Jika sahabat berencana membangun rumah, pastinya sahabat Arsitur pernah bertanya berapa jumlah batako yang dibutuhkan untuk membuat sebuah kamar tidur berukuran 3 x 4 meter ? Jika sahabat sering memikirkan hal ini maka sebaiknya simak artikel berikut sampai selesai.

Cara Menghitung Jumlah Batako yang Dibutuhkan pada Dinding

Bagaimana cara cara menghitung jumlah batako yang dibutuhkan pada dinding ? Tentu saja yang pertama kita lakukan adalah mengetahui berapa ukuran batako yang akan kita gunakan untuk membuat dinding tersebut. Ukuran standar batako yang dijual rata-rata berukuran panjang 40 cm, tinggi 20 cm dan tebal 10 cm.

Ukuran satu pasang batako dengan perekat semen plesteran

Pasangan batako untuk dinding kamar umumnya dipasang secara berdiri, sehingga yang dihitung adalah panjang dan tingginya saja. Di sisi lain perlu sahabat pahami bahwa pasangan batako tidak dipasang rapat satu sama lain. Ada jarak sekitar 3 cm di bawah dan di sisi samping sebagai tempat perekat berupa campuran pasir semen dan air.

Dengan demikian untuk menghitung jumlah kebutuhan batako untuk pasangan dinding, pertama kita akan mencari ukuran satu pasang batako dengan semen plesteran di bagian bawah dan sampingnya. Gunakan rumus berikut ini.
Ukuran 1 Pasang Batako = Ukuran Batako + Plesteran Perekat
Ukuran 1 Pasang Batako = 20 cm x 40 cm + 3 cm Plesteran di sisi bawah dan samping
Ukuran 1 Pasang Batako = 23 cm x 43 cm = 0,23 m x 0,43 m

Baca juga : Cara Menghitung Biaya Pemasangan Tembok Batako

Contoh cara menghitung jumlah kebutuhan batako

Misalnya ada sebuah kamar dengan ukuran panjang 4 meter, lebar 5 meter yang akan dipasang dinding batako setinggi 3,5 meter. Kamar ini memiliki pintu dengan lebar kusen 1 meter dan tinggi kusen 2,2 meter serta jendela dengan lebar kusen 80 cm dan tinggi 1,5 meter. Mari kita hitung jumlah batako yang diperlukan untuk membangun kamar ini.

Dengan mengetahui ukuran-ukuran di atas, kita bisa tentukan terlebih dahulu luas pasangan batako yang akan menjadi dinding kamar tersebut. Caranya adalah dengan mengalikan keliling ruangan dengan tinggi dinding, kemudian dikurangi dengan luas pintu dan jendela yang ada. Rumusnya bisa dilihat di bawah ini.
Luas Pasangan Batako = Keliling Tembok Batako x Tinggi Pasangan Batako - Luas Pintu dan Jendela
Luas Pasangan Batako = 2 x (Panjang + Lebar) x Tinggi Pasangan Batako - (Lebar x Tinggi Pintu dan Jendela)
Luas Pasangan Batako = 2 x (4 + 5) x 3,5 - (1 x 2,2 + 0,8 x 1,5)
Luas Pasangan Batako = 59,6 m2

Baca juga : Daftar Harga Bata Merah, Batako dan Bata Ringan Tahun 2020

Setelah kita mengetahui luas pasangan batako, tinggal kita bagi dengan ukuran satu pasang batako yang sudah kita hitung sebelumnya. Sehingga perhitungannya menjadi seperti di bawah ini.
Jumlah Kebutuhan Batako = Luas Pasangan Batako / Ukuran Batako 1 Pasang
Jumlah Kebutuhan Batako = 59,6 m2 / (0,23 x 0,43)
Jumlah Kebutuhan Batako = 59,6 m2 / 0,08
Jumlah Kebutuhan Batako = 602 buah atau dibulatkan menjadi 610 buah
Jika satu buah batako dijual dengan harga Rp 3.000,00 maka kita perlu menyiapkan dana 610 x Rp 3.000,00 = 1.830.000,00 untuk kebutuhan biaya batako. Namun terkadang membeli batako dalam jumlah banyak kita akan mendapatkan diskon.

**Catatan : Jangan lupa tambahkan jumlah batako dari perhitungan yang kita dapatkan karena mungkin saja batako yang kita beli ada yang pecah, rusak atau digunakan untuk kebutuhan penunjang proyek.

Demikian mengenai cara menghitung jumlah kebutuhan batako untuk bahan dinding. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan sahabat Arsitu semuanya.