Skip to main content

Jenis-jenis Sofa Sesuai Desain Ruangan

Memilih jenis desain sofa adalah keputusan besar, bukan hanya karena biayanya, tetapi juga karena sofa bisa mengatur nada untuk gaya ruangan. Di sisi lain , semua desainer dan produsen furnitur memiliki nama unik sendiri untuk setiap jenis model sofa yang mereka produksi. Berikut ini adalah 10 jenis sofa yang paling umum di pasaran dan nama-nama untuk gaya model sofa yang dikutip dari oprah.com.

Jenis-jenis Sofa Sesuai Desain Ruangan


Jenis-jenis Sofa dan Model Sofa :

Jenis sofa (listrasi by pinterest.com)


1. Sofa Bench Seat

Desain sofa dengan bantalan tunggal yang memanjang hingga ke seluruh sofa. Bench seat sering disebut dengan bech saja dan merupakan jenis sofa yang paling sederhana dan tidak memiliki sandaran punggung.

2. Sofa Camelback

Jenis Sofa yang sangat klasik dan umum, yang memiliki sandaran punggung dengan desain paling tinggi di tengah, berbentuk seperti punuk unta jika dilihat dari depan. Sofa jenis ini banyak ditemui dengan rangka kayu ukir seperti sofa khas jepara.

3. Sofa Rolled Arm
Jenis sofa dengan gaya sandaran lengan yang melengkung ke luar, biasanya dibuat dari bahan yang empuk. Ini adalah gaya sofa klasik dan tradisional.

4. Sofa Sectional
Jenis Sofa yang terdiri dari beberapa bagian yang sering dapat disusun ulang untuk membuat bentuk baru. Sofa dapat dilepas dan dipasang sesuai kebutuhan dan pengaturan ruangan. Yang paling umum adalah sectional berbentuk L.

5. Sofa Daybed
Jenis sofa yang dapat disesuaikan untuk menjadi tempat tidur, apakah itu model pull-out atau gaya futon yang bersandar. Biasanya salah satu sandarannya dapat direbahkan sehingga menjadi datar.

6. Sofa Chaise

Jenis sofa dengan sandaran yang tidak penuh mengelilingi sofa. Ini menandakan sofa dapat diduduki dari banyak sisi dan biasanya digunakan di ruang keluarga yang berukuran besar.

7. Sofa Lawson
Desain Lawson aslinya memiliki tiga bantal belakang yang terpasang di atas tiga bantal kursi. Karena ketinggian lengannya, sofa ini adalah salah satu sofa yang lebih nyaman dipakai untuk tidur siang. Desain kaki sofa yang lurus memberikan sofa Lawson tampilan yang lebih modern. Lengan sofa berbentuk persegi panjang atau “track” mungkin menjadi pilihan gaya desain urban dan modern.

8. Sofa Sette
Sofa jenis ini juga dikenal sebagai "kursi cinta". Sofa ini memiliki desain sandaran punggung yang lurus dan ada ruang bagi dua orang untuk duduk dengan nyaman. Sandaran tangannya biasanya tersambung dan menyatu dengan sandaran punggung tapi tidak sama tinggi. Sandaran tangan lebih rendah dari sandaran punggung. Biasanya dibuat dengan rangka terbuka dan diukir sedekoratif mungkin dengan bentuk lekukan dan hiasan.ni biasanya memiliki pegas.

9. Sofa Cabriole
Sofa Cabriole ditandai dengan bingkai kayu terbuka (sering diukir). Di bagian punggung dan sandaran lengannya dibuat secara kontinu, sama tingginya. Kaki sofa melengkung khas dengan bagian bawah cekung dan bagian atas yang cembung. Pada sofa jenis ini tidak ada bantal belakang yang terpisah. Jenis sofa ini mulai populer pada masa Louis XV pada 1800-an dan telah berpengaruh kuat kembali dalam mode interior zaman ini.

10. Sofa Chesterfield
Cara termudah untuk mengetahui apakah jenis sofa yang dimaksud adalah Chesterfield yaitu dengan melihat bagian yang berumbai di belakang. Lengan sofa berbentuk gulungan yang empuk dan tingginya sama dengan sandaran punggung. Sofa Chesterfield biasanya terbuat dari kulit dengan jahitan yang masuk ke dalam.

11. Sofa Tuxedo
Jenis Sofa tuxedo dibuat terkenal oleh desainer interior Billy Baldwin, tetapi ada banyak variasi sofa tuksedo. Yang membedakan sofa tuksedo dari gaya lain adalah bentuknya yang kotak. Lengannya hampir selalu sama tinggi dengan sandaran punggung dan kaki sofa berlapis atau terbuka. Sofa tuxedo memiliki desain bersih dan berjajar geometris, dan sering dilapisi kain secara total.

12. Sofa Mid-Century
Jenis sofa Mid-Century Ditandai dengan bentuk persegi panjang yang bersih, bantal kursi belakang dan kaki kayu yang solid. Jenis sofa Mid-Century adalah pilihan ideal jika sahabat menyukai estetika yang rapi. Sofa Mid-Century memiliki kaki tinggi dan terbuka sehingga terlihat ringan dan tinggi. Sofa Mid-Century Kontemporer dapat memiliki kelengkungan minimum pada area sandaran lengan. Biasanya joknya berwarna monokromatik, terbuat dari bahan kontemporer yang tahan lama. Sofa ini cocok untuk interior minimalis dan kontemporer.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar