terkena air, jadi penting untuk membangun drainase yang baik agar rumah antik Anda tidak terlalu sering basah dan becek. Drainase harus selalu terhubung dengan saluran air rumah Anda dan kompleks tempat tinggal Anda.

Buat lubang drainase lebih rendah dari permukaan taman dapat memudahkan penyerapan dan jatuhnya air. Saat ini banyak sekali bahan dan desain penutup saluran air dengan model yang modern, unik dan menarik. Pastikan saluran air tidak terhalang benda apapun agar aliran air tetap lancar.

Perhatikan Sinar Matahari

Kehadiran sinar matahari merupakan elemen penting dalam taman minimalis karena dibutuhkan untuk menjaga tanaman tetap hidup. Namun, ada beberapa tanaman yang tidak boleh terkena terlalu banyak cahaya. Karena itu, dalam berkebun, memperhatikan arah sinar matahari sangatlah penting. Tumbuhan juga membutuhkan ruang yang cukup untuk bernafas. Karena itu sebaiknya taman Anda jangan diberikan terlalu banyak tanaman.

Demikian ulasan tentang 10 Cara Membuat Taman Di Lahan Sempit, Dijamin Hasilnya Keren, semoga bermanfaat.