Skip to main content

Tokoh Arsitektur Klasik dan Karyanya

Arsitektur Klasik merupakan arsitektur yang berkembang pada abad ke-14. Arsitektur klasik terbagi menjadi Arsitektur Klasik Yunani dan Arsitektur klasik Romawi. Tokoh arsitektur klasik dan karyanya akan dibahas masing-masing sebagai berikut :

Michelangelo Di Lodovico Buonarroti Simoni

Michelangelo di Lodovico Buonarroti Simoni merupakan salah satu tokoh Arsitektur Klasik yang lahir di Caprese dekat Arezzo, Republik Florence (sekarang Toskana, Italia) pada tanggal 6 Maret 1475 dan  meninggal di Roma, Negara Gereja (masa kini Italia), 18 Februari 1564 pada umur 88 tahun).

Selain Arsitek Michelangelo juga merupakan seorang pelukis, pemahat, pujangga di zaman Renaissance. Michelangelo merupakan tokoh yang memiliki karakter perfeksionis dan karyanya banyak dipajang di Altar Gereja.

Beberapa contoh karya Tokoh Arsitektur Klasik karya Michelangelo yang terkenal diantaranya adalah :

Laurentian Library

Laurentian Library (reddit.com)

Laurentian Library atau Medici Library merupakan sebuah perpustakaan bersejarah di kota Florence, Italia. Dekorasi perpustakaan ini dibuat beriringan dengan konstruksi aktualnya sehingga menjadikan perpustakaan ini salah satu karya paling terpadu dari zaman Renaissance yang dapat ditemukan di Florence.


Denah Laurentian Library (wikiwand,.com)

Denah dari perpustakaan ini dapat kita lihat pada gambar di atas. Denah menunjukan adanya pola susunan yang berjajar untuk meletakan meja dan kursi.

Piazza Del Campidoglio

Piazza Del Campidoglio (flickr.com)

Piazza del Campidoglio terletak di puncak Bukit Capitoline dan merupakan alun-alun modern pertama yang dirancang di Roma. Bukit Capitoline berisi beberapa reruntuhan permukaan tanah purba, karena mereka hampir seluruhnya ditutupi oleh palazzi Abad Pertengahan dan Renaissance (sekarang menjadi rumah bagi Museum Capitoline) yang mengelilingi piazza, sebuah tata kota yang dirancang oleh Michelangelo.

St. Peter's Basilica

St. Peter's Basilica (youtube.com)

Basilika Santo Petrus merupakan sebuah basilika utama Katolik yang terletak di Kota Vatikan yang dikelilingi oleh Roma. Bangunan ini diklaim sebagai gereja terbesar yang pernah dibangun dengan luas area 23.000 m² dan memiliki kapasitas yang dapat menampung lebih dari 60.000 orang. Bangunan ini termasuk salah satu situs tersuci dalam Kekristenan. Pembangunan basilika ini dimulai pada 1506 dan rampung pada 1626.

Giovanni Lorenzo Bernini

Gian Lorenzo Bernini merupakan salah satu tokoh Arsitektur Klasik dari Italia. Bernini lahir di Napoli pada 7 Desember 1598 dan meninggal di Roma, pada 28 November 1680.

Bernini juga merupakan seorang artis Italia yang sebagian besar berkarya di kota Roma. Ia adalah seorang pematung terkemuka pada saat itu. Disamping menjadi Arsitek, Bernini juga hebat dalam melukis, menulis drama, merancang karya seni yang terbuat dari logam dan tempat pertunjukan.

Beberapa contoh karya Tokoh Arsitektur Klasik karya Bernini yang terkenal diantaranya adalah :

Piazza of St. Peter - Vatican (1656-1667)

Piazza of St. Peter (feelgraphix.com)


Piazza San Pietro) merupakan sebuah lapangan yang terletak tepat di depan Basilika Santo Petrus di Vatikan, kota Roma, Italia. Ruang terbuka ini didesain ulang oleh arsitek Gian Lorenzo Bernini, dari 1656 hingga 1667, di bawah arahan Paus Aleksander VII. Tujuannya yaitu agar dapat menampung jumlah orang-orang dalam jumlah banyak yang datang untuk melihat sang Paus memberikan rahmatnya, baik dari tengah fasade gereja maupun dari jendela di Istana Vatikan.

Saint Andrea al Quirinale - Roma (1658-1670)

Saint Andrea al Quirinale (pinterest.com)

Gereja Santo Andreas di Quirinal merupakan sebuah gereja tituler Katolik Roma yang terletak di Roma, Italia. Gereja ini dibangun untuk seminari Yesuit di Bukit Quirinal.

Gereja Sant'Andrea, sebuah contoh penting dari arsitektur Klasik Barok Roma, dirancang oleh arsitek Gian Lorenzo Bernini dan Giovanni de'Rossi. 

Piazza Navona

Piazza Navona (alowisata.com)

Piazza Navona merupakan sebuah alun-alun yang didesain dengan arsitektur bergaya Roma barocca, sebuah gaya arsitektur klasik yang lahir di kota Roma, Italia. Piazza ini letaknya tidak jauh dari Pantheon, dibangun oleh keluarga Pamphili untuk mengenang kebesaran keluarga bangsawan Pamphili yang memiliki pengaruh besar di Italia saat itu.

Sir Christopher Wren

Sir Christopher Wren merupakan salah satu tokoh Arsitektur Klasik dari Inggris yang terkenal dalam sejarah Arsitektur Klasik. Wren lahir pada 20 Oktober 1632 dan meninggal 25 Februari 1723 pada umur 90 tahun.

Wren setidaknya sudah terlibat dalam pembangunan kembali sebanyak 55 gereja di kota London setelah kebakaran besar tahun 1666. Salah satu Gereja karya Wren yang terkenal yaitu katedral St Paul, yang diselesaikan tahun 1710.

Wren pernah menempuh studi di Universitas Oxford dan juga terkenal sebagai astronom, matematikawan dan fisikawan. Wren merupakan salah satu pendiri Royal Society, yang juga sempat dipimpinnya sebagai presiden (1680-1682).

Beberapa contoh karya Tokoh Arsitektur Klasik karya Christopher Wren yang terkenal diantaranya adalah :

St. Clement Danes - London (1680)

St. Clement Danes (ttnotes.com)

St. Clement Danes adalah gereja Anglikan di Kota Westminster, London. Terletak di luar Pengadilan Kerajaan di Strand. Meskipun gereja pertama di tempat ini konon didirikan pada abad ke-9 oleh Denmark. Bangunan ini rampung pada tahun 1682 oleh dan dirancang oleh arsitek Sir Christopher Wren.

Bangunan Gelatik ini hancur selama Blitz dan tidak dipulihkan sampai tahun 1958, ketika itu disesuaikan dengan fungsinya sebagai gereja pusat Angkatan Udara Kerajaan.

Greenwich Hospital - London (1696)

Greenwich Hospital (victorianweb.org)

Rumah Sakit Greenwich adalah rumah permanen bagi para pensiunan para pelaut Angkatan Laut Kerajaan, yang beroperasi dari tahun 1692 hingga 1869. Bangunannya kemudian digunakan oleh Royal Naval College, Greenwich dan University of Greenwich, dan sekarang dikenal sebagai Old Royal Naval College.

Kata "rumah sakit" digunakan dalam arti aslinya dari tempat yang menyediakan keramahtamahan bagi mereka yang membutuhkannya, dan tidak merujuk pada perawatan medis, meskipun bangunan itu termasuk rumah sakit yang ditutup, dioperasikan sebagai Rumah Sakit Pelaut Penjempur sampai 1986.

Hampton Court Palace (1696-1704)

Hampton Court Palace (map.google.com)

Hampton Court Palace adalah istana kerajaan di wilayah "Richmond upon Thames", 19,3 kilometer di barat daya dan hulu pusat kota London di Sungai Thames. Pembangunan istana dimulai pada 1515 untuk Kardinal Thomas Wolsey, yang merupakan favorit Raja Henry VIII.

Istana ini kemudian menjadi salah satu tempat tinggal Henry yang paling disukai; segera setelah mengakuisisi properti, ia mengatur agar diperbesar sehingga lebih mudah mengakomodasi rombongan istananya yang cukup besar.

Demikianlah mengenai Tokoh Arsitektur Klasik dan Karyanya, Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan sahabat Arsitur.

Ringkasan Tokoh Arsitektur Klasik dan Karyanya

Michelangelo Di Lodovico Buonarroti Simoni
- Laurentian Library - Florence
- Piazza Del Campidoglio - Roma
- St. Peter's Basilica - Vatikan (1506-1626)
Giovanni Lorenzo Bernini
- Piazza of St. Peter - Vatican (1656-1667)
- Saint Andrea al Quirinale - Roma (1658-1670)
- Piazza Navona
Sir Christopher Wren
- St. Clement Danes - London (1680)
- Greenwich Hospital - London (1696)
- Hampton Court Palace (1696-1704)

Referensi dan Bacaan lebih lanjut :

  • Watkin, David (2005). A History of Western Architecture (4 ed.). Watson-Guptill Publications. pp. 6–8
  • Evers, Bernd; Thoenes, Christof (2011). Architectural Theory from the Renaissance to the Present. 1. Taschen. pp. 6–19
  • Watkin, David. A history of Western architecture. 4th ed. London: Laurence King, 2005. 25.
  • Dwijendra, Ngakan Ketut Acwin. 2009. Tokoh Arsitek Dunia & Karyanya. Denpasar : Universitas Udayana
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Christopher_Wren
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Gian_Lorenzo_Bernini
  • http://michelangelo.com/buon/bio-index2.html

Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar