Ukuran standar pemasangan toilet duduk dicari berdasarkan pendekatan posisi pengguna toilet duduk sehari-hari, mulai dari posisi toilet dari tembok, jarak kanan kiri toilet, posisi jet washer, tisu toilet dan lainnya. Semuanya akan dibahas disini secara lengkap.
 
Toilet duduk adalah type toilet yang sangat digemari saat ini. Jenis toilet duduk ini mulai menggeser jenis toilet jongkok. Untuk memasang toilet duduk ada standar dan syarat yang harus diikuti sehingga toilet dapat nyaman digunakan.


Ukuran Standar Pemasangan Toilet Duduk

Artikel ini akan membahas mengenai ukuran standar pemasangan toilet duduk dan komponen-komponen pelengkapnya seperti jet washer, tempat jet washer dan tempat tisu. Termasuk juga perhitungan jarak ke tembok, ketinggian, posisi dan sebagainya.

1. Posisi Toilet Duduk pada Denah
 
Ukuran Standar Pemasangan Toilet Duduk


Yang pertama kita akan bahas mengenai posisi toilet pada denah yaitu menempel di dinding permanen. Pada bagian bawah toilet akan terpasang pipa air dan pipa pembuangan kotoran.

Posisi toilet duduk sebaiknya dekat pintu masuk dan tidak berhadapan dengan jendela sehingga tidak bisa terlihat orang dari luar.

2. Jarak Samping Toilet Duduk
Lebar minimal ruang toilet adalah 80 cm bersih, artinya itu adalah lebah bagian dalam dan bukan garis as. Lebar ini diambil berdasarkan kebiasaan orang untuk beraktivitas dan memutar badan. Jika lebar ruangan toilet hanya 60 cm bersih mungkin masih bisa diterima namun akan terasa sempit bagi mereka yang memiliki badan lebih besar sehingga kurang disarankan.

Dengan demikian maka jarak minimal antara as toilet ke tembok adalah 40 cm. Sementara jarak antara bagian pinggir samping toilet ke dinding adalah sekitar 20 cm. Jarak ini masih cukup aman bagi pengguna untuk aktivitas seperti melepas/memasang celana dan menggunakan jet washer.

3. Jarak Depan dan Belakang Toilet
Antara bagian belakang toilet ke dinding jaraknya minimal adalah 5 cm, gunanya untuk pembersihan badan toilet itu sendiri. Sementara jarak bagian depan ke dinding minimal 60 cm, apabila ada pintu yang terbuka ke arah dalam, maka jaraknya yaitu 80 cm.

4. Pintu Toilet duduk
Pintu toilet minimal memiliki bukaan bersih 65 cm dengan tinggi minimal 180 cm untuk sirkulasi 1 orang dewasa. Untuk pintu toilet disarankan menggunakan pintu jenis swing karena pintu sliding rawan tembus air dan tutupannya kurang rapat.

Untuk bahan pintu sebaiknya menggunakan bahan kedap air seperti aluminium dan PVC. Bila menggunakan pintu toilet kayu, maka bagian dalam pintu dan kusen akan rawan rusak sehingga perlu diberi cat atau pelapis anti air.

5. Dimensi Toilet Duduk

 
Dimensi toilet duduk bervariasi tergantung dari merek dan type toilet yang digunakan. Sebagai contoh berikut ini merupakan gambar toilet duduk berdimensi kecil yang biasanya digunakan pada perumahan standar atau kos-kosan.

Dimensi toilet duduk

Tinggi toilet duduk yang ideal adalah 40 cm. Lebar badan totoal biasanya adalah 70 cm tergantung type yang digunakan. Lubang untuk duduk berbentuk elips memanjang kedepan dengan ukuran sekitar 20 x 33 cm.

Toilet duduk biasanya memiliki 2 penutup, penutup pertama dengan lubang untuk duduk, tutup yang kedua adalah untuk tutup penuh. Buka kedua tutup untuk fungsi urinoir (tempat kencing).

6. Jet Washer

Detail Toilet duduk


Bila menggunakan toilet duduk maka penting untuk memikirkan alat untuk membersihkan pantat. Biasanya kita menggunakan jet washer karena eco washer hanya digunakan untuk toilet kelas mewah.

Posisi jet washer biasanya di sebelah kanan toilet duduk, dilihat dari posisi ketika menggunakan toilet. Jet washer berjarak sekitar 5 cm - 10 cm dari pinggir toilet.

Pipa kran Jet washer sebaiknya dipasang pada ketinggian 50 cm dari lantai. Sementara tuas untuk menggantung jet washer posisinya adalah 75 cm di atas lantai.

7. Tempat Tisu
Selain jet washer, kelengkapan utama yang ada pada toilet duduk adalah tempat tisu. Posisinya biasanya di sebelah kiri toilet duduk dilihat saat menggunakannya.

Tempat tisu biasanya diletakan di tembok sebelah atau berjarak sekitar 10 cm dari pinggir toilet. Tinggi gantungan tempat tisu adalah 75 cm dari lantai.

8. Floor Drain
Floor drain adalah lubang drainase untuk menampung air di toilet, biasanya diletakan di pojok ruangan di sebelah toilet. Lantai harus memiliki kemiringan setidaknya 4% agar air di toilet dapat mengalir lancar.

Demikianlah mengenai Ukuran Standar Pemasangan Toilet Duduk, Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan sahabat Arsitur semuanya. Mohon maklum apa bila ada kesalahan dalam penulisan dan apabila ada yang masih kurang jelas silahkan berdiskusi pada kolom komentar.

 

Referensi :