Skip to main content

10 Tokoh Arsitektur Modern Awal dan Karyanya

Arsitektur Modern Awal merupakan saat dimana mulai munculnya era Arsitektur Modern. Tokoh-tokoh arsitektur modern awal mulai bermunculan dan melahirkan karya yang menginspirasi perkembangan arsitektur Modern di berbagai negara.

Ini adalah masa-masa dimana paham dan aturan Arsitektur Klasik yang dulunya mendominasi mulai ditinggalkan dan diganti dengan paham baru yang disebut Asitektur Modern.



10 Tokoh Arsitektur Modern Awal dan Karyanya
10 Tokoh Arsitektur Modern Awal dan Karyanya

Hal yang paling mencolok terlihat menjadi perbedaan Arsitektur Modern dan Arsitektur Klasik adalah teori keindahan, dimana Arsitektur Modern menekankan fungsionalisme dan purisme daripada bentuk ornamen dan dekorasi yang ada pada Arsitektur Klasik.

Tokoh Arsitektur Modern Awal dan Karyanya yang populer akan dibahas dalam artikel ini. Diantara sekian banyak tokoh Arsitektur Modern Awal, berikut adalah yang paling terkenal dan dianggap paling berpengaruh :

1. Augustus Welby Northmore Pugin

Augustus Welby Northmore Pugin merupakan salah satu tokoh Arsitektur Modern Awal dari Inggris. Pugin lahir pada tahun 1 Maret 1812 dan meninggal pada 14 September 1852. Selain menjadi seorang arsitek, Pugin juga merupakan perancang, artis, dan kritikus Inggris yang terutama diingat akan perannya sebagai perintis dalam gaya arsitektur Gothic Revival.

Karyanya memuncak dalam merancang interior Istana Westminster di Westminster, London, Inggris, dan menara jam yang ikonik, kemudian berganti nama menjadi Menara Elizabeth, yang menampung lonceng yang dikenal sebagai Big Ben.

Pugin merancang banyak gereja di Inggris, dan beberapa di Irlandia dan Australia. Pugin adalah putra Auguste Pugin, dan ayah dari Edward Welby Pugin dan Peter Paul Pugin, yang melanjutkan perusahaan arsitekturnya sebagai Pugin & Pugin yang juga menciptakan Kastil Alton di Alton, Staffordshire.

Beberapa contoh karya Tokoh Arsitektur Modern Awal karya Pugin yang terkenal diantaranya adalah :
- Alton Castle
- Pugin House
- St. Agustine Chruch

2. Eugene Emmanuel Viollet-Le-Duc

Eugène Emmanuel Viollet-le-Duc merupakan salah satu tokoh Arsitektur Modern Awal dari Perancis. Le-Duc lahir pada 27 Januari 1814 dan meninggal pada 17 September 1879. Disamping menjadi seorang arsitek, Le-Duc juga merupakan penulis Perancis yang menghasilkan banyak karya pada abad pertengahan yang terkenal di Pranci.

Le-Duc dikenal karena memulihkan banyak landmark kota. Proyek restorasi bangunan karya Le-Duc yang terkenal diantaranya yaitu Notre-Dame de Paris, Basilika Saint Denis, Mont Saint-Michel, Sainte-Chapelle, dan tembok abad pertengahan kota Carcassonne.

Tulisannya tentang hubungan antara bentuk dan fungsi dalam arsitektur memiliki pengaruh penting pada generasi baru arsitek saat itu dan menginspirasi arsitek lain seperi Antoni Gaudi, Victor Horta, dan Louis Sullivan.

Beberapa contoh karya Tokoh Arsitektur Modern Awal karya Le-Duc yang terkenal diantaranya adalah :
- Notre Dame de Paris
- Carsassone Vieux Point
- Vezelay Abbey

3. John Ruskin

John Ruskin merupakan salah satu Tokoh Arsitektur Modern Awal yang penting di Inggris. Ruskin lahir pada 8 Februari 1819 dan meninggal pada 20 Januari 1900. Ruskin juga merupakan seorang kritikus seni Inggris terkemuka di era Victoria, serta pelindung seni, juru gambar, ahli cat air, filsuf, pemikir sosial dan dermawan terkemuka. Dia menulis tentang berbagai mata pelajaran seperti geologi, arsitektur, mitos, ornitologi, sastra, pendidikan, botani, dan ekonomi politik.

Gaya penulisan dan bentuk sastra sama-sama bervariasi. Dia menulis esai dan risalah, puisi dan ceramah, panduan perjalanan dan manual, surat, dan bahkan dongeng. Dia juga membuat sketsa dan lukisan terperinci dari batu, tanaman, burung, pemandangan, dan struktur arsitektur dan ornamen.

Beberapa contoh karya Tokoh Arsitektur Modern Awal karya Ruskin yang terkenal diantaranya adalah :
- Exford Museum
- Sage Hall at Cornell

4. William Morris

William Morris merupakan salah satu tokoh Arsitektur Modern Awal di Inggris. Morris lahir pada 24 Maret 1834 dan meninggal pada 3 Oktober 1896. Selain menjadi arsitek, Morris adalah seorang perancang tekstil, penyair, novelis, penerjemah, dan aktivis sosialis Inggris yang terkait dengan Gerakan Seni dan Kerajinan Inggris.

Morris juga merupakan kontributor utama untuk kebangkitan seni tekstil tradisional Inggris dan metode produksi. Kontribusi sastranya membantu membangun genre fantasi modern, sementara ia memainkan peran penting yang memperbanyak gerakan sosialis awal di Inggris.

Setelah belajar di universitas, ia berlatih sebagai arsitek, menikahi Jane Burden, dan mengembangkan persahabatan dekat dengan seniman Pra-Raphaelite Edward Burne-Jones dan Dante Gabriel Rossetti dan dengan arsitek Neo-Gotik Philip Webb.

Webb dan Morris merancang Red House di Kent tempat Morris tinggal dari tahun 1859 hingga 1865, sebelum pindah ke Bloomsbury, London pusat. Pada tahun 1861, Morris mendirikan firma seni dekoratif Morris, Marshall, Faulkner & Co. dengan Burne-Jones, Rossetti, Webb, dan lainnya, yang menjadi sangat modis dan banyak diminati.

Perusahaan tersebut sangat memengaruhi dekorasi interior selama periode Victoria, dengan Morris merancang permadani, wallpaper, kain, furnitur, dan jendela kaca patri. Pada tahun 1875, ia mengambil kendali penuh atas perusahaan, yang kemudian dinamai Morris & Co.

Beberapa contoh karya Tokoh Arsitektur Modern Awal karya Morris yang terkenal diantaranya adalah :
- Red House, Bexleyheath
- Villa Maund, Austria
- Oakwood Hall

5. Otto Kolomon Wagner

Otto Koloman Wagner merupakan salah satu tokoh Arsitektur Modern Awal dari Austria. Wagner lahir pada 13 Juli 1841 dan meninggal pada 11 April 1918. Disamping menjadi seorang arsitek, Wagner juga merupakan perencana kota di Austria.

Wagner adalah anggota terkemuka gerakan arsitektur Secession Wina, didirikan pada 1897, dan gerakan Art Nouveau yang lebih luas. Semua karyanya ditemukan di kota asalnya Wina, dan menggambarkan evolusi arsitektur yang cepat selama periode tersebut.

Karya-karya awalnya terinspirasi oleh arsitektur klasik. Pada pertengahan 1890-an, dia sudah merancang beberapa bangunan yang kemudian dikenal sebagai gaya Vienna Secession.

Mulai tahun 1898, dengan desain stasiun Metro Wina, gayanya menjadi Art Nouveau, dengan dekorasi oleh Koloman Moser. Karya-karyanya kemudian, 1906 hingga kematiannya pada tahun 1918, memiliki bentuk geometris dan ornamen minimal, dengan jelas mengekspresikan fungsinya. Karya inilah yang menjadi inspirasi Arsitektur Modern Awal.

Beberapa contoh karya Tokoh Arsitektur Modern Awal karya Wagner yang terkenal diantaranya adalah :
- La Majolicahaus
- Wina Post Office Saving Bank

6. Antonio Gaudi i Cornet

Antoni Gaudí i Cornet merupakan tokoh Arsitektur Modern Awal yang berasal dari Catalan, Spanyol. Gaudi lahir pada 25 Juni 1852 dan meninggal pada 10 Juni 1926. Gaudi adalah seorang arsitek Catalan yang dikenal sebagai tokoh terbesar Modernisme di Catalan.

Karya-karya Gaudi memiliki gaya yang sangat individual dan unik. Sebagian besar terletak di Barcelona, ​​termasuk pekerjaan utamanya yaitu gereja Sagrada Família.

Karya Gaudi dipengaruhi oleh hasratnya dalam hidup yaitu: arsitektur, alam, dan agama. Gaudi mempertimbangkan setiap detail ciptaannya dan diintegrasikan ke dalam arsitekturnya seperti kerajinan keramik, kaca patri, penempaan besi tempa dan pertukangan kayu.

Gaudi juga memperkenalkan teknik-teknik baru dalam penggunaan bahan, seperti trencad yang menggunakan potongan keramik bekas. Di bawah pengaruh seni neo-Gotik dan teknik Oriental, Gaudi menjadi bagian dari gerakan Modernista yang mencapai puncaknya pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20.

Karyanya melampaui Modernisme, yang berpuncak pada gaya organik yang terinspirasi oleh bentuk-bentuk alami. Gaudi jarang menggambar rencana detail dari karya-karyanya dan lebih senang membuat model tiga dimensi (maket) yang akan menjelaskan detail.

Beberapa contoh karya Tokoh Arsitektur Modern Awal karya Gaudi yang terkenal diantaranya adalah :
- Casa Batllo, Barcelona (1904-1906)
- Park Guell, Barcelona (1884-1889)
- Sagrada Familia, Barcelona

7. Hendrik Petrus Berlage

Hendrik Petrus Berlage merupakan slaah satu tokoh Arsitektur Modern Awal asal Belanda. Berlage lahir pada 21 Februari 1856 dan meninggal pada 12 Agustus 1934.

Berlage belajar arsitektur di Institut Teknologi Zurich mulai tahun 1875 hingga 1878. Setelah lulus Berlage melakukan perjalanan secara luas selama 3 tahun melalui Eropa. Pada tahun 1880-an ia membentuk kemitraan di Belanda dengan Theodore Sanders yang menghasilkan campuran proyek-proyek praktis dan utopis.

Karya Berlage dipengaruhi oleh arsitektur tembok bata Neo-Romawi Henry Hobson Richardson dan kombinasi struktur besi yang terlihat dengan bata. Pengaruh ini terlihat dalam desainnya untuk Amsterdam Commodities Exchange, di mana ia juga akan memanfaatkan ide-ide dari Viollet-le-Duc.

Dinding-dinding bata ekspos yang memuat muatan dan gagasan tentang keutamaan ruang, dan dinding sebagai pencipta bentuk, akan menjadi prinsip konstitutif 'Hollandse Zakelijkheid'.

Beberapa contoh karya Tokoh Arsitektur Modern Awal karya Berlage yang terkenal diantaranya adalah :
- Gemeente Museum
- St. Hubertus
- Commodities Exchange, Amsterdam

8. Louis Henry Sullivan

Louis Henry Sullivan merupakan tokoh Arsitektur Modern Awal yang berasal dari Amerika. Sullivan lahir pada 3 September 1856 dan meninggal pada 14 April 1924. Sullivan merupakan arsitek Amerika yang disebut sebagai "bapak pencakar langit" dan "bapak modernisme".

Sullivan dianggap oleh banyak orang sebagai pencipta gedung pencakar langit modern, adalah seorang arsitek dan kritikus berpengaruh dari Sekolah Chicago  dan juga seorang mentor bagi Frank Lloyd Wright. Sullivan juga menjadi sebuah inspirasi bagi kelompok arsitek Chicago yang kemudian dikenal sebagai Prairie.

Bersama dengan Wright dan Henry Hobson Richardson, Sullivan adalah salah satu dari "trinitas arsitektur Amerika yang diakui". Ungkapan "form follow function" dikaitkan dengannya dan Pada tahun 1944, Sullivan adalah arsitek kedua yang menerima Medali Emas AIA.

Beberapa contoh karya Tokoh Arsitektur Modern Awal karya Sullivan yang terkenal diantaranya adalah :
- Babson House, Riverside
- Purdue State Bank
- St. Paul Chruch

9. Baron Victor Horta

Baron Victor Horta adalah tokoh Arsitektur Modern Awal dari Belgia. Horta lahir pada 6 Januari 1861 dan meninggal pada 8 September 1947. Selain sebagai seorang arsitek dan perancang Belgia, Horta juga salah satu pendiri gerakan Art Nouveau.

Hôtel Tassel di Brussel yang dibangun pada 1892–1893 sering dianggap sebagai rumah Art Nouveau pertama dan terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Bentuk-bentuk vegetasi melengkung bergaya yang digunakan Horta mempengaruhi banyak orang lain, termasuk arsitek Hector Guimard, yang menggunakannya di rumah pertama yang dirancangnya di Paris dan di pintu masuk yang dirancangnya untuk Paris Metro.

Horta juga dianggap sebagai pelopor arsitektur modern khususnya gaya denah lantai terbuka (open plan) dan penggunaan inovatif pada bahan besi, baja dan kaca.

Karyanya kemudian pindah dari Art Nouveau, dan menjadi lebih geometris dan formal, dengan sentuhan klasik, seperti pada kolom. Horta menggunakan rangka baja dan skylight untuk membawa cahaya ke dalam bangunan serta detail dekoratif yang dirancang dengan halus.

Beberapa contoh karya Tokoh Arsitektur Modern Awal karya Horta yang terkenal diantaranya adalah :
- Hotel Tesse, Belgium
- Palaix des Beaux-arts
- Grand Bazzar Department Store

10. Hector Guimard

Hector Guimard adalah salah satu tokoh Arsitektur Modern Awal dari Perancis. Guimard lahir pada 10 Maret 1867 dan meninggal pada 20 Mei 1942. Selain sebagai arsitek, Guimard juga merupakan desainer Prancis dan seorang tokoh terkemuka untuk gaya Art Nouveau.

Dia mencapai ketenaran awal karena desainnya pada Castel Beranger, gedung apartemen Art Nouveau pertama di Paris, yang dipilih dalam kompetisi 1899 sebagai salah satu fasad bangunan baru terbaik di kota.

Guimard terkenal karena kaca edicules dan besi atau kanopi, dengan kurva Art Nouveau hias, yang ia rancang untuk menutupi pintu masuk stasiun pertama Metro Paris.

Antara tahun 1890 dan 1930, Guimard merancang dan membangun sekitar lima puluh bangunan, selain pintu masuk kereta bawah tanah seratus empat puluh satu untuk Paris Metro, serta banyak perabot dan karya dekoratif lainnya.

Beberapa contoh karya Tokoh Arsitektur Modern Awal karya Guimard yang terkenal diantaranya adalah :
- Metro de Paris
- Hotel Rosze
- La Maire du Vullage, Prancis

Demikianlah mengenai Tokoh Arsitektur Modern Awal dan Karyanya, Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan sahabat Arsitur.

Referensi dan Bacaan lebih lanjut :

  • Watkin, David (2005). A History of Western Architecture (4 ed.). Watson-Guptill Publications. pp. 6–8
  • Evers, Bernd; Thoenes, Christof (2011). Architectural Theory from the Renaissance to the Present. 1. Taschen. pp. 6–19
  • Watkin, David. A history of Western architecture. 4th ed. London: Laurence King, 2005. 25.
  • Dwijendra, Ngakan Ketut Acwin. 2009. Tokoh Arsitek Dunia & Karyanya. Denpasar : Universitas Udayana
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar