--> Skip to main content

Inspirasi Jenis Tanaman untuk Pagar Rumah

Halo  sahabat arsitur kali ini untuk anda yang membuka artikel ini tentu adalah orang yang sedang tertarik dengan pagar rumah dengan menggunakan tanaman atau anda yang ingin mencoba menjadikan tanaman untuk menjadi pagar yang mengelilingi rumah anda.

Dalam film kartun banyak sekali kita lihat rumah yang di pagari dengan tanaman seperti tanaman berbunga atau pohon cemara berukuran sama dan rata, banyak sekali variasi dalam dongeng atau kartun anak rumah tampak begitu indah dan mengagumkan dan tak jarang banyak orang akhirnya mengimplementasikan film atau gambar tersebut kedalam dunia nyata.

Nah dan untuk anda yang juga ikut ingin mencoba, kami akan memberikan rekomendasi terbaik tentang penggunaan tanaman sebagai pagar rumah anda sehingga rumah anda akan terlihat sangat mengagumkan.

Yuk langsung saja kita simak ini dia jenis tanaman pagar untuk rumah kesayangan anda :

1. Bunga Soka

Inspirasi Jenis Tanaman untuk Pagar Rumah - Bunga soka

Tanaman perdu yang dijuluki flame of the jungle (api di hutan) ini memiliki variasi warna yang banyak, seperti  merah ,  merah muda , putih, juga kuning, tanaman ini biasanya pada jaman dulu sering di hisap sari nya oleh anak – anak kecil karena rasanya yang manis, selain manis bunga soka ini memiliki beragam warian warna, memiliki batang yang tumbuh menjulang keatas dan beraturan tanama ini pun akhirnya di jadikan konsep pagar rumah atau tanaman pagar rumah. Nah untuk anda yang mau mencobanya sangat bisa nih.

2. Pohon Cedar (Cemara-Cemaraan)

Inspirasi Jenis Tanaman untuk Pagar Rumah - Cedar

Pohon yang satu ini lebih sering dikenal di Indonesia denga sebutan pohon cemara, untuk anda yang memiliki villa, hotel, atau rumah mewah yang luas pohon cedar atau cemara ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk anda. Tanaman ini akan memberikan nuansa yang alami dan sejuk selain itu pohon yang menjulang tinggi membuat pohon ini bisa menutupi rumah anda, tentu anda bisa mengatur seberapa tinggi yang anda inginkan.

3. Tanaman Teh-tehan

Inspirasi Jenis Tanaman untuk Pagar Rumah - Teh-tehan

Orang-orang sengaja menumbuhkannya lalu dipangkas sesuai bentuk yang diinginkan. Biasanya dibuat bentuk spiral, kotak, bulat, juga dibuat menyerupai bentuk-bentuk binatang. Maka dari itu, tanaman ini akan cocok jika dijadikan pagar taman atau rumah Anda. Alasan mengapa tanaman ini dikatakan tanaman the thehan karena Tanaman teh-tehan ini sekilas mirip dengan tenaman teh yang biasa tumbuh di puncak, itulah mengapa dinamakan teh-tehan. Jika anda ingin menjadikan tanaman ini sebagai pagar tentu akan membuat rumah anda seperti rumah orang barat yang terkesan clasik.

4. Pucuk Merah

Inspirasi Jenis Tanaman untuk Pagar Rumah - Pucuk Merah

Pucuk merah cukup digemari para hobbiis untuk properti taman karena mudah dibentuk dengan cara dipangkas. Tanaman yang selain dijadikan pagar hidup juga sangat cantik sebagai tanaman pembatas atau ditanam dalam pot secara rombongan dan dijejer menghiasi taman kota atau pekarangan. Warnanya yang seperti gradasi  merah dan hijau muda lalu kehijau tua tentu menciptakan suasana tersendiri. Tanaman ini benar – benar masih mejadi pilihat yang banyak di minati oleh banyak masyarakat.

Untuk anda yang tidak ingin membeli tanaman ini banyak – banyak dan ingin memperbanyak sendiri ? tenang saja sahabat arsitur. Karena Mimin juga akan berbagi cara stek tanaman pucuk merah ini. Caranya sebagai berikut :
  • Pilih tanaman pucuk merah yang sehat dan kuat untuk mendapatkan hasil yang baik nantinya.
  • Potong batang pucuk merah dengan ukuran 20 – 25 cm. Untuk mengurangi penguapan, pangkas atau hilangkan daun-daun yang terdapat pada batang yang akan distek. Sisakan beberapa daun saja yang ada dipucuknya. Hal ini juga bertujuan sebagai tolak ukur sehat atau tidaknya tanaman stek Anda. Jika daunnya layu, berarti tanaman stek Anda sedang tidak sehat.
  • Rendam atau oleskan ujung batang yang telah dipotong dengan menggunakan cairan perangsang pertumbuhan akar yang bisa Anda dapatkan di toko-toko pertanian.
  • Angin-anginkan batang pucuk merah sebelum ditanam pada media tanam.
  • Media tanam berupa polybag yang berisi tanah gembur yang dicampur dengan  pupuk  kandang dan  sekam bakar . Tanam dengan cara menancapkan batangnya sedalam 5 – 10 cm.
  • Letakkan tanaman yang telah Anda stek pada tempat yang teduh. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung agar terhindar dari masalah stres pada tanaman.
  • Rawatlah tanaman yang telah Anda stek dengan menyiramnya secara rutin. Jangan membuat tanahnya terlalu basah ataupun kering. Siram sesuai kebutuhan tanahnya.

Itulah tadi langkah-langkah yang perlu Anda ikuti jika ingin memperbanyak tanaman pucuk merah  dengan cara stek. Berhasil tidaknya penyetekan Anda juga tergantung dari ketelitian Anda dari awal pemilihan batang hingga perawatannya. Jika penyetekan Anda sudah berhasil, pindahkan pada wadah yang lebih besar lagi, seperti pot berukuran sedang atau besar. Selanjutnya, untuk membuat tanaman pucuk merah Anda tumbuh sesuai harapan

5. Bambu Kuning Untuk Tanaman Pagar

Inspirasi Jenis Tanaman untuk Pagar Rumah - Bambu kuning

Nah ini dia taaman terakhir yang bisa Mimin Rekomendasiin ke Sahabat Arsitur, tanaman yang satu ini tentu bisa menjadi salah satu pilihan untuk anda, tanama ini biasanya tumbuh di tanah yang tidak memerlukan air banyak biasanya cenderung kering seperti tumbuh di hutan atau di pinggiran jurang , namun saat ini tanaman bamboo saat ini banyak di gemari untuk diadikan pagar rumah . Dengan penataan yang tepat dan pengkonsepan yang bagus tanaman bamboo ini akan memberikan tampilan yang benar benar memukau.

Oke itu dia tanaman hias atau tanaman pagar yang bisa sahabat arsitur gunakan untuk di
aplikasikan untuk menabah keindahan rumah anda. Semoga bermanfaat ya dan jangan lupa
untuk bagikan informasi ini di akun social media anda. Terima Kasih.

Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar