Cara menghitung nilai properti saat ini memang sangat mudah. Penilaian properti merupakan salah satu proses penentuan nilai pasar, investasi, asuransi, atau nilai properti lainnya.

properti rumah dan kuncinya
3 Cara Menghitung Nilai Properti yang mudah Wajib Diketahui

Umumnya, kegiatan penilaian ini dilakukan oleh penilai real estate hanya melalui bank atau pihak ketiga. Hasil evaluasi tidak hanya diperlukan oleh agen real estate, namun juga oleh agen real estate dan investor yang mencari real estate.

Mengetahui Cara Menghitung Nilai Properti yang benar

Banyak sekali pemilik properti yang bertanya-tanya berapa nilai properti. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui nilai properti.

Setidaknya, sudah ada berbagai macam tips untuk mengetahui nilai properti pribadi, antara lain:

1. Menanyakan kepada penilai real estat

Tips pertama yaitu dengan bertanya langsung pada ahlinya yaitu para penilai properti. Seperti namanya, tugas penilai real estat yaitu akan memperkirakan harga properti berdasarkan tarif sebelumnya sehingga klien dapat menjual atau membelinya.

Dengan bantuan pengetahuan yang ada, penilai real estat juga akan mengetahui seperti apa kondisi properti di pasar. Jadi gunakanlah keahlian mereka untuk menilai properti milik sendiri.

Selain itu, bisa memeriksa nilai properti sesuai dengan ukurannya. Coba juga cek berapa harga tanah dan bangunan per meter di tempat bangunan itu berdiri. Setelah itu, hitunglah harga taksir berdasarkan luas bangunan atau tanah yang dimiliki.

2. Panduan untuk menghitung luas tanah dengan mudah dan akurat

Selanjutnya, cara menghitung nilai properti bisa juga melakukan perbandingan dengan objek yang sejenis, misalnya membandingkan dua rumah tipe 45. Terdapat juga beberapa faktor yang membuat harga properti yang sebanding lebih mahal dari properti milik sendiri.

Contohnya saja, karena rumahnya memiliki pemandangan yang lebih bagus, kamar tidur lebih banyak, dan lainnya. Selain itu, sangat penting untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang harga real estat di pasar.

Apabila Anda tahu tentang real estat ini, maka akan tahu harga jual properti dan peluang investasinya. Dikarenakan analisis ini perlu keahlian di bidang tersebut.

Cara Sederhana untuk Menghitung Nilai Properti

Metode penilaian properti yang pertama yaitu dilihat dari berdasarkan Nilai Jual Barang Kena Pajak (NJOP). Cara menghitung nilai properti ini relatif mudah, apalagi jika ingin mencari harga properti dengan menggunakan patokan pemerintah.

1. Berdasarkan NJOP

Di kota-kota yang besar, nilai NJOP bervariasi antara 25 sampai 50% dari nilai asli properti. Contohnya saja ingin berencana menjual rumah di desa Mustika Sukamulya yang baru ditinggali selama dua tahun, dengan keterangan sebagai berikut:

  • Lokasi konstruksi: sekitar 36 m²
  • Daerah: sekitar 60 m²
  • Konstruksi NJOP: sebesar Rp 2.500.000
  • NJOP negara: sebesar 2.500.000 Rp
  • Jadi total harga properti sebesar 60 m² x Rp 2.500.000 = Rp 150.000.000.
  • Sedangkan, total harga bangunan: 36m² x 2.500.000 Rp = 90.000.000

Jadi cara menghitung nilai properti tersebut totalnya hanya sekitar: Rp150.000,00 + Rp 90.000.000 = Rp240.000.000.

2. Rata-rata Harga Sewa

Secara umum, harga sewa sebuah properti hanya sebesar 3-5% dari harga seharusnya. Contohnya saja, harga sewa sebuah rumah adalah Rp20 juta per tahun, maka harga pasaran rumah tersebut sekitar Rp300 juta hingga Rp 500 juta.

3. Tingkat kapitalisasi

Investor akan menggunakan tingkat kapitalisasi untuk bisa menetapkan harga pembelian. Sementara itu, pihak penilai (appraisal) menggunakannya untuk cara menghitung nilai properti. Rumus dari cap rate yang didapatkan, antara lain:

Tingkat kapitalisasi = Penghasilan Operasional Bersih dibagi Harga Pembelian

Beberapa informasi yang ada diatas cukup lengkap dan bisa dijadikan referensi. Cara menghitung nilai properti memang sebenarnya sangat mudah dan praktis.

Demikianlah mengenai Cara Menghitung Nilai Properti yang mudah Wajib Diketahui, apabila terdapat cara lain yang lebih cepat, silahkan sampaikan pada kolom komentar dan kita berdiskusi bersama.