--> Skip to main content

Mengenal Kayu Harbot atau Partikel Board

Coba lihat furniture dan barang-barang yang ada di rumah sahabat, apakah semuanya terbuat dari kayu padat sungguhan ? adakah yang terbuat dari kayu mekanis atau mungkin ada yang terbuat dari partikel board atau yang sering kita kenal dengan sebutan kayu harbot. Dalam artikel ini saya akan mencoba membahas mengenai kayu harbot, bahan penyusunnya, kegunaannya, serta kelebihan dan kekurangannya.

Pengertian kayu harbot atau partikel board

Kayu harbot atau partikel board merupakan bahan padat yang terbuat dari kumpulan serbuk gergaji yang dipadatkan dengan tekanan dan suhu tinggi serta melibatkan proses kimia di dalamnya untuk menghasilkan bahan yang cukup kuat untuk membuat meja, kursi serta furniture lainnya. Kayu harbot yang kita jumpai di toko bangunan biasanya berbentuk seperti papan kayu dengan ukuran  yang beragam.

Mengenal Kayu Harbot atau Partikel Board
Mengenal Kayu Harbot atau Partikel Board


Bila kayu mekanis seperti MDF, teakblock atau multipleks yang menggunakan serpihan papan kayu, berbeda halnya dengan kayu harbot yang merupakan sebuk gergaji. Dilihat dari biaya produksinya pembuatan kayu harbot jauh lebih murah dibanding jenis kayu mekanis lainnya sehingga wajar bila harga kayu harbot atau pertikel board menjadi yang paling murah.

Kelebihan dan kekurangan kayu harbot atau partikel board

Jika dibandingkan dengan kayu asli atau kayu mekanis lainnya seperti multipleks, MDF atau yang lainnya tentu saja kayu harbot memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan yang akan dijelaskan sebagai berikut :

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan kayu harbot dibandingkan jenis kayu lainnya sehingga kita perlu menggunakan kayu harbot.
  • Harga kayu harbot yang paling murah diantara jenis kayu lainnya sehingga dapat digunakan untuk membuat furniture dengan harga terjangkau.
  • Berat material kayu harbot jauh lebih ringan jika dibandingkan hampir semua jenis kayu lainnya sehingga furniture yang dihasilkan juga merupakan furniture yang ringan dan cukup kuat.
  • Mudah difinishing karena sudah dicetak dalam ukuran yang presisi dan permukaan yang datar sehingga siap finishing.
  • Bahan ini sudah tersebar merata di berbagai daerah di Indonesia sehingga mudah didapatkan untuk berbagai keperluan
  • Ketersediaan stok material yang sangat memadai untuk produksi skala besar dan pabrikasi barang-barang
  • Mudah dibentuk, mudah dalam pengerjaan dan mencapai berbagai bentuk furniture yang presisi

Berikut ini merupakan beberapa kekurangan kayu harbot dibandingkan jenis kayu lainnya sehingga kita perlu menghindari penggunaan kayu harbot.
  • Kayu harbot merupakan jenis kayu yang paling tidak tahan air, sifatnya mirip kertas kardus yang jika terkena air atau lembab sedikit saja maka akan rusak dan rapuh
  • Dilihat dari segi kekuatan, kayu harbot adalah yang paling rapuh dan mudah hancur sehingga kurang cocok digunakan untuk struktur utama
  • Dilihat dari umur pemakaian sebenarnya kayu harbot kurang tahan lama apalagi ditempatkan dalam lingkungan lembab
  • Permukaan yang tidak halus, tidak ada serat kayu dan tidak cocok diampelas sehingga kurang bagus bila diberi finishing cat, apalagi cat membuat permukaan kayu harbot lembab

Aplikasi dan penggunaan kayu harbot

Kayu harbot biasanya dijual dalam bentuk papan kayu dengan ketebalan 9 mm atau 12 mm. Satu lembar kayu harbot yang dijual secara umum biasanya memiliki ukuran 240 cm x 120 cm. Pengolahan kayu harbot membutuhkan gergaji khusus sehingga tidak membuat permukaannya hancur.

Untuk masalah finishing kayu harbot seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa kayu harbot tidak cocok bila dicat atau diberi pernish. Finishing kayu harbot lebih baik menggunakan veneersheet yang lebih murah dan efisien dalam pengerjaannya. Selain itu, lapisan HPL atau vinyl juga sangat cocok digunakan untuk melapisi kayu harbot agar terlihat lebih estetis.

Lapisan finishing ini biasanya ditempel dengan lem atau perekat, selain untuk memperindah tampilan, lapisan finishing seperti veneersheet juga membantu kayu harbot terhindar dari kelembaban. Sebaiknya bentuk dasar furniture diselesaikan dulu sebelum menempelkan lapisan finishingnya.

Meja dari Kayu Harbot atau Partikel Board

Untuk kegunaan dari kayu harbot biasanya digunakan untuk membuat furniture ringan dan murah. Misalnya meja belajar anak, lemari pakaian, rak buku, meja santai, rak TV dan furniture lainnya yang tidak bersentuhan dengan air atau kelembaban. Kayu harbot tidak cocok digunakan dalam pembuatan kitchen set atau peralatan di kamar mandi yang mengandung kelembaban.

Demikianlah penjelasan mengenai Kayu Harbot atau Partikel Board. Dengan mengetahui bahan ini kita dapat lebih bijaksana dalam memilih bahan furniture. Jika di rumah sahabat sekalian ada yang menggunakan kayu harbot, pastikan sudah paham bagaimana cara merawat kayu harbot agar tetap awet.

Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar