Mendekorasi rumah dengan ornamen yang monoton tentu bisa membuat kita merasa bosan. Namun Anda bisa mencoba meningkatkan estetika interior rumah Anda dengan memanfaatkan kecantikan dari karpet Turkish atau Turki.

Mengenal Karpet Turkish untuk Hunian Minimalis

karpet turkish untuk hunian minimalis
karpet turkish untuk hunian minimalis Photo by Ryan Christodoulou on Unsplash

Desain rumah minimalis memang tidak dapat dipungkiri menjadi tren arsitektur yang tak pernah surut. Sebab desain ini dianggap membuat rumah lebih terkesan moden dan tertata, namun bila kurang pas memilih interior bisa membuatnya terlihat membosankan.

Dengan keterbatasan yang ada membuat kita tidak bisa banyak melakukan dekorasi, untuk itu karpet Turkish bisa menjadi solusinya. Karpet bernuansa Timur Tengah ini bisa membawa nuansa etnik Bohemian yang hangat. Namun sebelum memilih karpet Turkish minimalis untuk hunian Anda, sebaiknya ketahui dulu mengenai jenis, material dan warna hingga polanya sebagai berikut :

1. Jenis Karpet Turki

Sejak berabad-abad lalu masyarakat Turki menganggap bahwa karpet menjadi barang berharga di kediamannya. Secara umum ada 2 jenis karpet Turki yang banyak ditemukan di dunia yakni kilim dan hah. Untuk jenis karpet Kilim merupakan karpet tipis yang pembuatannya dilakukan dengan cara dianyam.

Jenis karpet kilim menjadi tipe karpet paling tua yang pada 7000 tahun sebelum Masehi di Catalhoyuk. Sedangkan untuk jenis karpet hah merupakan karpet yang pembuatannya dengan cara anyaman tali. Pertama kalinya karpet jenis ini diperkenalkan adalah pada abad ke 8 di Anatolia. Meskipun mempunyai perbedaannya tersendiri, namun keduanya digunakan sebagai alas duduk, penutup tembok hingga seprai kasur.

2. Material dan Warna

Umumnya Turkish carpet dibuat menggunakan berbagai bahan alami agar terjaga kualitasnya. Kebanyakan para pengrajinnya menggunakan bahan seperti sutera, wol dan kapas sebagai material utamanya.

Dapat dikatakan bahwa semua bahan tersebut mempunyai daya tahan yang baik dari cuaca panas dan dingin sehingga sangat awet. Sedangkan untuk warnanya, karpet Turkish umumnya dihiasi dengan warna-warna yang kontras. Pilihan warna yang umum digunakan adalah seperti cokelat, hitam, merah, jingga, kuning dan emas.

3. Pola Unik

Dari sisi pola, karpet Turkish juga mempunyai karakteristiknya tersendiri yang bisa membedakannya dari jenis karpet lainnya. Polanya biasaya terbangun dari bentuk geometris maupun bunga-bunga yang diciptakan dari teknik simpul kuno yang disebut Ghiordes.

Teknik simpul Ghiordes sendiri merupakan teknik dengan melingkarkan benang dua kali secara berdekatan. Hal ini cukup berbeda dengan jenis karpet Persia yang umumnya memakai pola gambar sejarah, binatang hingga manusia.

Menentukan Rekomendasi Karpet Turkish Minimalis Favorit 2023 Paling Tepat

Rekomendasi karpet turkish
Rekomendasi karpet turkish Photo by Lida Sahafzadeh on Unsplash

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa karpet Turkish umumnya hanya mempunyai 2 jenis yaitu Kilim dan Hah. Sehingga Anda dapat memilih karpet Turkish favorit 2023 dengan mempertimbangkan warna, pola, bahan atau material hingga harganya.

Pastikan Anda memilih yang sesuai dengan kebutuhan untuk hunian, untuk itu berikut ada beberapa tips yang bisa digunakan. Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa tips memilih rekomendasi karpet Turkish Minimalis Favorit 2023 yang sesuai untuk hunian Anda :

1. Ukuran

Untuk ukuran pastikan Anda mengukur ruangan dengan teliti dan memilih ukuran karpet yang sesuai. Sebagai aturan praktis, pilihlah karpet yang ukurannya lebih besar daripada furnitur yang ditempatkan di atasnya.

2. Warna

Pilihlah warna karpet yang sesuai dengan tema dan warna ruangan Anda. Karpet Turkish minimalis sering memiliki warna-warna kontras seperti cokelat, hitam, merah, jingga, kuning dan emas. Sehingga Anda dapat menentukan warna mana yang cocok untuk segala jenis dekorasi hunian.

3. Bahan

Karpet Turkish minimalis biasanya terbuat dari bahan alami seperti wol atau kapas hingga sutera. Pastikan Anda memilih bahan yang berkualitas tinggi dan mudah dirawat serta tidak lupa tetap nyaman digunakan.

4. Motif

Karpet Turkish minimalis biasanya memiliki motif yang sederhana dan elegan. Pilihlah motif yang tidak terlalu ramai dan dapat melengkapi dekorasi ruangan minimalis dengan indah.

5. Harga

Untuk harga tentukan anggaran Anda terlebih dahulu, setelah itu baru carilah karpet Turkish minimalis yang sesuai dengan anggaran tersebut. Pastikan Anda mendapatkan karpet yang berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau oleh budget Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih karpet Tukish terbaik untuk hunian. Tentu untuk lebih pasti dan jelasnya Anda harus datang langsung ke toko atau penjualnya, namun kini Anda juga dapat membeli berbagai jenis karpet Turkish secara online. Sebab kini banyak penjual atau toko yang merambah ke berbagai platform jual beli online yang bisa Anda manfaatkan.