Berbicara mengenai perkembangan real estate di Indonesia tentunya tidak akan terlepas dari daftar perusahaan real estate terbesar di Indonesia berikut ini, di mana perusahaan-perusahaan tersebut sudah mencapai kesuksesan yang luar biasa dalam menyediakan kebutuhan properti bagi masyarakat Indonesia.

penyedia properti real estate indonesia
Mengenal 7 Perusahaan Real Estate Terbesar di Indonesia

Real estate dalam bahasa Indonesia berarti lahan yayasan. Pada umumnya, masyarakat lebih mengenal real estate sebagai gedung, perumahan, dan sebagainya. Seiring dengan berjalannya waktu, industri real estate berkembang dengan pesat.

Banyak masyarakat yang tertarik menggeluti bisnis ini, karena industri real estate berpotensial untuk jangka panjang. Sampai sekarang, real estate terbagi menjadi tiga kategori yakni residensial, komersial, dan industrial.

7 Perusahaan Real Estate Terbesar di Indonesia

Dengan keuntungan yang diberikan sangat besar menjadikan bisnis real estate banyak digeluti oleh sebagian orang. Hal ini dikarenakan harga properti yang selalu terus naik dari tahun ke tahun. 

Terdapat 7 perusahaan real estate terbesar yang ada di indonesia yang dapat dijadikan sebagai bahan informasi terutama bagi yang tertarik memulai bisnis ini.

1. PT Alam Sutera Realty Tbk

PT Alam Sutera Realty Tbk, terkenal sejak pengembangan kawasan Serpong pada tahun 1999. Perusahaan ini bergerak di bidang konstruksi dan pengelolaan pembangunan perumahan.

Terdapat sederet properti yang dibangun di daerah Serpong tersebut, Untuk properti yang ada di Alam Sutera dilengkapi dengan adanya apartemen, perumahan, pusat perbelanjaan, dan superblok. 

Salah satu perumahan yang telah dikembangkannya mengusung konsep rumah tropis modern yaitu Nykka by Alam Sutera. Rumah ini merupakan rumah yang dikembangkan untuk kondisi iklim di Indonesia dengan menyesuaikan gaya hidup masa kini.

2. PT Ciputra Development Tbk

Perusahaan real estate terbesar selanjutnya PT Ciputra Development Tbk, biasa disebut Ciputra Group. Perusahaan ini didirikan tahun 1981, di mana perusahaan ini memperluas operasinya di seluruh Indonesia, mengembangkan perumahan dan area komersial.

Berbagai mega proyek telah dikerjakan oleh Ciputra Group, mereka juga membangun berbagai gedung perkantoran seperti Citra Towers Kemayoran.

3. PT Lippo Karawaci Tbk

Perusahaan ini didirikan tahun 1990, yang merupakan salah satu anak perusahaan Lippo Group. Perumahan yang sudah dibuat diantarnya, yaitu Cendana Lippo yang berlokasi di Curug, Tangerang.

Perusahaan real estate terbesar ini tak hanya mengembangkan hunian untuk tinggal tapi juga komersial, seperti Hotel Aryaduta, Rumah Sakit Siloam, dan Taman Makam San Diego Hills. Selain itu, mereka juga membangun area superblok yang modern.

4. PT Agung Podomoro Land Tbk

Perusahaan real estate ini memulai proyek pertamanya dengan membangun kompleks perumahan di Simprug, Jakarta Selatan. Kemudian membangun kompleks perumahan yang dilengkapi dengan sekolah, tempat ibadah, pusat rekreasi, rumah sakit dan pasar. 

Terdapat sejumlah proyek yang telah dikembangkan, seperti Green Bay Pluit, Orchard Park Batam, Neo Soho at Podomoro City, dan sebagainya.

5. PT Pakuwon Jati Tbk

PT Pakuwon Jati menjadi salah satu perusahaan real estate terbesar, sampai tahun 2021, perusahaan ini mempunyai dua unit perumahan dan empat superblok yang tersebar di Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Solo.

Selain itu, perusahaan ini juga telah membangun superblok, apartemen, perkantoran, hotel perumahan maupun pusat perbelanjaan. Sebagian besar properti yang dibangun oleh pengembang ini mengarah pada gaya bangunan modern dengan mengutamakan kenyamanan.

Pawukon Jati juga sudah pernah mendapatkan gelar Indonesia’s Best Managed Companies yang diselenggarakan oleh Deloitte pada tahun 2021

6. PT Agung Sedayu Group

Pantai Indah Kapuk merupakan salah satu proyek dari PT Agung Sedayu Group. Perusahaan ini telah banyak mengembangkan berbagai proyek properti, seperti kompleks hunian mewah yang bisa menjadi tempat tinggal pilihan keluarga.

Agung Sedayu Group pada awalnya hanyalah sebuah perusahaan kontraktor biasa yang berdiri pada tahun 1970. Perkembangannya yang sangat pesat dan berkat kepercayaan dari kliennya, membuat perusahaan ini berkembang menjadi salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia. Hingga saat ini, perusahaan ini telah banyak membangun perumahan, pergudangan, apartemen, mall dan akomodasi wisata. 

7. PT Bumi Serpong Damai Tbk

Perusahaan real estate terakhir adalah PT Bumi Serpong Damai Tbk. BSD City menjadi proyek kota terencana yang berada di Serpong, yang dilengkapi dengan pusat perbelanjaan, area bisnis, tempat rekreasi, dan area perumahan.

Tidak hanya rumah dan gedung hunian, BSD City juga telah membangun rumah sakit, perkantoran, pariwisata, pendidikan, pameran dan pusat perbelanjaan. Ketersediaan akses jalan tol dan rute komuter membuat proyek BSD menjadi salah satu proyek kota paling maju di Indonesia.

Demikian daftar perusahaan real estate di Indonesia yang sudah menunjukkan kemajuannya. Keuntungan yang sangat menjanjikan menjadikan bisnis real estate berpeluang besar mendapatkan kesuksesan. Sehingga banyak bermunculan perusahaan real estate terbesar khususnya di Indonesia sendiri.