Banyak berbagai tips memilih lokasi kantor yang strategis dan mudah untuk dijangkau. Lokasi kantor yang strategis akan memberikan berbagai kelebihan dan dapat meningkatkan kenyamanan tersendiri untuk para karyawan.

10 Tips Memilih Lokasi Kantor Yang Strategis
10 Tips Memilih Lokasi Kantor Yang Strategis

Tips Memilih Lokasi Kantor Yang Sesuai

Perlu diketahui pemilihan lokasi kantor yang sesuai akan sangat mempengaruhi tingkat perkembangan suatu kantor. Kantor yang memiliki tempat yang cocok dan sesuai akan mudah untuk dikenal masyarakat dan memiliki citra sendiri dalam masyarakat, selain adanya kinerja yang baik dalam kantor, lokasi menjadi alasan yang paling utama berdirinya suatu kantor untuk lebih tertata pada tujuan yang hendak dicapai. Berikut adalah faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam pemilihan lokasi kantor.

1. Letak Kantor

Letak merupakan salah satu faktor yang paling utama dalam pemilihan lokasi kantor, sehingga sudah tidak heran lagi apabila letak ini dijadikan sebagai tips memilih lokasi kantor yang strategis. Letak menjadi salah satu faktor yang terpenting karena menentukan keberlanjutan kantor untuk kedepannya. Adanya letak kantor yang strategis akan sangat membantu karyawan maupun rekan bisnis dalam menjangkau wilayah kantor. 

2. Keamanan Pada Kantor

Selain letak, yang perlu diperhatikan dalam pemilihan lokasi kantor yaitu tingkat keamanan. tingkat keamanan yang baik pada kantor akan memberikan dampak positif bagi semua komponen yang ada di dalamnya. Kantor yang dengan tingkat keamanan yang baik dan terjaga akan dapat menghindarkan dari hal-hal yang menimbulkan permasalahan bahkan kerugian yang melibatkan berbagai pihak utamanya yaitu pihak kantor itu sendiri, oleh karena itu pemilihan keamanan kantor sangat penting diperhatikan.

3. Biaya Pembangunan atau Harga Sewa

Harga merupakan suatu standar yang harus dipenuhi dalam pendirian kantor. Harga sewa ini memiliki arti tersendiri bagi setiap orang yang ingin mendirikan suatu usaha perkantoran. Harga sewa yang relatif terjangkau dengan berbagai fasilitas yang ada tentu akan membuat para pebisnis tertarik untuk melakukan pembelian atau sewa, sehingga adanya ketentuan dan pertimbangan terkait harga ini sangatlah menjadi pertimbangan khusus bagi setiap orang yang ingin mendirikan suatu kantor.

4. Ukuran Tempat 

ukuran tempat kantor yang sesuai degan kebutuhan
Kantor kecil namun memadai (Photo by Redd F on Unsplash)

Berkaitan dengan ukuran tempat, akan sangat berpengaruh terhadap luasnya wilayah perkantoran yang akan didirikan. Adanya ukuran menjadi sebuah patokan tersendiri dalam mendirikan usaha. Hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu yaitu memikirkan ide terkait pembuatan kantor, seperti dengan menentukan ukuran kantor, baik dalam skala kecil, sedang, atau besar. Setelah ukuran tersebut ditentukan baru dapat mendirikan kantor sesuai dengan keinginan.

5. Infrastruktur

Infrastruktur sudah tidak menjadi hal yang asing lagi dalam dunia bisnis. Adanya infrastruktur yang memadai akan memberikan kemudahan akses dalam perkembangan dunia bisnis. Pembangunan infrastruktur yang baik akan memberikan berbagai keuntungan, terutama dalam aktivitas kantor itu sendiri, misalnya dengan diimbangi adanya infrastruktur yang baik dalam bidang transportasi akan sangat memudahkan bagi karyawan maupun rekan bisnis untuk menjangkau wilayah kantor.

6. Desain Atau Gaya Dalam Perkantoran

Desain atau gaya perkantoran berkaitan dengan tema yang akan diusung dalam pembuatan kantor. Tema tersebut biasanya disesuaikan dengan program usaha yang dijalankan dalam kantor, misalnya kantor tersebut menaungi masalah apa dan bergerak dalam bidang apa, sehingga adanya desain sangat berkaitan dengan bidang pada kantor masing-masing.

7. Lingkungan Sekitar

Lingkungan sekitar tidak kalah penting menjadi alasan untuk mendirikan kantor. Dalam suatu kinerja yang ada di kantor sedikit banyaknya pasti akan melibatkan pihak luar, seperti masyarakat sekitar atau rekan bisnis lainnya. Dengan itu, terlebih dahulu harus melihat kondisi lingkungan sekitar kantor, sehingga dapat memastikan kondisi tersebut sesuai atau tidaknya dengan yang diharapkan.

8. Perizinan Usaha

Masalah perizinan usaha juga penting diperhatikan dalam menjadi tips memilih lokasi kantor. Meski perizinan usaha ini sering kali diabaikan dalam mendirikan kantor, sebaiknya terlebih dahulu harus diperhatikan terkait perizinannya. Adanya perizinan usaha yang jelas akan membuat bisnis yang dijalankan juga tertata dan jelas pula, namun sebaliknya apabila terkait dengan perizinan usaha ini kurang diperhatikan dikhawatirkan akan menimbulkan suatu permasalahan dalam perkembangan bisnis selanjutnya.

9. Fasilitas Umum

perlunya ketersediaan fasilitas umum di kantor
perlunya ketersediaan fasilitas umum di kantor

Hal yang tidak kalah penting dalam menentukan tips memilih lokasi kantor yaitu pada fasilitas umum di sekitarnya. Fasilitas umum ini akan memberikan kemudahan tersendiri bagi para pelaku usaha. Dengan dilengkapi adanya fasilitas umum yang memadai seperti Mushola, toilet, mesin ATM dan lain sebagainya, tentu akan memberikan akses kemudahan dalam pembangunan kantor tersebut, karyawan dan konsumen akan merasa lebih mudah dengan adanya fasilitas ini.

10. Hubungan Sosial Dengan Konsumen

Hubungan sosial dengan konsumen ini berkaitan dengan interaksi yang nantinya akan dilakukan dengan konsumen setelah mendirikan suatu perkantoran. Adanya hubungan sosial yang baik dan ramah akan membuat kantor banyak dikenal dan memberikan citra terbaik dari konsumen. Penilaian terbaik tersebut terjadi karena pelayanan atau akses yang diberikan oleh kantor sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen, sehingga hal tersebut penting diperhatikan dalam pembangunan suatu kantor.

Itulah berbagai informasi berhubungan dengan tips memilih lokasi kantor yang strategis, semoga dengan adanya informasi penjelasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda terutama untuk Anda yang ingin mendirikan kantor dengan memperhatikan betul-betul terkait aspek di dalamnya.