Skip to main content

Bangunan Apa yang Terbesar di Dunia?

Berbicara soal bangunan mungkin terlintas di benak sahabat Arsitur tentang bangunan apa yang terbesar di dunia ? Tentu saja pertanyaan tersebut terkait dengan sebesar apa manusia mampu membuat bangunan ? Berikut adalah deretan bangunan terbesar di dunia versi Arsitur.

Bangunan dengan Volume Terbesar - Pabrik Pesawat Boing di Everett

Pabrik Pesawat Boeing

Bangunan terbesar di dunia jika dihitung berdasarkan volume (panjang x lebar x tinggi) adalah pabrik Boeing di Everett, Washington. Boeing Everett Factory adalah gedung perakitan pesawat yang dimiliki oleh Boeing. Terletak di sudut utara-timur Paine Field, ini adalah bangunan terbesar di dunia dengan volume 13.385.378 m3 dan menempati luas lahan sebanyak 399.480 m2 (39.948 hektar) Ini adalah pabrik tempat Boeing 747, 767, 777, dan 787 berbadan lebar dirakit..

Hal ini wajar jika sahabat membayangkan sebesar apa bangunan yang diperlukan untuk membuat pesawat boeing 777 yang merupakan pesawat terbesar. Tentu saja harus ada bangunan yang sangat besar untuk mewadahi pembuatannya sehingga peswat tidak kehujanan sebelum bisa rampung.

Bangunan dengan jejak tanah terluas - Pabrik Mobil AvtoVAZ di Rusia

Pabrik Mobil AutoVAZ

Bangunan terbesar di dunia jika dilihat dari jejak tanah (footprint) terluas ditempati oleh pabrik mobil AvtoVAZ di Rusia. Bangunan ini memiliki luas jejak tanah atau luas footprint sekitar 887,800 m2 (88.780 hektar). Luas jejak tanah maksudnya adalah seberapa luas lantai dasar yang menginjak tanah, tidak termasuk lantai tingkat.

AvtoVAZ (Bahasa Rusia: АвтоВАЗ) dikenal juga sebagai VAZ (Volzhsky Avtomobilny Zavod) (ВАЗ, Во́лжский автомоби́льный заво́д, atau Volga Automobile Plant). AvtoVAZ adalah produsen mobil Rusia. Di Uni Soviet, produk-produknya menggunakan berbagai nama, termasuk Zhiguli, Oka, dan Sputnik yang dihapus pada 1990-an dan digantikan oleh Lada untuk pasar Rusia.

Bangunan dengan luas lantai terbesar - New Century Global Center di Cina

New Century Global Center

Selanjutnya, bangunan terbesar di dunia dilihat dari luas lantai terbesar adalah New Century Global Center di Chengdu, Cina dengan luas lantai 1.760.000 meter persegi. Bangunan ini terdiri dari waterpark, hotel serta pusat perbelanjaan. Bangunan ini memiliki dimensi panjang x lebar x tinggi sekitar 500 x 400 x 100 meter.

Bangunan terbesar ini dikembangkan oleh miliarder Deng Hong's Entertainment and Travel Group (ETG), hampir 400.000 meter persegi bagian bangunan ini dikhususkan untuk pusat perbelanjaan. Bangunan ini juga memiliki kantor, ruang konferensi, kompleks universitas, dua pusat komersial, hotel, bioskop IMAX, Mediterania Village, kapal bajak laut dan arena seluncur es ukuran Olimpiade.

Inti dari bangunan ini adalah waterpark ("Paradise Island Water Park") yang berisi pantai buatan seluas 5.000 m2, tempat layar raksasa berukuran 150 x 40 m yang membentuk cakrawala untuk menawarkan pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam. Ada sebuah panggung yang memanjang di atas kolam untuk konser di malam hari. Ada juga Hotel Intercontinental yang memuat sekitar 1.009 kamar.

Demikian mengenai bangunan terbesar di dunia, kira-kira bangunan terbesar di Indonesia apa ya ? silahkan berikan jawabannya di kolom komentar.

Referensi : Wikipedia
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar