ArchiCAD adalah software BIM CAD arsitektur untuk Macintosh dan Windows yang dikembangkan oleh perusahaan Hungaria Graphisoft. ArchiCAD menawarkan solusi gambar komputer untuk menangani semua aspek umum estetika dan teknik bangunan yang meliputi hampir semua proses desain. Mulai dari bangunan, interior, area sekitar, desain perkotaan, dll.

ArchiCAD 22 2020 : Fitur Baru dan Spesifikasi Komputer yang Diperlukan (img by : graphisoft)


Fitur Baru ArchiCAD 22 2020

Pada versi ArchiCAD 22, terdapat fitur alur kerja "Façade Design" dari ArchiCAD untuk menyediakan lingkungan desain yang fleksibel bagi arsitek. Fungsinya untuk membuat fasad eksternal atau internal menggunakan struktur modular dan pola hierarkis yang mudah disesuaikan. Alur kerja tradisional dan algoritmik tetap didukung, berkat ArchiCAD-Grasshopper Connection yang sudah ditingkatkan.

Editor Profil yang disempurnakan memudahkan untuk membuat bentuk profil cerdas untuk kolom, balok, dan dinding serta mengontrol bentuk dan ukuran penampangnya melalui parameter BIM.  Fitur "brand-new Expression Defined Properties" meningkatkan kemampuan ArchiCAD untuk mengelola "I" di BIM. Algoritma Machine Learning (ML) yang sedang dipatenkan oleh GRAPHISOFT menyesuaikan navigasi 2D pada setiap konten proyek dan menghasilkan navigasi yang sangat halus dan responsif.

ArchiCAD 22 juga memasukan engine CineRender terbaru Maxon (R19), yang menyediakan rendering spherical stereoscopic atau 360 °; pengalaman kerja tim yang lebih baik karena reservasi elemen yang lebih cepat; dan peningkatan kualitas dan presisi ketika mengekspor informasi komponen bangunan dari bentuk komposit dan profil kompleks dengan menggunakan stSahabatr OPEN BIM.

Selain fitur-fitur yang disebutkan di atas, ArchiCAD 22 memberikan banyak peningkatan kinerja dan fungsional lainnya. Untuk informasi lebih lanjut tentang ArchiCAD 22, dan untuk mendaftar streaming online premier ArchiCAD 22, silakan kunjungi www.graphisoft.com/ArchiCAD.

Spesifikasi Minimum untuk Menjalankan ArchiCAD 22 2020

Dengan penambahan fitur baru ini, maka diperlukan spesifikasi komputer yang sesuai untuk bisa membuka dan menjalankan aplikasi ArchiCAD ini dengan baik. Ada spesifikasi sistem operasi yang didukung dan kemampuan hardware yang direkomendasikan untuk aplikasi ArchiCAD 22.

Sistem Operasi (OS yang direkomendasikan)
Windows 10
macOS 10.14 Mojave
macOS 10.13 High Sierra
macOS 10.12 Sierra

Sistem operasi yang masih didukung, namun tidak direkomendasikan
Windows 8.1
Windows 8
Windows 7
Mac OS X 10.11 El Capitan

ArchiCAD 22 Tidak bisa diinstall pada sistem operasi berikut
Windows Vista and older
Mac OS X 10.10 Yosemite dan yang lebih lawas

Catatan
Untuk masalah kompatibilitas pada Sistem Operasi yang lebih baru, periksa Pusat Bantuan
Update terbaru harus diinstal pada semua Sistem Operasi
Hanya Sistem Operasi 64-bit yang didukung oleh ArchiCAD 22
Dukungan tampilan HiDPI tidak tersedia pada Windows 8.1 dan pada versi yang lebih lama


Hardware untuk ArchiCAD 22

Hardware yang disarankan
Prosesor: prosesor 64-bit dengan empat atau lebih core/inti
RAM: 16 GB atau lebih direkomendasikan; untuk model yang rumit dan terperinci, 32 GB atau lebih mungkin diperlukan
Hard disk: direkomendasikan untuk menginstal ArchiCAD pada drive SSD (atau Fusion); Diperlukan ruang kosong 5 GB untuk instalasi, 10 GB atau lebih diperlukan per proyek aktif
Kartu grafis: Kartu grafis kompatibel OpenGL 3.3 yang berdedikasi dengan memori on board 1024 MB atau lebih disarankan untuk sepenuhnya memanfaatkan kemampuan akselerasi Hardware. Sahabat dapat menemukan daftar kartu grafis yang direkomendasikan di: http://www.graphisoft.com/videocards
Tampilan: Monitor dengan Resolusi 1440 x 900 atau lebih tinggi direkomendasikan

**Catatan : Sahabat dapat menemukan detail lebih lanjut tentang Hardware yang disarankan di Pusat Bantuan.

Hardware minimum
Prosesor: prosesor 64-bit dengan dua core
RAM: 8 GB
Ruang hard disk: 5 GB atau lebih diperlukan untuk instalasi
Kartu grafis: kartu grafis yang kompatibel dengan OpenGL 3.3
Tampilan: Monitor dengan Resolusi 1366 x 768 atau lebih tinggi

Periferal Hardware Opsional
Semua plotter besar, printer dan digitizers dapat digunakan dengan ArchiCAD.

Internet
Akses Internet yang cepat (min 1 Mbps) diperlukan untuk menghubungkan ke BIM cloud dan untuk mengunduh update untuk ArchiCAD 22.

Protection Key
Sahabat akan memerlukan kunci atau protection key untuk Hardware ArchiCAD 22 CodeMeter atau protection key perangkat lunak CodeMeter Act untuk memulai ArchiCAD 22. Ini sama seperti lisensi untuk menjalankan aplikasi ArchiCAD 22 secara legal di komputer sahabat.

Harga ArchiCAD 22 2020

Harga ArchiCAD versi 22 Tahun 2020 ini bervariasi sesuai dengan paket yang kita inginkan. Berikut adalah daftar harga resmi ArchiCAD yang diperkirakan (dari harga penjual AMAZON).
ArchiCAD 22 versi komersial - Total $ 3971
ArchiCAD 22 versi komersial (diskon 30% untuk pelajar) - Total $ 2780
ArchiCAD Start Edition - Total $ 2045
Membeli ArchiCAD dengan cara membayar per bulan - $ 196 per bulan
Silahkan sahabat konversikan sendiri ke rupiah, harganya cukup untuk membeli sebuah mobil bekas. Namun jika dilihat secara profesional dari fungsi dan fitur yang ditawarkan, maka tidak heran harga yang disebutkan di atas cukup pantas.

Demikian mengenai ArchiCAD 22 2020 : Fitur Baru dan Spesifikasi Komputer yang Diperlukan serta harganya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.