Manfaat asuransi properti sebagai perlindungan rumah terhadap suatu risiko. Asuransi properti yaitu perlindungan harta benda atau rumah terhadap risiko dan hal-hal yang tidak diinginkan.

Risiko tersebut antara lain seperti kebakaran, pencurian dengan kerusakan harta benda, biaya konstruksi. Agar Anda lebih memahami asuransi properti, mari simak artikel berikut ini. 

Definisi dari Manfaat Asuransi Properti

Definisi dan Manfaat Asuransi Properti yang Perlu Diketahui
Definisi dan Manfaat Asuransi Properti yang Perlu Diketahui

Asuransi properti merupakan salah satu cara untuk melindungi rumah atau properti dari berbagai risiko yang mengancam. Saat keluar rumah dalam waktu yang lama, misalnya pergi berlibur atau berkendara pulang.

Rumah kosong itu pasti luput dari perhatian Anda. Hal ini tentu saja akan menimbulkan beberapa kemungkinan buruk, misalnya saja seperti kebakaran, banjir bahkan kejahatan. 

Sebenarnya, ada cara umum untuk bisa mencegah kemungkinan buruk ini terjadi di rumah. Contohnya saja seperti memasang video surveillance, mengunci semua pintu dan pagar serta menyewa satpam untuk menjaga rumah.

Namun, hal ini tidak cukup untuk mencegah kejadian tidak terduga. Ketika risiko dan bencana terjadi, metode yang ada di atas tidak dapat mengembalikan nilai barang yang rusak atau hilang.

Oleh sebab itu, tugas asuransi properti adalah untuk melindungi rumah dari berbagai risiko dan bencana. Asuransi properti sama persis dengan jenis asuransi lainnya.

Penanggung akan membuat kontrak tertulis dengan klien. Setelah itu, pelanggan akan membayar biaya musiman sesuai kesepakatan.

Apabila terjadi bencana, pihak asuransi akan memeriksa kondisi harta milik klien untuk menentukan tingkat kerusakannya.

Selain itu, pelanggan juga bisa menuntut kerugian seperti pembelian untuk barang yang rusak. Selain itu, ada referensi diambil dari indeks pembayaran klaim kompensasi.

Perusahaan asuransi akan mengkompensasi kerusakan properti dan melindungi sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. Pada dasarnya, manfaat asuransi properti merupakan cara untuk melindungi harta benda dari bencana dengan cara membayar klaim.

Namun, asuransi properti memiliki semua jenis risiko. Asuransi property All Risks mencakup perlindungan terhadap perampokan, pencurian, kebakaran, bencana alam, ledakan atau petir. Jenis asuransi properti.

Asuransi properti juga menawarkan perlindungan untuk rumah dan bisa melindungi aset bisnis. Terdapat dua jenis asuransi properti, yaitu:

1. Asuransi rumah

manfaat asuransi properti untuk rumah
manfaat asuransi properti untuk rumah

Rumah tidak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal, namun juga menjadi properti investasi yang bernilai. Oleh karena itu, rumah harus dilindungi dari semua risiko maupun bencana.

Asuransi properti adalah jawaban untuk melindungi rumah dari potensi kecelakaan. Isi asuransi biasanya berupa kerusakan dan risiko yang akan ditransfer ke perusahaan asuransi.

Ini berarti perusahaan asuransi akan menanggung semua risiko dan mengkompensasi kerusakan tersebut. Kerugian ini sebanding dengan adanya kebakaran rumah atau bencana alam.

Sementara itu, asuransi isi rumah tidak hanya menawarkan perlindungan materiil atas rumah. Akan tetapi, juga risiko jika terjadi kecelakaan, seperti perlindungan anggota keluarga. 

2. Asuransi Bisnis

Asuransi properti juga memiliki jenis perlindungan bagi perusahaan, yakni perlindungan aset bisnis (gangguan bisnis). Manfaat asuransi properti ini sangat banyak, apalagi jika properti bisnis terbakar.

Perusahaan asuransi akan menanggung pendapatan bisnis sementara. Pemilik bisnis bisa mengajukan asuransi real estat komersial jika terjadi bahaya atau bencana.

Sebelum mengambil asuransi bisnis atau kerusakan properti, perusahaan asuransi  harus memperhitungkan manfaat asuransi properti. Misalnya saja seperti perkembangan ekonomi dan waktu pemulihan kerusakan.

Manfaat dari Asuransi Properti Terbaik 

Asuransi properti mencakup perlindungan terhadap kecelakaan, kewajiban, perhiasan, peralatan, bangunan atau properti
Asuransi properti mencakup perlindungan terhadap kecelakaan, kewajiban, perhiasan, peralatan, bangunan atau properti

Asuransi properti memiliki beberapa manfaat yang harus Anda ketahui. Salah satu manfaat asuransi properti yaitu melindungi dan menanggung biaya kerusakan properti jika terjadi bencana.

Asuransi properti mencakup perlindungan terhadap kecelakaan, kewajiban, perhiasan, peralatan, bangunan atau properti. Selain itu, asuransi properti juga bisa menjaga agar nilai properti tetap stabil bahkan membuatnya menjadi lebih tinggi.

Sebenarnya masih ada beberapa Manfaat dari Asuransi Properti yang perlu diketahui. Manfaat asuransi properti harus Anda perhatikan agar rumah bisa terjaga. Berikut adalah daftar manfaat dari Asurasi Properti :

1. Ganti Rugi Kerusakan karena Bencana Alam

Hal yag menarik dari Manfaat Asuransi properti adalah adanya penggantian atau perbaikan jika properti Anda mengalami kerusakan akibat gempa bumi, angin topan, letusan gunung berapi atau bencana alam lainnya yang mungkin merusak properti tersebut. Akan tetapi asuransi tersebut tidak menanggung kerusakan akibat banjir atau bencana akibat perbuatan manusia yang disengaja.

2. Ganti Rugi pada Kasus Kebakaran

Jika terjadi kebakaran, pihak asuransi properti dapat menanggung ganti rugi kerusakan
Jika terjadi kebakaran, pihak asuransi properti dapat menanggung ganti rugi kerusakan

Dalam produk asuransi properti, manfaat yang dapat dirasakan secara khusus adalah ganti rugi atas kerusakan properti akibat bencana kebakaran. Pada jenis asuransi properti all risk, semua musibah yang dialami nasabahnya akan ditanggung oleh perusahaa asuransi secara penuh. Jika terjadi kebakaran, pihak asuransi properti dapat menanggung ganti rugi kerusakan yang terjadi sesuai dengan nilai pertanggungan yang diberikan.

3. Mengganti Hilangnya Harta Benda

Jika Anda sedang bepergian misalnya sedang mudik dan tiba-tiba harta benda berharga di rumah Anda dicuri. Misalnya cincin emas pernikahan, kalung, dll, maka Anda berhak mendapatkan penggantian dari manfaat asuransi properti. Akan tetapi, sebelum itu Anda wajib mendokumentasikan pencurian dengan bukti bahwa Anda dah memiliki harta benda tersebut dan hal ini juga harus didukung dengan laporan kehilangan yang bisa diurus pada kantor polisi terdekat.

Demikian mengenai definisi dan manfaat dari Asuransi Properti. Semoga bermanfaat.