Skip to main content

Mengenal Besi Wiremesh : Fungsi dan Jenisnya

Sahabat mungkin sering menderngar besi wiremesh atau jaring besi ? Dalam artikel ini kita akan membahas secara lebih detail mengenail besi wiremesh, jenis dan fungsinya sebagai material bangunan yang serbaguna.

Apa itu Wiremesh ?

Mengenal Besi Wiremesh : Fungsi dan Jenisnya
Mengenal Besi Wiremesh : Fungsi dan Jenisnya

Wiremesh merupakan jaring besi yang sering digunakan sebagai tulangan untuk memperkuat beton. Wiremesh adalah rangkaian besi bulat polos yang dianyam dalam dua arah beseberangan (vertikal dan horizontal) membentuk bidang mesh atau jaring kotak yang setiap titik pertemuannya disambung dengan menggunakan las.

Wiremesh sering juga disebut dengan anyaman besi yang dibuat dengan menggunakan mesin pengelasan otomatis. Dengan sistem pengelasan yang dilakukan di pabrik, wiremesh memiliki ukuran anyaman yang presisi dan praktis digunakan.

Apa saja Fungsi Wiremesh ?

Wiremesh pada dasarnya dibuat sebagai bahan bangunan pra cetak untuk menggantikan setiap anyaman besi yang dibuat secara manual. Tujuannya agar lebih praktis dan pengerjaan bangunan lebih cepat. Berikut adalah beberapa fungsi dan kegunaan wiremesh.
Tulangan beton on site - wiremesh sering juga digunakan sebagai tulangan beton yang dicetak manual seperti plat lantai bangunan bertingkat atau jembatan karena praktis dan mudah dipasang
Tulangan beton pracetak - fungsi wiremesh yang pertama adalah untuk menjadi tulangan beton pracetak seperti tutupan buis beton, culvert boc dll.
Tulangan beton di tanah - wiremesh juga bisa digunakan untuk tulangan beton yang diletakan di atas tanah seperti beton rabat atau jalan tol yang juga menggunakan beton
Tulangan beton menggantung - wiremesh juga digunakan untuk tulangan beton yang menggantung seperti dekorasi gedung atau saluran pembuangan air
Instalasi jaring besi - wiremesh juga bisa digunakan untuk membuat berbagai instalasi dari besi misalnya gantungan pot untuk vertikal garden, media tanaman rambat, kandang atau pengisi pagar

Jenis Besi Wiremesh dan Ukuran Wiremesh

Wiremesh diproduksi dalam berbagai jenis dan ukuran. Jenis wiremesh dapat kita bagi berdasarkan banyak hal, misalnya ukuran diameter besi penyusunnya, bahan besi yang digunakan, bentuk besi, bentuk wiremesh, dll. Berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis-jenis  wiremesh yang dijual di toko bangunan.

Jenis-jenis wiremesh dilihat dari besi penyusunnya

Jika dilihat berdasarkan besi yang digunakan untuk membuat wiremesh, maka ada beberapa jenis wiremesh yang bisa kita jumpai di toko-toko bangunan.
Wiremesh besi biasa - wiremesh yang dibuat dengan besi biasa (finishing standard) biasanya digunakan untuk tulangan beton dan memiliki daya tahan yang kurang baik jika disimpan terlalu lama.
Wiremesh galvanis - wiremesh yang dibuat dengan besi yang sudah mendapat proses galvanis sehingga lebih tahan karat dan dianggap lebih kuat dibanding besi biasa

Jenis-jenis wiremesh dilihat dari bentuknya

Bentuk besi wiremesh tidak selalu jaring-jaring dengan lubang persegi, ada juga jajaran genjang dan persegi panjang. Namun untuk tulangan beton yang digunakan biasanya adalah jenis wiremesh yang memiliki jarak yang sama (persegi) dan jarak ini juga harus sesuai dengan perhitungan struktur yang dilakukan.

Jenis-jenis wiremesh dilihat dari cara pengemasan

Ada dua cara pengemasan besi wiremesh yang bisa kita lihat di toko bangunan, yaitu wiremesh lembaran dan wiremesh roll. Simak perbedaan keduanya berikut ini.
Wiremesh lembaran - wiremesh yang dijual lembaran biasanya merupakan besi dengan diameter yang cukup besar sehingga tidak mungkin untuk digulung. Satu lembar wiremesh memiliki ukuran 5.4m x 2.1 m, namun ada juga produsen yang membuat dengan ukuran berbeda sehingga harus dicek terlebih dahulu
Wiremesh gulungan (roll) - wiremesh roll biasanya dibuat dengan besi yang lebih kecil dan lentur sehingga bisa digulung. Wiremesh roll biasanya digunakan untuk bahan pagar atau jaring untuk kandang hewan

Jenis wiremesh berdasarkan profil besi

Jika dilihat dari profil besi yang digunakan untuk membuat wiremesh, maka kita akan mengenal dua jenis wiremesh yaitu wiremesh besi polos dan wiremesh besi ulir.
Wiremesh besi polos - dibuat menggunakan besi bulat biasa dan memiliki harga yang lebih murah.
Wiremesh besi ulir - dibuat menggunakan besi ulir (guratan spiral) yang dipercaya lebih baik digunakan untuk tulangan beton karena ulir pada besi dapat membantu mencengkram beton lebih kuat sehingga kualitas beton lebih kokoh.

Harga Wiremesh

Harga wiremesh sangat bervariasi sesuai dengan jenis besi dan harga ini sangat ditentukan oleh berat total besi yang digunakan untuk membuat wiremesh. Semakin besar diameter besi wiremesh, semakin mahal juga harga wiremesh tersebut. Untuk lebih jelasnya mengenai harga besi wiremesh, simak hasil survei bahan yang pernah Arsitur lakukan di beberapa kota di Indonesia pada link di bawah ini.

Baca Juga : Daftar Harga Wiremesh

Baca Juga : Daftar Harga Besi Polos dan Besi Ulir

Pemasangan wiremesh

Pemasangan wiremesh untuk tulangan beton dapat dilakukan dengan cara mengikatnya menggunakan kawat sebelum pengecoran. Wiremesh juga dapat dilas dengan besi lainnya apabila diperlukan. Pemasangan besi wiremesh untuk tulangan plat lantai beton jauh lebih praktis dan lebih cepat dibanding dengan membuat tulangan secara manual dengan besi batangan. Oleh karena itu dalam proyek skala luas besi wiremesh sangat dibutuhkan.

Kelebihan menggunakan besi wiremesh untuk tulangan beton

Praktis - besi wiremesh lebih praktis digunakan daripada membuat tulangan dengan besi batangan secara manual yang pasti akan memakan waktu lebih lama.
Presisi - besi wiremesh biasanya dilas dengan menggunakan mesin sehingga menghasilkan bentuk yang lebih presisi dengan kesalahan yang kecil. Hal ini penting untuk membuat beton yang kuat dan distribusi tulangan yang merata.
Cepat Dikerjakan - menggunakan besi wiremesh untuk tulangan plat lantai jauh lebih praktis daripada membuat tulangan secara manual, apalagi untuk proyek skala besar yang membutuhkan plat lantai yang luas.
Murah - jika dihitung biaya keseluruhan termasuk total waktu pengerjaan tentu akan menjadi lebih murah. Tidak perlu menghabiskan ongkos untuk membayar tukang membuat besi tulangan secara manual yang mungkin akan membutuhkan lebih banyak biaya

Kekurangan menggunakan besi wiremesh untuk tulangan beton

Transportasi - besi wiremesh perlu diangkut menggunakan sarana yang sesuai, apalagi untuk membuat plat lantai di atas. Tentu saja besi wiremesh akan jauh lebih berat dibanding dengan besi batangan yang bisa diangkut satu-satu.
Kurang fleksibel - besi wiremesh sudah dicetak sedemikian rupa, sehingga untuk bentuk-bentuk lantai yang tidak biasa masih perlu dibuat tulangan beton secara manual.
Suplier - kekuatan dan kualitas besi wiremesh sangat tergantung dengan suplier yang membuatnya serta bagaimana mereka menyimpannya agar besi wiremesh tidak berkarat.

Demikianlah mengenai besi wiremesh, kegunaan, fungsi dan jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan sahabat sekalian.

Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Newest Post
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar