Perbedaan perumahan dan permukiman, Istilah ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Keduanya ternyata tidaklah sama seperti yang dipikirkan.

Perbedaan Perumahan dan Permukiman agar Tidak Keliru
Perbedaan Perumahan dan Permukiman agar Tidak Keliru

Hal ini sering kali dianggap sama, nyatanya ada beberapa perbedaan yang mendasari dua istilah tersebut. Perlu diketahui, ternyata Perbedaan kedua hal itu sudah jelas tertera dalam UU RI No. 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman. 

Oleh karena itu, agar tidak terjadi kekeliruan, mari simak beberapa perbedaan perumahan dan permukiman di bawah ini.

Definisi Perumahan yang Harus Anda Pahami

Perlu untuk diketahui, jika ingin mengetahui apa itu perumahan secara gamblang, bisa lihat UU No. 4 Tahun 1992 tentang Perumahan dan Permukiman. Dalam aturan tersebut sudah jelas, dijelaskan kalau perumahan berada dalam lingkup pemukiman. 

Dengan begitu, perumahan adalah kumpulan rumah di dalam suatu pemukiman masyarakat yang berfungsi sebagai lingkungan tempat tinggal. 

Maka, kawasan perumahan merupakan sebuah lingkungan yang terdiri dari kumpulan unit-unit rumah yang menjadi subsistem dari kota secara keseluruhan.

Lingkungan hunian ini biasanya mempunyai aturan-aturan, kebiasaan-kebiasaan, serta sistem nilai yang berlaku bagi penghuninya. Jenisnya juga bermacam-macam, bisa berbentuk perumahan biasa, perumahan cluster, atau townhouse.

Pengertian Permukiman yang Harus Anda Ketahui

permukiman adalah daerah yang digunakan sebagai tempat bermukim suatu kelompok masyarakat di dalam suatu negara. Kawasan ini juga dianggap sebagai sebuah lingkungan hidup yang dapat berupa pedesaan, perkotaan, atau keduanya sekaligus.

Sebagai lingkungan tempat tinggal atau lingkungan hunian dan tempat kegiatan yang mendukung perikehidupan dan penghidupan. Ini adalah fungsi permukiman yang di tertera si undang-undang.

Secara garis besar, permukiman bukan hanya sekadar lingkungan yang terdiri dari tempat tinggal saja. Di bawah ini adalah perbedaannya secara lebih spesifik.

Poin Perbedaan Perumahan dan Permukiman

Jika melihat kembali regulasi yang tertera di Undang-Undang Republik Indonesia, maka dapat dipahami bahwa terdapat sejumlah poin perbedaan. Berikut adalah perbedaan antara perumahan dan permukiman.

1. Dilihat dari Pengertiannya

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, melihat segi pengertiannya saja keduanya sudah sangat berbeda. Secara mudahnya, perbedaan perumahan dan permukiman jika sebuah perumahan merupakan kumpulan rumah yang berada pada kawasan permukiman. 

Sedangkan permukiman adalah daerah mukim yang di dalamnya terdapat perumahan di mana berisi rumah-rumah sebagai tempat tinggal masyarakat. 

2. Dilihat dari Fungsinya

Fungsi dari dua istilah ini juga sangat berbeda. Apabila lahan dari sebuah perumahan difungsikan sebagai tempat membangun rumah-rumah tinggal bagi keluarga di daerah tersebut.

Sedangkan lokasi permukiman merupakan lingkungan secara lebih luas. Tempat mukim ini mendukung terciptanya kehidupan dan penghidupan masyarakat. Keduanya mempunyai peran yang besar dalam pemenuhan kehidupan papan manusia. 

Oleh sebab itu, Anda harus menentukan lokasi terbaik. Salah satunya adalah dengan memilih Perumahan yang dapat membuat nyaman. Pilih tipe hunian sesuai kebutuhan di mana lokasinya sangat strategis dan aman untuk ditinggali.

3. Dilihat dari Skalanya

Perbedaan perumahan dan permukiman jika dilihat dari skalanya, baik itu perumahan dan permukiman mempunyai ukuran luas berbeda. Jika berbicara skala yang luas jelas kawasan bermukim memiliki skala lebih luas bukan hanya membangun perumahan saja.

Perlu diketahui untuk membangun sebuah permukiman yang nyaman untuk ditinggali, terdapat syarat-syarat tertentu dalam pembangunannya. Rumah-rumah yang dibangun di tempat pembangunan hunian atau perumahan tentu memiliki skala lebih kecil.

Keduanya saling mendukung untuk menciptakan lokasi tempat tinggal layak serta memudahkan mobilitas keseharian. Apalagi jika bermain saham di bidang properti, maka ini bakal menjadi sorotan karena nilainya akani terus meningkat di masa depan.

Meskipun menjadi bagian dari lingkungan tempat tinggal, keduanya mempunyai poin berbeda mulai dari pengertian, fungsi, sampai skalanya. Itulah informasi tentang perbedaan perumahan dan permukiman.