Siapa yang tidak mau tinggal di rumah lengkap dengan gentengnya? Meskipun bangunan rumah yang Anda huni belum bagus, namun rumah itu sudah memiliki genteng, tentu sudah terasa cukup nyaman. Nah apa sih Definisi genteng sebenarnya? Barangkali ada yang belum paham, begitu pula dengan jenis-jenisnya.

Atap genteng
Bahan atap genteng untuk bangunan tropis di Indonesia

Genteng memang menjadi alat penting untuk melindungi bagian dalam rumah. Selain itu, alat yang berbahan dasar tanah liat ini juga mampu meminimalisir terjadinya kerusakan akibat cuaca. Meski begitu, terkadang genteng juga akan mengalami retak apabila tertimpa benda yang keras. Tidak hanya itu, genteng yang sudah tua juga biasanya akan dipenuhi oleh lumut serta warna yang cenderung gelap.

Sumber: Pexel.com

Biar tidak bingung, mending langsung saja kita bahas pengertian genteng dari dasar. Yups, artikel ini akan membahas tentang makna genteng dari dasar, yaitu dari KBBI atau istilah kerennya, kamus besar bahasa Indonesia, lengkap dengan fungsi serta jenis-jenis, dan juga bahan dasar pembuatan genteng tersebut.

Definisi Genteng

Genteng atau genting (KBBI) adalah suatu komponen yang terbuat dari material tanah liat untuk membantu konstruksi pembangunan. Genteng juga melalui proses yang lumayan panjang yaitu dari mulai dicetak sampai dibakar. 

Selain itu, genteng juga mempunyai variasi bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Sehingga Anda bisa memiliki ukuran dan bentuk genteng sesuai dengan keinginan. Tidak hanya itu, genteng juga dikenal sebagai penutup atap untuk rumah. 

Fungsi dan Jenis Genteng

Genteng tentu mempunyai fungsi dan jenis tersendiri di dalamnya. Selain itu, genteng juga terbuat dari berbagai material. Pada hakikatnya, genteng memang berguna untuk melindungi rumah beserta penghuninya dari segala cuaca yang akan menerpa. Supaya Anda tidak penasaran artikel ini akan membahas tentang jenis genteng dan fungsinya. 

1. Genteng Tanah Liat 

Genteng tanah liat

Genteng yang terbuat dari material tanah liat memang sangat lumrah dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Genteng ini juga mempunyai ketahanan yang kuat serta dibanderol dengan harga relatif murah. 

2. Genteng Keramik

genteng keramik

Genteng ini berbahan dasar tanah liat serta keramik dengan lapisan cat glazur yang membuat tampilan genteng menjadi lebih mengkilap. Biasanya digunakan di rumah mewah dengan variasi desain yang berbeda. Uniknya, genteng ini lebih tahan lama, ramah lingkungan, serta perawatan cenderung mudah. Sayangnya, harga dari genteng keramik ini cukup mahal. 

3. Genteng Beton

Genteng beton

Genteng beton terbuat dari berbagai macam material, seperti; pasir, semen, serta fly ash. Genteng dengan model seperti ini biasanya digunakan untuk rumah minimalis. Menariknya, genteng jenis ini mampu menahan segala cuaca, api, dan yang lainnya. Sayangnya, genteng beton ini memiliki bobot berat sehingga harga relatif mahal. Tidak hanya itu, bahkan genteng beton juga mudah berlumut sehingga Anda harus ekstra dalam merawatnya. 

4. Genteng Aspal 

Genteng aspal

Genteng yang tak kalah populer yaitu genteng aspal. Genteng tersebut  berbahan dasar serat kayu dan aspal. Selain itu, genteng ini juga sering digunakan pada rumah minimalis. Genteng aspal mempunyai bentukan yang lebar dan berlapis sehingga lebih kuat, tahan api serta tahan bocor. Namun, harga dari genteng aspal juga cukup tinggi karena banyak benefit yang bisa Anda ketahui. 

5. Genteng Metal

genteng metal

Genteng ini terbuat dari lembaran metal yang diproses menjadi lembaran genteng. Selain itu, genteng metal juga mempunyai bobot yang ringan sehingga cocok untuk menambah kesan cantik pada rumah minimalis Anda. Menariknya, genteng ini juga dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Menariknya, genteng metal ini dilengkapi dengan logam metal yang kuat, tahan api, dan anti lumut. 

6. Genteng Kaca

genteng kaca

Genteng kaca, genteng ini berbahan dasar kaca, di mana ia akan terlihat tembus pandang. Untuk material genteng kaca ini adakalanya tidak dari kaca, melainkan dari yang lain, contohnya plastik, akrilik dan lain sebagainya.

Bahan Dasar Pembuatan Genteng dari Tanah Liat

Membuat genteng dari tanah liat sangatlah mudah. Biasanya teknik yang digunakan yaitu teknik cetak tekan. Di mana Anda harus menyiapkan cetakan genteng lalu simpan adonan tanah liat pada cetakan genteng lalu tekan. Tunggu sampai kering lalu bakar. Genteng pun jadi dan siap untuk digunakan. 

Adapun kualitas genteng biasanya tergantung seberapa besar persen kemurnian tanah liat itu. Ada yang sengaja diberi campuran bahan lainnya, bahkan pengolahan yang keliru atau kurang maksimal pun akan berpengaruh terhadap ketahanan genteng.

Genteng dari tanah liat, yang awet, akan bertahan lebih lama dari perkiraan. Bahkan terkena hujan, dan panas puluhan tahun pun masih akan bertahan.

Itulah definisi genteng yang lengkap dengan jenis, fungsi, serta bahan pembuatannya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mengulik informasi lengkap mengenai genteng.